Creativepreneur and Career

Lebih Jauh Mengenal CRM, Customer Relationship Management dalam Bisnis

CRM yang merupakan singkatan dari Customer Relationship Management adalah perpaduan strategi bisnis dan teknologi (berupa perangkat lunak) yang bertujuan untuk membangun serta meningkatkan hubungan jangka panjang antara perusahaan dan para pelanggan.

Berbekal software tersebut, maka setiap langkah interaksi antara perusahaan dengan konsumen dipastikan dapat berjalan lancar dan efisien demi mencapai tujuan akhir, yakni meningkatkan keuntungan secara optimal. CRM sendiri bertugas menyimpan segala informasi secara terperinci mengenai seluruh riwayat pembelian, info pribadi, bahkan termasuk pola perilaku pembelian.

Alasan Mengapa CRM Memegang Peran yang Sangat Penting dalam Bisnis

customer relationship management

Sumber : Medium.com

Well, ketika kita berbicara tentang Customer Relationship Management, di sini CRM yang dimaksud adalah sistem CRM, yaitu suatu alat yang dirancang secara khusus untuk membantu setiap perusahaan dalam mengoptimalkan penjualan, pemasaran serta service management.

Nah, software CRM sendiri memungkinkan para pelaku bisnis lebih berfokus pada hubungan perusahaan mereka dengan pelanggan, kolega, suplier dan sektor lain yang berkaitan di dalamnya.

Jika Anda memanfaatkan CRM profesional, maka bukanlah hal mustahil untuk menemukan pelanggan baru, membangun kepercayaan mereka, memberikan dukungan yang memenuhi syarat hingga ‘memanjakan’ mereka melalui layanan tambahan dalam relatioship tersebut.

Siapa Saja yang Bakal Mendapat Keuntungan dari Sistem CRM Ini?

customer relationship management

Sumber : Sendx.io

Ada banyak kemampuan yang dimiliki CRM yang dapat Anda manfaatkan. Menyimpan semua informasi pelanggan dalam satu tempat, mencatat permasalahan layanan, mengidentifikasi peluang penjualan, mengelola kampanye marketing, hanyalah sebagian kecilnya saja.

Nah, itulah keunggulan yang dimiliki oleh CRM dibandingkan dengan lainnya. Tak heran software CRM menjadi tool wajib untuk hampir semua organisasi, tak peduli apa pun jenis bisnisnya, selama mereka berfokus pada strategi hubungan pelanggan, maka Anda sama sekali tak boleh mengabaikan peran vital yang dimiliki CRM. Pasalnya, CRM merupakan alat yang sangat luar biasa yang dapat memberikan keuntungan besar bagi tim penjualan dan pemasaran.

Lantas, Bagaimanakah Cara Kerja CRM?

Sumber : nethunt.com

Sistem Customer Relationship Management atau CRM bekerja dengan cara menciptakan lingkaran komunikasi yang sehat antara pihak perusahaan dengan pelanggan. Anda bisa melakukan komunikasi melalui berbagai saluran, baik online, seperti SMS, telepon, email, media sosial dan lain-lain, maupun offline, seperti di acara gathering, seminar, home visit, outlet dan lain sebagainya.

Baca Juga :   Trik Sukses Strategi Marketing di Era Modern Lewat Iklan Gratis

CRM menawarkan tool yang berfungsi untuk mengelola seluruh saluran penjualan dan pemasaran. Mulai dari kualifikasi prospek hingga manajemen peluang, perkiraan dan closing. Karena itu, CRM merupakan alat yang sangat berguna untuk tim penjualan dan marketing.

CRM dikemas bersamaan dengan fitur pelacakan, di mana perusahaan bisa merekam banyak interaksi pelanggan secara online. Tak hanya itu, bahkan CRM pun dapat mengotomatiskan proses rutin serta menjadi tool yang memungkinkan perusahaan melakukan pelacakan hingga pengukuran kinerja dan produktivitas perusahaan.

Komponen Paling Vital dalam Sistem Customer Relationship Management

Sumber : arrigacrm.co.uk

Sistem CRM sederhananya berfungsi untuk menyatukan segala informasi pelanggan dalam wadah yang terpusat. Dengan begitu perusahaan dapat memanfaatkan teknologi guna kemudian menciptakan hubungan yang spesial dengan para pelanggannya. Dan agar bisa mewujudkan tugas tersebut, CRM dibekali dengan beberapa komponen yang memegang peran penting. Komponen-komponen tersebut adalah sebagai berikut:

  • Timbal manajemen untuk memastikan pengguna tidak beralih ke media-media lain agar bisa mengantongi informasi berharga mengenai prospek.
  • Otomatisasi tugas marketing, seperti menjadwalkan meeting atau pertemuan, mengirimkan email hingga menangani tindak lanjut terhadap prospek.
  • Manajemen workflow, sehingga perusahaan bisa menyederhanakan alur kerja di dalam setiap tim agar bisa mencapai hasil kerja yang lebih optimal.
  • Laporan dan analisis yang memungkinkan perusahaan melakukan pelacakan terhadap metrik dan tren-tren bisnis yang penting.
  • Manajemen penjualan, sehingga perusahaan dapat memantau siklus penjualan secara menyeluruh, dari awal prospek hingga akhir.

Itulah sekilas tentang Customer Relationship Management atau CRM yang sangat penting di dalam bisnis yang perlu Anda ketahui jika ingin meningkatkan hubungan dengan para pelanggan.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Strategi Rebranding Terbaik untuk Kembangkan Bisnismu

Creativepreneur and Career

Tips Strategi Inbound Marketing Agar Brand Kamu Makin Terkenal

Creativepreneur and Career

Catat Tips Pemasaran Lewat IGTV Biar Bisnismu Cepat Dikenal

Creativepreneur and Career

Kursus Digital Marketing Paling Recommended Buat Pemula