Tips dan Trik Membuka Commission Art untuk Freelance Illustrator

Dibaca Normal: 5 menit aja
freelance illustrator

Seorang yang baru berkecimpung di dunia freelance illustrator juga bisa membuka commission art loh. Memang, mendapat klien pertama itu tidaklah mudah, tapi kami punya tips dan trik yang bisa kamu terapkan saat pertama kali membuka commission. Ayo disimak tipsnya!

Slider
Slider
Slider

Salah satu cara untuk mendapatkan uang dengan cepat adalah dengan mencari pekerjaan sampingan. Namun pertama-tama ketahui dulu apa kemampuan yang kamu miliki. Jika punya kemampuan menggambar jangan disia-siakan, GenK. Kamu dapat membuka commission art yang cara kerjanya bisa lewat online. Praktis bukan? 😊

Akan tetapi untuk open commission art itu dibutuhkan taktik tersendiri. Terlebih kamu mesti bersaing dengan ribuan ilustrator lainnya. Kira-kira apa saja yah tipsnya? Mari simak informasi selengkapnya hanya di sini. Yuk mulai!

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Membuat Portofolio Digital

freelance illustrator 1

Portofolio gambar (sumber: designspiration.com)

“Boleh saya lihat contoh karyamu?”

Klien akan tertarik bekerja sama denganmu jika karya yang kamu tunjukkan di portofolio sesuai dengan kriteria mereka. Membuat portofolio ilustrasi menjadi penting untuk dipajang di media sosialmu.

Ingatlah untuk selalu mengutamakan kualitas daripada kuantitas. Buat karya ilustrasi dengan mengerahkan seluruh kemampuan menggambarmu untuk menghasilkan karya memukau. Dijamin klien langsung terpikat dan tertarik untuk bekerja sama denganmu, GenK. 😉

Menyaring Karya untuk Portofolio

freelance illustrator 2

Memilih karya (sumber: drawingondemand.com)

Setiap freelance illustrator pasti punya gambar andalan, entah itu dari segi desain karakter, pemilihan warna, atau cerita yang dibangun lewat gambar. Namun, kalau kita tarik ke persoalan open commission art lewat online akan berbeda lagi kasusnya. Daripada mengisi laman portofolio dengan gambar favoritmu, sebaiknya diisi dengan gambar favorit orang lain. 

Maksudnya, cari karyamu yang sudah diunggah di internet dengan likes terbanyak. Meskipun gambar tersebut belum tentu gambar favoritmu, GenK. Mengapa menggunakan taktik seperti ini? Supaya kamu dapat menyaring gambar seperti apa yang layak dimasukkan ke dalam portofoliomu.

Baca Juga
Mau Jadi Freelancer? Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangannya!

Konten Viral

freelance illustrator 3

Hasil pencarian hastag #viralart di Instagram

Apa yang sedang menjadi tren saat ini?

Gaya gambar seperti apa yang banyak diminati oleh orang-orang? 🤔

Sebagai seorang ilustrator, kamu mesti peka dengan perkembangan gaya gambar masa kini. Meski sulit karena punya gaya gambar andalan, tapi kamu wajib untuk terus bereksperimen dengan gaya-gaya baru loh

Terutama jika kamu ingin cepat mendapat klien. Buatlah konten dari hal-hal yang sedang viral atau gaya gambar yang sedang menjadi tren saat ini. Dengan catatan untuk tetap menjaga ciri khas gambarmu yah, GenK. 

Seandainya masih galau harus mengganti gaya gambarmu saat ini atau tidak, silakan baca artikel kami tentang perlu atau tidaknya keluar dari gaya desain yang lama.

Tips: Follow beberapa contoh tagar Instagram berikut supaya kamu tidak ketinggalan informasi terkini seputar dunia ilustrasi dan desain. Siapa tahu bakatmu sebagai freelance illustrator bisa meningkat. 🤫

Contohnya seperti: #viralart #artviral #artwork_daily #artdaily.

Slider
Slider
Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Creativepreneur and Career

5 Ide Bisnis Kreatif yang Cocok Kembangkan Jiwa Mudamu!

Creativepreneur and Career

5 Ide Peluang Usaha Rumahan yang Bisa Kamu Coba

Creativepreneur and Career

Cara Meningkatkan Percaya Diri Saat Presentasi

Creativepreneur and Career

3 Tips Pitching Ampuh Untuk Menggaet Investor

Creativepreneur and Career

Apa Kamu Punya Jiwa Pemimpin yang Baik? Ikut Tes Ini Yuk!

Creativepreneur and Career

Tips dan Trik Digital Storytelling yang Efektif untuk Bisnismu

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link