Creativepreneur and Career

Selalu Khawatir dengan Pekerjaanmu? Mungkin Kamu Mengalami Job Insecurity

job-insecurity

Istilah job insecurity mungkin tak banyak terdengar. Namun, hal ini sering terjadi. Jadi, ada kalanya seorang karyawan bekerja sangat keras untuk mempertahankan posisinya, bahkan dia ingin jabatannya naik. Hal tersebut menunjukkan bahwa orang tersebut tidak ingin usahanya terbuang percuma untuk mempertahankan pekerjaannya. Biasanya hal ini disebabkan alasan finansial dan masih banyak hal lainnya yang terkait.

Akan tetapi, meskipun fenomena ini dapat dikatakan wajar terjadi, dalam psikologi karier, hal tersebut tidak serta-merta bisa dibilang sehat. Sebab, bisa jadi kamu mengalami job insecurity. Mari kita simak ulasan selengkapnya.

Apa Itu Job Insecurity Serta Dari Mana Berasal?

Apa Itu Job Insecurity

Sumber: pexels.com

Job insecurity adalah istilah yang diartikan sebagai “kondisi tidak berdaya yang dialami oleh seseorang, yang kerap digunakan untuk mempertahankan rasa keberlanjutan di dalam pekerjaannya, dengan posisi terancam.” Pengertian tersebut mengacu kepada Greenhalgh dan Rosenblatt, 1948.

Jika disimpulkan dari pengertian tersebut, diyakini bahwa orang dengan kondisi ini merasa ‘takut kehilangan’ pekerjaannya dan itulah alasan mereka mempertahankan pekerjaan. Jadi, mereka selalu ‘waspada’ akan situasi dan kondisi apapun yang kemungkinan bisa membuat mereka kehilangan pekerjaan. Dalam psikologi karier, kondisi tersebut digambarkan sebagai kognitif seseorang dengan job insecurity.

Kemudian, jika dilihat dari sisi afektif, seseorang yang mengalami insecurity dalam karier selalu merasa kalau dirinya bisa kehilangan pekerjaan kapan saja. Mereka merasa kalau kemungkinan tersebut selalu ada. Akhirnya, mereka menanamkan pola pikir tersebut di dalam pikiran serta perasaannya. Lalu, kondisi jumlah pengangguran yang meningkat juga bisa meningkatkan job insecurity. Bukannya merasa aman dengan pekerjaan yang dimiliki, orang-orang dengan insekuritas takut kehilangan pekerjaannya dan ikut menjadi pengangguran.

Baca Juga :   Pro dan Kontra Soal Job Hopping, Salahkah Terus Berganti Pekerjaan?
About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Strategi Rebranding Terbaik untuk Kembangkan Bisnismu

Creativepreneur and Career

Tips Strategi Inbound Marketing Agar Brand Kamu Makin Terkenal

Creativepreneur and Career

Catat Tips Pemasaran Lewat IGTV Biar Bisnismu Cepat Dikenal

Creativepreneur and Career

Kursus Digital Marketing Paling Recommended Buat Pemula