Creativepreneur and Career

2 Minutes Hack Ini Cocok Buat Kamu yang Suka Menunda Pekerjaan

menunda-pekerjaan

Kamu pasti pernah ada di posisi di mana scrolling feed Instagram atau nonton video YouTube terasa lebih menarik dibandingkan menyelesaikan pekerjaan yang ada di hadapanmu. Niatnya sih, kamu menonton YouTube sebagai aktivitas selingan buat menyegarkan otak. Tapi, tanpa disadari kamu malah menghabiskan lebih banyak waktu membuka video YouTube daripada benar-benar bekerja. Kamu nggak sendiri! Faktanya, menunda pekerjaan atau procrastinating sering terjadi pada mayoritas orang dari seluruh dunia. Supaya kamu bisa lebih produktif, baca 2 minutes hack ini, yuk!

Amygdala, Si Otak Purba yang Bikin Kita Jadi Penunda Ulung

amygdala-penyebab-menunda-pekerjaan

Ilustrasi alasan menunda pekerjaan (Sumber: produktivitasdiri.co.id)

Sebenarnya, apa sih penyebab di balik kebiasaan suka menunda pekerjaan? Usut punya usut, ternyata itu ada hubungannya dengan bagian otakmu yaitu amygdala. Amygdala adalah bagian otak yang paling tua, jauh sebelum bagian otak yang lain berkembang.

Bagian otak ini sudah menjaga agar umat manusia (dan hewan) bisa bertahan hidup selama 300 juta tahun. Tugas dari bagian otak ini, nggak lain adalah untuk mengatur emosi dan mendeteksi ancaman. Amygdala juga berperan buat mengatur perilaku-perilaku agar makhluk hidup termotivasi buat melakukan suatu hal.

ilustrasi-otak

Ilustrasi otak manusia (Sumber: tempo.co)

Nah, masalahnya, motivasi itu bisa jadi nggak muncul gara-gara beberapa hal. Umumnya, karena kamu secara nggak sadar menginginkan kesempurnaan atau penghargaan tanpa harus bekerja terlalu keras. Begitu kamu menilai kalau suatu aktivitas itu bakal memakan waktu lama, jadi deh kamu memilih buat menunda pekerjaan.

Misalnya, kamu jadi ogah-ogahan buat menggarap laporan kantor atau tugas kuliah, karena kamu menganggap itu bakal memakan waktu yang lama. Atau, kamu jadi ogah-ogahan berolahraga karena kamu bakal butuh waktu yang lama banget buat dapatkan bentuk badan yang ideal. Langkah awal yang akan kamu ambil terasa berat. Akibatnya, kamu jadi malas-malasan. Nah, di sinilah kamu bisa mempraktikkan trik 2 minutes hack berikut.

Baca Juga :   Terapkan 5 Cara Menghilangkan Rasa Malas Ini Biar Lebih Produktif
About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Tips Strategi Inbound Marketing Agar Brand Kamu Makin Terkenal

Creativepreneur and Career

Catat Tips Pemasaran Lewat IGTV Biar Bisnismu Cepat Dikenal

Creativepreneur and Career

Kursus Digital Marketing Paling Recommended Buat Pemula

Creativepreneur and Career

Tips Memulai Bisnis Digital Agency, Bisnis Dengan Peluang Besar 2021