Apa Itu Graphic Standard Manual? Yuk Baca Penjelasan Lengkapnya!

Dibaca Normal: 5 menit aja
graphic standard manual

Graphic Standard Manual diibaratkan sebagai cerminan dari sebuah brand. Di dalamnya terdapat visi, misi, dan nilai yang dimiliki oleh merek tersebut. Ini juga sekaligus menjadi panduan untuk para desainer grafis ketika mendesain, lho. Yuk baca selengkapnya di sini, GenK!

Membangun identitas sebuah brand atau perusahaan itu sangatlah penting. Entah itu untuk situs web, iklan, poster, kartu nama, seragam, sampai alat tulis kantor yang digunakan sehari-hari. Semuanya membutuhkan logo sebagai visual identity-nya, GenK.

Seperti yang sudah pernah kami bahas sebelumnya tentang cara membuat logo, kamu pasti jadi tahu ternyata ada banyak step yang harus dilakukan sampai pada akhirnya berhasil menciptakan sebuah logo.

graphic standard manual 1

Contoh brand guidelines (sumber: invisionapp.com)

Tak hanya sampai di situ, ternyata untuk menggunakan logo juga ada aturan pakainya, lho. Misalnya aturan tentang ukuran, warna, jenis font, dan lain sebagainya. Bahkan sampai yang sangat detail sekalipun.

Makanya kamu membutuhkan yang namanya Graphic Standard Manual sebagai panduan saat menggunakan logo. Intinya sihsupaya tidak khilaf, GenK.

Maksudnya bagaimana?

Daripada cuma kepo,mendingan kita baca penjelasan selengkapnya yuk!

Apa Itu Graphic Standard Manual?

Brand guidelines atau Graphic Standard Manual adalah buku yang berisikan tentang aturan logo, pemilihan jenis font, layout, pattern, dan segala elemen yang digunakan oleh sebuah brand atau perusahaan guna membangun identitas yang kuat.

Biasanya aturan ini digunakan sebagai panduan dasar untuk desainer supaya tidak keluar dari jalur alias konsisten dari apa yang terlihat, terdengar, dan terasa dari suatu merek.

graphic standard manual 2

Contoh graphic standard manual (sumber: thisisfever.co.uk)

Meskipun konteksnya berupa aturan, tetapi jangan jadikan ini sebagai sesuatu yang mengikat dan mengintimidasimu, GenK. Tetap lakukan eksplorasi desain sekreatif mungkin, tapi jangan sampai melupakan aturan yang sudah dibangun oleh brand atau perusahaan.

Baca Juga
7 Jenis Logo dan Cara Penggunaannya yang Wajib Diketahui Anak Desain

Fungsi Graphic Standard Manual

Graphic Standard Manual atau yang disingkat GSM ini memiliki segudang manfaat yang berguna untuk kamu. Apalagi kalau kamu adalah seorang desainer, pasti akan terasa banget manfaatnya, cekidot!

  1. Cerminan kepribadian sebuah brand atau perusahaan.
  2. Lebih mengenal brand atau perusahaanmu lebih dalam.
  3. Membangun citra brand atau perusahaan.
  4. Membangun kepercayaan klien terhadap sebuah brand.
  5. Panduan gaya untuk desainer.
  6. Menjaga konsistensi logo meskipun digunakan pada media yang berbeda-beda.
  7. Pengingat jika kamu sedang mengalami stuck ide.

Elemen Penting di dalam Graphic Standard Manual

Eits, sebelum membuat GSM, ada beberapa elemen penting yang harus kamu cantumkan di dalamnya. Elemen ini sangat berguna, karena semuanya berhubungan dengan informasi logo dan keseluruhan visual identity yang dibangun oleh brand atau perusahaan. Yuk kita simak poinnya sama-sama!

1. Visi dan misi brand atau perusahaan

Namanya juga brand guidelines, pasti ada yang namanya visi dan misi guna mengingat kembali apa yang ingin dicapai oleh perusahaan. Kalau bisa,sampai ingat di luar kepala, GenK.

Cantumkan visi dan misi perusahaan. Perkenalkan brand-mu ke seluruh dunia. Tambahkan perkenalan singkat supaya calon pelanggan mengetahui sebenarnya apa yang sedang kamu tawarkan ke mereka. Ini berguna banget sebagai alat untuk merepresentasikan brand kamu, GenK.

2. Makna logo

graphic standard manual 3

Desain logo (sumber: seotowebdesign.com)

Setiap logo yang kamu buat pasti memiliki makna. Ini sudah termasuk arti dan filosofi dari logo tersebut, entah dari bentuk, ketebalan garis, warna, atau jenis font-nya. Logo memang sengaja dibuat untuk mewakili visi dan misi brand atau perusahaan, karena logo yang baik adalah logo yang mampu menjelaskan informasi seputar perusahaan tertentu.

Baca Juga
Fakta Mengejutkan di Balik Logo-logo Terkenal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Creativepreneur & Career

Startup vs Corporate: Mana yang Harus Kamu Pilih?

Creativepreneur & Career

Tidak Hanya Unicorn, Ini dia 6 Level Valuasi Startup

Creativepreneur & Career

Ingin Kerja di Agency? Pahami Dulu Pengertian dan Jenis-Jenisnya

Creativepreneur & Career

4 LinkedIn Hack yang Bisa Bikin Profil Kamu Jadi Lebih Powerful

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link