Model AIDA, Jurus Jitu untuk Copywriting yang Menjual

Dibaca Normal: 3 menit aja
model aida

Setiap hari selalu ada informasi terbaru yang berasal dari penjuru dunia. Informasi tersebut disuguhkan dengan headline yang memang dirancang untuk menarik perhatianmu. Entah itu dari website, billboard, televisi, radio, artikel, email, atau unggahan Instagram yang kamu lihat sehari-hari. Masing-masing media tersebut punya jurus tersendiri dalam bersaing untuk dapat menarik perhatianmu sebagai audiens. 

Slider
Slider
Slider

Sebagai seorang marketer atau orang yang berkecimpung di dunia advertising, kamu harus mengenal konsep dasarnya terlebih dahulu, yakni model AIDA. Apa itu model AIDA? Singkatnya nih, AIDA adalah konsep yang banyak digunakan dalam dunia marketing dan advertising, berasal dari singkatan attention (perhatian), interest (minat), desire (keinginan), dan action (aksi). Dengan menggunakan konsep AIDA, kamu bisa mengubah halaman kosong menjadi sesuatu yang menarik perhatian sehingga mampu menggerakkan audiens untuk mengambil tindakan tertentu.

Model AIDA untuk Copywriting

Model AIDA

Konsep AIDA (sumber: startupdevkit.com)

Model AIDA adalah salah satu model di dunia advertising yang paling lama digunakan, yakni sejak abad ke-19. Penerapan konsep ini akan memberikan pemahaman yang amat penting dari sisi konsumen terhadap apa yang mereka inginkan. Nah, buat kamu yang tertarik mempelajari lebih dalam soal konsep AIDA jangan sampai ketinggalan informasinya, karena di sini kami akan membahas satu per satu dari konsep AIDA itu sendiri. Mari kita simak dari poin pertama.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

1. Attention

Berselancar di dunia maya tidak akan ada ujungnya deh, karena di sana kamu dapat menemukan jutaan informasi dalam sekejap. Sebagai seorang marketer, kamu harus waspada pada tingginya tingkat persaingan. Tugasmu sekarang adalah mencari cara untuk dapat membuat tulisan yang mampu menarik perhatian pembaca secepat kilat, karena jika tidak, tulisanmu akan dilewatkan begitu saja tanpa meninggalkan kesan apa pun. Pastikan di dalam 8 detik atau kurang, kamu sudah bisa menangkap perhatian audiens.

Attention merupakan konsep pertama dari model AIDA yang mengajarkan kamu agar berhasil menarik perhatian audiens. Caranya bisa dengan membuat headline atau judul yang bikin penasaran, kemudian ditambah dengan gambar, video, dan kalimat pembuka yang ciamik. Lewat elemen tekstual dan visual tersebut, kamu harus bisa bikin audiens berpikir bahwa kamu punya jawaban dari pertanyaan mereka.

Baca Juga
7 Jenis Profesi Buat Kamu yang Hobi Menulis

2. Interest

Nah, setelah berhasil menarik perhatian audiens, sekarang saatnya masuk ke tahap interest. Tahap ini merupakan yang paling menantang, karena meskipun kamu sudah berhasil menarik perhatian audiens, tapi tahukah kamu bagaimana cara engage dengan mereka?

Buatlah mereka fokus dengan konten yang kamu sajikan secara mendetail. Cara yang termudah adalah dengan memancing mereka menggunakan informasi atau fakta-fakta menarik yang terkait, statistik, studi kasus, kondisi ideal dari suatu situasi, dan alasan. Kamu juga dapat membaginya menjadi poin-poin penting agar lebih efisien dan to the point. Eits, tapi jangan kasi berita hoax yah. Mentang-mentang ingin membuat audiens tertarik, kamu malah menghalalkan segala cara.

Baca Juga
5 Tips Facebook Marketing untuk Membangun Brand-mu

Slider
Slider
Slider
Artikel Terkait
Creativepreneur and Career

Teknik Guerilla Marketing, Kiat Sukses Gaet Banyak Viewer

Creativepreneur and Career

Membuat SMART Goals, Cara Anti Gagal untuk Meraih Mimpimu

Creativepreneur and Career

Apa Itu Graphic Standard Manual? Yuk Baca Penjelasan Lengkapnya!

Creativepreneur and Career

Cara Membuat Portofolio Kreatif

Creativepreneur and Career

Panduan Membuat Portofolio Online yang Keren untuk Berburu Project Baru

Creativepreneur and Career

Ini Petuah Para eCommerce Retailers Agar Bisnis Lancar di Era Pandemi

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link