Creativepreneur and Career

Tips Strategi Inbound Marketing Agar Brand Kamu Makin Terkenal

Inbound marketing

Bagi yang udah berpengalaman, inbound marketing merupakan istilah yang udah nggak asing lagi. Tapi, buat kamu yang pemula dalam dunia marketing, mungkin belum mengenal istilah ini dengan baik. Meskipun demikian, sekarang strategi tersebut lagi booming. Bahkan menjadi salah satu strategi marketing yang paling powerful. Nah, untuk menambah wawasan kamu, yuk, kita simak aja penjelasannya.

Apa Itu Inbound Marketing?

Sumber Gambar : Unsplash

Inbound marketing pertama kali diperkenalkan pada tahun 2007. Konsepnya dikenalkan oleh Brian Halligan, CEO dan co-founder HubSpot. Strategi marketing ini tumbuh semakin pesat pada sejak tahun 2012.

Pengertiannya sendiri yaitu strategi digital marketing yang mengoptimalkan penggunaan internet dengan tujuan pemasaran, khususnya menciptakan brand awareness. Jadi, agar audiens yang menyukai suatu produk atau brand, mencari informasi tentangnya di internet. Biasanya, strategi inbound menggunakan platform seperti media sosial, desain website, SEO atau Search Engine Optimization, dan sebagainya, supaya brand kamu bisa ditemukan audiens.

Strategi Inbound Marketing

Ada strategi jitu buat mempromosikan bisnismu secara efektif dengan inbound marketing. Jadi, berikan pengalaman yang bernilai kepada pelangganmu, agar membawa dampak positif pada bisnismu. Berikut strateginya:

  1. Menarik Calon Pelanggan

Sumber Gambar : Unsplash

Nah, kamu dapat menarik calon pelanggan ke blog dan website dengan cara menyediakan konten bermanfaat. Misalnya, artikel blog dan postingan di media sosial. Kamu bisa cantumkan detail produk yang kamu jual, diskon, testimoni, dan pastikan ada penjelasan produknya. Beritahu konsumen gimana produkmu bisa berikan solusi buat permasalahan mereka.

Cara ini bisa dilengkapi dengan strategi SEO, dengan membidik kata kunci tertentu. SEO bisa membantu produkmu agar muncul di hasil pencarian search engine, seperti Google. Di sini tempatnya orang-orang bisa menemukan produkmu saat mereka membutuhkannya, setelah mereka mengetikkan kata kunci yang terkait.

  1. Meningkatkan Engagement

inbound marketing

Sumber Gambar : amazonaws.com

Kalau udah punya banyak konsumen, lalu apa yang harus dilakukan? Tahap strategi inbound selanjutnya adalah engaging. Sekarang, waktunya kamu menjalin hubungan baik dengan pelanggan. Kamu perlu menciptakan engagement secara personal dengan semua pelanggan, supaya hubungan brand-mu dan customer bisa makin langgeng seterusnya.

Baca Juga :   3 Hard Skill Ini Bikin Kamu Serba Bisa di Industri Kreatif

Salah satu cara terbaik meningkatkan engagement adalah melalui customer service. Pelajari cara memberikan solusi untuk pertanyaan customer, memberikan layanan after sales dengan baik, serta berkomunikasi dengan luwes. Komunikasi ini penting banget, jadi jangan sampai kaku seperti robot. Gunakan pendekatan personal agar tercipta kedekatan di antara pelanggan dan brand kamu.

  1. Memastikan Kepuasan Pelanggan

inbound marketing

Sumber Gambar : myorbit.id

Tahap strategi ini adalah waktu di mana perusahaan mempererat hubungan dengan konsumen. Jadi, kamu harus memastikan konsumen merasa puas. Untuk itu, salah satu caranya yakni dengan melakukan survei. Misalnya, di Instagram. Kamu bisa pakai fitur polling, questions serta multiple choice, untuk survei tersebut. Dari survei, kamu bisa mendapat pembelajaran, tentang apa aja yang perlu dipertahankan, dan yang harus diperbaiki.

Oh ya, pastikan juga kamu selalu berikan respon yang baik kepada pelanggan. Sesuaiin aja dengan gaya komunikasi kamu. Selalu bersikaplah sopan santun ke konsumen. Tunjukkan kepedulian kamu. Mereka bukan sekadar pembeli, tapi buat konsumen merasa jadi bagian dari keluarga besar brand-mu.

Jad, itulah pengertian inbound marketing dan strateginya. Ini adalah strategi marketing yang cocok buat bisnis online. Soalnya penerapannya melalui berbagai media digital. Melalui strategi inbound yang tepat, kamu bisa menjaga hubungan baik dengan pelanggan, dan bahkan menambah konsumen baru untuk tingkatkan penjualan.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

5 Cara Super Simple untuk Bikin Konten LinkedIn Banjir Likes dan Comments

Creativepreneur and Career

6 Tips Memulai Bisnis Online Untuk Pelajar, Pegawai dan Ibu Rumah Tangga!

Creativepreneur and Career

Tips Mengelola Banyak Akun Media Sosial Biar Kamu Makin Cuan

Creativepreneur and Career

Pengertian Model Bisnis B2C dan Jenis B2C yang Paling Populer