7 Jenis Profesi Buat Kamu yang Hobi Menulis

Dibaca Normal: 5 menit aja
hobi menulis
 

Kamu suka menulis, tapi gak tahu harus kerja jadi apa. Nah, tidak perlu bingung lagi, GenK, karena kami punya rekomendasi 7 jenis profesi buat kamu yang punya hobi menulis. Ayo simak di artikel berikut!

Mengetik tulisan seharian penuh tak menjadi masalah bagimu. Namanya juga passion, apa pun tantangannya tidak akan bikin kamu mundur dong. Dari sini kamu jadi berpikir untuk pindah haluan dan merintis karir sebagai seorang penulis. Tapi di sisi lain, kamu pun kebingungan karena masih minim informasi soal dunia pekerjaan yang satu ini.

Bagaimana cara menjadi penulis?

Apa saja jenis profesi yang membutuhkan skill menulis?

Ini menjadi pertanyaan yang lumrah, karena pekerjaan menulis masih identik seputar penulis novel dan penulis buku. Padahal ada banyak jenis pekerjaan selain itu itu loh.

Karena sebelumnya kamu sudah membahas tentang jenis pekerjaan buat kamu yang hobi menggambar, sekarang saatnya kami membagikan tentang 7 jenis profesi buat kamu yang hobi menulis. Cekidot!

1. Novelis

Ketika orang awam memikirkan karier sebagai penulis, pasti jenis profesi inilah yang paling sering terlintas di benak mereka. Kalau hobimu membuat cerita fiksi dan punya segudang ide yang imajinatif, gak ada salahnya untuk cobain profesi yang satu ini, GenK.

cara menjadi penulis 1

Contoh novel (sumber: pexels.com)

Namun untuk menjadi seorang novelis gak cukup kalau punya ide bagus saja. Kamu juga perlu kreatif untuk mengembangkan garis besar alur cerita dari awal sampai akhir.

Apalagi sekarang ada banyak jalan yang bisa kamu pilih untuk menjadi novelis. Berawal dari platform cerita online, tidak menutup kemungkinan ada penerbit yang melirik ceritamu, GenK.

Kalau kamu bertanya-tanya bagaimana cara menjadi penulis novel, kamu bisa menerbitkan buku lewat self publishing yang sudah pernah kami bahas di artikel sebelumnya. Ini merupakan cara alternatif buat kamu yang ingin menerbitkan buku dengan proses yang cepat. Ditambah lagi, dengan cara ini kamu dapat memegang kendali secara penuh atas bukumu.

Baca Juga
4 Alasan Kenapa Orisinalitas Itu Penting di Industri Kreatif

2. Book Editor

Sesuai namanya, seorang book editor bertugas menyarankan perubahan dan perbaikan pada naskah yang sebelumnya sudah dibuat oleh penulis selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun lamanya.

cara menjadi penulis 2

Ilustrasi mengedit tulisan (sumber: pexels.com)

Book editor tidak hanya membaca dan mengedit naskah mentah loh. Diperlukan tanggung jawab ketika mengedit dan mengembangkan isi buku sebelum akhirnya siap untuk diterbitkan.

Selain itu, tugasmu juga mencakup verifikasi fakta yang dikutip dalam tulisan dan bekerja sama dengan penulis untuk mengembangkan konten sebelum dipublikasikan.

Jika kamu suka membaca buku dan punya hobi menulis, pekerjaan sebagai editor bisa menjadi salah satu pilihan profesi untukmu, GenK. Karena pekerjaanmu akan berkutat dengan tulisan dan tulisan lagi ketika memilah-milah dan mengedit naskah.

3. Jurnalis

Wartawan atau jurnalis adalah seorang yang bekerja dengan melakukan kegiatan jurnalistik yang kemudian tulisannya dikirimkan atau dimuat di media massa seperti koran, televisi, majalah, atau internet.

Sebagai seorang jurnalis, kamu diharapkan untuk menulis laporan secara objektif dan sesuai kenyataan yang ada di lapangan untuk memberikan informasi faktual kepada masyarakat.

cara menjadi penulis 3

Ilustrasi pekerjaan sebagai jurnalis (sumber: pexels.com)

Kalau kamu bertanya-tanya bagaimana caranya menjadi penulis seperti ini, kamu bisa memulai semuanya dari yang paling basic, GenK. Sebagian besar jurnalis mulai merintis karier sebagai wartawan umum yang lama-kelamaan mulai fokus ke bidang yang lebih spesifik, seperti wartawan olahraga, bisnis, sains, atau seni.

Karena bahan berita bisa muncul kapan saja dan di mana saja, kamu perlu menyiapkan diri untuk jadwal kerja yang fleksibel dan super hectic. Tapi tidak ada salahnya untuk mencoba, apalagi kalau profesi ini merupakan passion kamu, GenK. Di sini kamu bisa sekalian mengembangkan hobi menulis menjadi profesi yang menantangloh.

Baca Juga
4 LinkedIn Hack yang Bisa Bikin Profil Kamu Jadi Lebih Powerful

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Creativepreneur & Career

Startup vs Corporate: Mana yang Harus Kamu Pilih?

Creativepreneur & Career

Tidak Hanya Unicorn, Ini dia 6 Level Valuasi Startup

Creativepreneur & Career

Ingin Kerja di Agency? Pahami Dulu Pengertian dan Jenis-Jenisnya

Creativepreneur & Career

4 LinkedIn Hack yang Bisa Bikin Profil Kamu Jadi Lebih Powerful

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link