Creativepreneur and Career

Ingin Negosiasi Gaji? Wajib Tahu Ini Dulu Sebelum Melakukannya

negosiasi-gaji

Pilih Momen yang Tepat

pilih-momen-negosiasi-tepat

FYI, nego gaji paling bagus di hari Kamis dan Jumat (Sumber: miro.medium.com)

Tahu nggak? Ternyata, kamu juga harus perhatikan momen yang pas sebelum minta negosiasi gaji, lho. Salah satunya adalah memilih hari yang tepat. Dikutip dari Psychology Today, hari Kamis atau Jumat bisa jadi hari keberuntunganmu. Ini nggak ada hubungannya dengan zodiak atau primbon, ya!

Hari Kamis dan Jumat dianggap hari baik buat minta nego gaji soalnya kedua hari itu dekat banget dengan weekend. Tahu sendiri, orang-orang biasanya bakal lebih bersemangat buat menyelesaikan tugas lebih cepat. Supaya, mereka juga bisa menikmati liburan lebih awal. Jadi, pihak atasan biasanya juga akan lebih gampang setuju dengan pengajuan gaji yang kamu minta.

Lakukan Riset Terlebih Dulu

riset-gaji

Lakukan riset UMR (Sumber: image.cnbcfm.com)

Supaya negosiasi gaji jadi makin lancar, ada baiknya nih kamu lakukan riset terlebih dulu. Misalnya, kamu bisa cari tahu upah rata-rata dari pekerja yang ada di bidangmu. Jangan lupa juga pertimbangkan jumlah gaji UMR. Selain cari tahu jumlah gaji, kamu juga sebaiknya juga cari tahu lebih detail tentang deskripsi pekerjaan yang akan kamu ambil. Dengan begitu, kamu jadi bisa lebih akurat dalam menembak angka gaji yang diinginkan.

Pertimbangkan Faktor Benefit yang Lain

benefit-selain-gaji

Pertimbangkan benefit lain di samping gaji (Sumber: minutemediacdn.com)

Gaji bukan segala-galanya, lho! Kalaupun gaji yang kamu terima tergolong standar, coba tanyakan apakah perusahaan menawarkan benefit dalam bentuk lainnya. Bisa jadi, benefit itu dalam bentuk penyediaan makan siang dan transportasi gratis. Lumayan, kan?

Kamu jadi nggak harus keluar biaya buat makan siang dan transportasi. Selain itu, kamu juga bisa perhitungkan faktor cuti yang diberikan oleh perusahaan. Bisa jadi, perusahaan juga menawarkan aktivitas jalan-jalan di momen-momen tertentu. Nggak kalah penting, kamu juga perlu tanya apakah perusahaan itu juga menawarkan asuransi buat para pegawainya.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum negosiasi gaji. Jangan lupa, tetap percaya diri ya! Asalkan kamu mempraktikkan tips di atas, dijamin proses negosiasi upahmu juga bakal berlangsung lancar. Selamat berjuang!

Baca Juga :   Nggak Dilarang, Ini Waktu yang Tepat untuk Berbohong Saat Interview Kerja
About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Tips Mengelola Banyak Akun Media Sosial Biar Kamu Makin Cuan

Creativepreneur and Career

Pengertian Model Bisnis B2C dan Jenis B2C yang Paling Populer

Creativepreneur and Career

Wajib Catat, 5 Aplikasi Untuk Memperkuat Bisnis Kamu!

Creativepreneur and Career

Tips Bekerja dengan Influencer agar Efektif Menjangkau Audiens dan Meningkatkan Penjualan