3 Hard Skill Ini Bikin Kamu Serba Bisa di Industri Kreatif

Dibaca Normal: 4 menit aja
hard skill industri kreatif

Bekerja di industri kreatif memang menjadi suatu hal yang unik dan menantang. Kamu dituntut untuk selalu berkembang dan berproses dengan ide-ide baru. Bukan cuma soal ide, kamu juga wajib memiliki hard skill yang tepat agar ide-ide tersebut dapat tereksekusi dengan baik. 

Slider
Slider
Slider

Ide tanpa aksi adalah sia-sia, tapi aksi tanpa ide juga tidak berarti apa-apa. Lingkungan yang serba cepat di industri kreatif mewajibkan kamu untuk punya keduanya, ide yang cemerlang, serta cara eksekusi yang gemilang. Tanpa salah satunya, usaha kamu hanya akan menjadi percuma. 

Berbicara soal ide berarti berbicara soal kemampuan diri sendiri. Kreativitas yang berasal dari pikiran setiap orang tentunya akan berbeda-beda. Tetapi, kreativitas bisa dilatih dengan menggunakan soft skill yang tepat loh. Makanya coba cek artikel kami sebelumnya mengenai soft skill supaya kamu semakin terampil

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Selain soft skill, kamu juga harus memiliki yang namanya hard skill. Kemampuan ini akan sangat berguna dalam berbagai kegiatan pekerjaan kamu di dunia industri kreatif. Kali ini kami sudah merangkum 3 contoh hard skill serbaguna untuk berbagai bidang pekerjaan di industri kreatif. Silakan disimak! 

1. People Management

hard skill 1

Ilustrasi people management (sumber: pminsight.co.uk)

Hard skill pertama yang penting untuk dikuasai, khususnya pada posisi manajerial adalah people management. Yap, sesuai namanya, kemampuan ini berfokus pada manajemen sumber daya manusia, atau para pekerja dalam suatu organisasi. 

Sekilas, hard skill yang satu ini mungkin terdengar mirip dengan human resource. Walaupun keduanya mempunyai banyak persamaan, kemampuan people management secara khusus menyasar pada cakupan yang lebih praktis dibanding human resource.

People management berfokus pada kemampuan interaksi antara setiap orang yang erat kaitannya dengan aspek hirarki pada suatu organisasi. Tujuannya adalah untuk memastikan proses pencapaian target organisasi berjalan lancar dan terlaksana dengan baik. Komponen penting dari hard skill ini adalah

  • Komunikasi 

Kemampuan komunikasi yang baik selalu menjadi pilar utama yang dapat membantumu dalam berbagai bidang pekerjaan. Skill komunikasi yang efektif akan membantumu membangun hubungan baik dengan setiap orang dalam organisasi.  

  • Training

Transfer of learning, atau transfer ilmu adalah komponen penting lain yang mesti dikuasai sebagai bagian dari people management. Saat ada karyawan atau kolega yang baru bergabung, kamu dapat memberikan training untuk mempercepat proses adaptasi pekerjaan mereka. 

  • Pendelegasian 

Dalam dunia kerja, teamwork merupakan hal krusial yang harus selalu dimiliki oleh setiap orang. Skill teamwork yang baik salah satunya ditandai dengan kemampuan pendelegasian tanggung jawab pada orang lain untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.

Baca Juga
Kerja Terampil di Industri Kreatif dengan 4 Soft Skill Ini

Slider
Slider
Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Creativepreneur and Career

Aplikasi Presentasi Selain PowerPoint untuk Optimalkan Pekerjaan

Creativepreneur and Career

Baru Mulai Bisnis? Yuk Baca Cara Jualan Online Lengkap!

Creativepreneur and Career

Tips Mengatasi Penolakan Saat Interview, Bersedih Secukupnya Saja!

Creativepreneur and Career

Kumpulan Chat Pelamar Kerja yang Bikin Emosi HRD

Creativepreneur and Career

Cara Cek Email Sudah Dilihat HRD, Supaya Nggak Harap-Harap Cemas

Creativepreneur and Career

5 Cara Menghilangkan Rasa Minder di Kantor

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link