Creativepreneur and Career

Mau Jadi Freelancer? Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangannya!

kelebihan dan kekurangan freelancer

Freelancer adalah salah satu jenis pekerjaan yang sedang digandrungi. Di era sekarang, banyak pekerja atau fresh graduate yang lebih memilih menjadi wirausaha ketimbang kerja kantoran. Yuk cari tahu kelebihan dan kekurangan menjadi pekerja lepas!

Tak dapat dimungkiri, munculnya berbagai macam teknologi baru yang mempermudah aktivitas sehari-hari manusia benar-benar sangat membantu kita. Terlebih dalam proses penyebaran informasi dan komunikasi. Kalau dulu mau berkomunikasi saja perlu lewat surat yang dikirim via jasa bapak pos, sekarang sudah ada surel. Dulu mau beli baju harus langsung ke tokonya, eh… sekarang sudah ada aplikasi toko online yang bisa kamu akses kapanpun. Serba praktis deh.

Ternyata kecanggihan teknologi ini juga berpengaruh pada pola kerja loh. Kalau dulu, kerja itu ya pergi ke kantor. Sekarang zaman sudah beda, ada banyak jenis pekerjaan yang gak mesti datang untuk absen ke kantor setiap harinya. Istilah freelance pasti sudah tidak asing di telingamu bukan?

Freelancer adalah sebutan untuk pekerja lepas atau pekerja mandiri yang menawarkan layanan untuk klien, baik untuk individu maupun perusahaan. Ada yang paruh waktu dan ada juga yang full time. Walau bekerja sendirian, seorang freelancer harus bisa bertanggung jawab atas pekerjaannya juga. Nah, jenis pekerjaan yang sedang digandrungi banyak orang ini menjadi pilihan para profesional ataupun fresh graduate.  

Menjadi Freelancer Adalah Pilihan

freelancer 2

Ilustrasi freelancer bisa menikmati jam senja (sumber: sharewareriver.com)

Dengan bekerja lepas, kamu bisa bekerja di lebih dari satu pekerjaan. Namun, menjadi freelancer itu gak cuma karena uang saja loh. Ada alasan yang lebih personal, salah satunya karena alasan pengembangangan jati diri dan kreativitas. Mungkin akan terdengar naif, tapi bukan masalah kok.

Kalau kamu pekerja kantoran, dari pagi sampai sore harus menghabiskan waktu di kantor. Waktu yang seharusnya bisa kamu pakai untuk mengembangkan diri dan mencari pengalaman hidup malah habis di kantor. Sedangkan freelancer lebih bebas dan fleksibel masalah lokasi bekerja.

Namun, menjadi freelancer juga tidak selalu menguntungkan loh. Selalu ada kekurangan dan kelebihan di setiap pilihan. Tergantung bagaimana cara pandang kamu. Maka dari itu, kamu perlu tahu apa kekurangan dan kelebihan menjadi freelancer supaya kamu semakin mantap dengan pilihanmu sendiri.

Baca Juga :   4 Alasan Kamu Harus Jadi Pribadi Konsisten

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Bikin Iklan Soft Selling untuk Gaet Pelanggan? Gini Tips Buatnya!

Creativepreneur and Career

Kelebihan dan Kekurangan Marketplace yang Wajib Diketahui Entrepreneur

Creativepreneur and Career

Prinsip Teamwork Paling Efektif Biar Tim Kamu Bisa Bekerja dengan Maksimal

Creativepreneur and Career

Pekerjaan Sampingan dengan Gaji Ter-‘Wow’ untuk Software Developer

Leave a Reply

Your email address will not be published.