Creativepreneur and Career

Ide Usaha Digital Marketing dengan Peluang Bisnis Paling Menjanjikan

Ada tantangan tersendiri bagi kamu yang mau bikin usaha di era digital. Nah, meskipun begitu, peluangnya juga besar asalkan kamu memilih jenis usaha yang tepat. Kamu bisa mencoba berbagai ide usaha digital marketing yang memiliki prospek menjanjikan. Biar lebih paham, kita pelajari lebih dahulu tentang usaha digital, ya. Mari simak ulasannya berikut ini.

Pengertian Usaha Digital

Sumber Gambar : unsplash.com

 

Usaha digital adalah jenis bisnis dengan menggunakan kecanggihan teknologi, untuk membuat produk maupun memasarkannya. Nah, usaha digital nggak sekadar jualan produk nggak berwujud, seperti misalnya software. Juga nggak sekadar bikin produk fisik yang dijual dalam bentuk digital, seperti misalnya ebook. Ada jenis usaha digital lainnya, yakni ecommerce. Jadi, kamu menyediakan barang atau jasa melalui penjualan online. Misalnya, jasa cetak undangan online.

Nah, masih banyak lagi jenis usaha lainnya. Bahkan, peluangnya juga menjanjikan banget. Berikut ide usaha digital untuk kamu:

Bikin Toko Online

usaha digital marketing

Sumber Gambar : Unsplash.com

 

Toko online adalah platform atau website untuk transaksi jual beli produk secara online. Bisnis ecommerce punya peluang yang besar di Indonesia. Makanya, toko online menjadi salah satu ide terbaik untuk usaha digital. Kamu bisa bikin toko di marketplace besar, misalnya Blibli, Tokopedia. Tapi, nggak ada salahnya jika kmau bikin toko online milikmu sendiri. Benar-benar sebuah website ecommerce. Kelebihannya, kamu nggak tergantung pada pihak lain dan bisa mengembangkan toko sesuai keinginan.

Menjalankan Bisnis Afiliasi

usaha digital marketing

Sumber Gambar : unsplash.com

Ide digital marketing yang berikutnya adalah bisnis afiliasi. Arti afiliasi adalah menjualkan produk orang lain dengan imbalan yang berbentuk komisi. Secara sederhana, cara kerja afiliasi terbagi menjadi tiga tahap. Pertama, kamu daftar program afiliasi lalu kamu akan mendapatkan kode referal atau link khusus. Kedua, kamu pasarkan produknya melalui website atau media sosial kamu. Ketiga, saat ada yang beli barang menggunakan kode atau link yang kamu berikan, kamu akan memperoleh komisi. Kalau kamu tekun, bisa untung banyak, lho. Contohnya, Hadi Hartono dan Pat Flynn. Menurut Pat Flynn di website dia, penghasilannya dari usaha digital mencapai 2 juta dollar. Menarik, bukan.

Baca Juga :   Bisnis Sepi? Saatnya Beralih ke Digital Marketing yang Tanpa Batas

Mencoba Bisnis Dropship

Sumber Gamabar : unsplash.com

 

Bisnis digital dropship berarti kamu menjual produk tanpa tanpa perlu punya barangnya. Juga nggak perlu punya gudang buat nyimpen barang. Ini bedanya dropship dan reseller. Kalau sistem reseller, maka kamu harus beli barangnya dulu untuk stok. Dalam dropship, uniknya, produsen ngirim barang langsung ke konsumen. Nah, kamu sebagai dropshipper, cuma bertugas jadi perantara aja, yang ngejualin barangnya produsen. Keuntungan kamu berasal dari selisih uang yang kamu dapat dari pembeli, dengan jumlah yang kamu bayarkan ke produsen. Bisnis ini super minim modal.

Mengajar Secara Online

usaha digital marketing

Sumber Gambar : Unsplash.com

Kalau kamu punya keahlian khusus dan kamu senang berbagi ilmu, bisa banget ini kamu jadikan peluang usaha. Apalagi, dengan teknologi informasi yang semakin maju, edukasi di zaman sekarang jadi makin mudah. Nah, kamu dapat menyediakan jasa kursus online. Udah ada sejumlah platform belajar kayak gini, seperti RuangGuru salah satunya. Akan tetapi, kamu juga bisa bikin kursus online kamu sendiri. Buatlah website dengan LMS atau Learning Management System. Ini adalah sistem pembelajaran yang sudah terintegrasi, buat memudahkan kamu.

 

Itu tadi sejumlah ide usaha digital marketing. Internet membuat kita bisa semudah itu melakukan apa aja. Daripada cuma untuk nonton YouTube, update Instagram, atau streaming drakor. Yuk, coba lebih jeli melihat peluang usaha!

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Tips Memulai Bisnis Digital Agency, Bisnis Dengan Peluang Besar 2021

Creativepreneur and Career

Langkah dan Alasan Kenapa Kamu Perlu Membuat Business Plan

Creativepreneur and Career

Giveaway, Strategi Marketing Jitu Yang Wajib Dipelajari!

Creativepreneur and Career

Kamu Punya Toko Online? Perhatikan Risiko Keamanan Ini