Ingin Duit Tambahan? Cobain 9 Pekerjaan Sampingan untuk Mahasiswa Ini

Dibaca Normal: 7 menit aja
pekerjaan sampingan mahasiswa

Kalau kamu adalah salah satu orang yang ingin hidup mandiri, tetapi bingung harus memulai dari mana, mungkin kamu harus mencoba beberapa pekerjaan sampingan mahasiswa berikut ini.

Keuangan menjadi salah satu masalah yang kerap dialami oleh mahasiswa. Kebutuhan hidup yang semakin membengkak merupakan penyebab utama. Apakah kamu juga merupakan salah satu dari mereka, GenK? Hal ini tentu membuat kamu merasa perlu mencari uang tambahan selain mengandalkan uang saku dari orangtua. Kalau kamu pernah berpikir demikian, berarti kamu memiliki itikad yang luar biasa hebat! Untuk melewati masa-masa krisis, salah satu solusinya adalah dengan mencari pekerjaan sampingan untuk mahasiswa.

Bekerja sampingan akan membuat kamu bisa hidup mandiri, GenK. Saat ini sudah banyak jenis pekerjaan yang bisa menjadi pilihanmu. Akan tetapi akan lebih baik kalau kamu memilih pekerjaan yang sejalan dengan bakat dan passion. Mengapa demikian? Karena pekerjaan yang sesuai bakat dan passion dijamin bisa membuatmu betah dan tulus dalam menjalankannya. Lain halnya kalau kamu merasa tidak klop, kemungkinan besar kamu akan merasa tidak nyaman dan ingin segera berhenti dari pekerjaan itu.

Selain itu, kamu perlu memilih pekerjaan yang sekiranya tidak mengganggu aktivitas kuliah. Carilah pekerjaan yang bisa fleksibel dengan jam kelas. Tujuannya agar tidak bentrok dan malah membuat kuliahmu tidak beres. Sebenarnya mahasiswa memiliki waktu yang fleksibel, sehingga ada banyak waktu luang yang bisa dimanfaatkan untuk kerja sampingan. Tergantung bagaimana cara kamu memanajemen waktu untuk membagi dua kegiatan tersebut saja, GenK.

Kalau kamu tertarik mencoba pekerjaan sampingan untuk menambah pundi-pundi rupiah sekaligus mengasah kemampuan dalam berbisnis, kami memiliki beberapa rekomendasi pekerjaan sampingan untuk mahasiswa. Mulai dari yang hanya lewat media online sampai turun ke lapangan. Apa saja sih pekerjaannya? Yuk langsung saja kita lihat, GenK!

Freelancer

pekerjaan sampingan mahasiswa 1

Menjadi freelancer (sumber: unsplash.com)

Freelancer merupakan pekerja lepas yang digaji sesuai proyek yang ia kerjakan (paid by project). Pekerjaan ini sedang naik daun loh. Apalagi di kalangan mahasiswa dan fresh graduate. Jika kamu tertarik menjadi freelancer, pertama-tama cari tahu dulu apa bakat yang kamu miliki, misalnya bakat menulis, desain grafis, videografer, fotografer, animator, atau IT. Lalu cari tahu software apa yang kamu kuasai untuk menunjang pekerjaan kamu nantinya. Setelah itu buat portfolio semenarik mungkin agar perusahaan mau mempekerjakan kamu. Kemudian mulai mencari lowongan pekerjaan sesuai bidang pekerjaan yang kamu mau.

Akan tetapi kebanyakan mahasiswa yang menjadi freelancer malah asyik dengan pekerjaannya hingga kuliah terlupakan. Jadi, usahakan tetap fokus kuliah ya, GenK. Menjadi freelancer memiliki banyak keuntungan, yaitu menambah pendapatan dan memperluas ilmu seputar bidang pekerjaanmu yang berguna saat kamu benar-benar terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya.

Baca Juga
Cara Membuat Portofolio Kreatif

Toko Online

pekerjaan sampingan mahasiswa 2

Membuka toko online (sumber: unsplash.com)

Toko online menjadi pilihan mudah yang bisa dijadikan sebagai pekerjaan sampingan. Bisnis ini cocok buat kamu yang tidak punya banyak waktu atau malas pergi ke luar rumah. Pekerjaan ini menawarkan kemudahan dan fleksibilitas buat kamu yang baru mulai belajar menjalankan bisnis. Akan tetapi, kamu harus fokus dan telaten saat mengurus toko online milikmu. Mencari pelanggan tidaklah mudah. Maka dari itu kamu perlu mencari sesuatu yang unik sehingga memiliki pembeda dengan toko online lainnya.

Dari segi produk, kamu bisa memproduksi sendiri maupun menjadi reseller atau dropshipper. Sebenarnya menjadi reseller atau dropshipper lebih fleksibel ketimbang memproduksi sendiri. Akan tetapi memproduksi barang sendiri lebih memiliki nilai plus loh. Dengan membuat sendiri, maka kamu bisa berkreasi dalam menciptakan keunikan produk. Selain itu kamu jadi lebih mengenal secara detail seputar produk bila ada konsumen yang bertanya.

Kalau kamu tertarik menjajah dunia toko online, ada beberapa produk yang mungkin bisa menginspirasimu, GenK. Pertama-tama carilah barang-barang yang memang dicari dan dibutuhkan konsumen. Lalu tentukan target konsumen dari segi jenis kelamin, usia, dan lain-lain. Semakin detail data, maka semakin mudah pula menentukan produk apa yang akan kamu jual. Misalnya kamu ingin menjual kaos untuk laki-laki, maka carilah bahan kaos yang memang sedang menjadi tren dan buat motif desain yang kece.

Make-up Artist

pekerjaan sampingan mahasiswa 3

Menjadi make-up artist (sumber: unsplash.com)

Menjadi seorang make-up artist tentu memerlukan bakat, karena tidak semua orang bisa berhasil membuat tampilan make-up yang sempurna. Maka dari itu kamu harus perbanyak latihan, GenK. Nah untuk kamu yang memang punya bakat dan minat seputar tata rias, menjadi make-up artist bisa kamu pilih sebagai profesi pekerjaan sampingan untuk mahasiswa.

Cari klien dari lingkup kecil dulu saja, misal dari teman kampus. Lalu barulah mengembangkan bisnismu ke lingkup yang lebih besar, misal merias untuk wisuda, pesta ulang tahun, lamaran, sampai pesta pernikahan. Semakin tinggi tingkat kesulitan meriasnya, maka semakin tinggi pula bayaran yang kamu dapat. Akan tetapi untuk menjadi make-up artist, kamu memerlukan alat-alat rias yang lengkap. Tujuannya supaya semua permintaan klien dapat terpenuhi dan mereka puas dengan hasil kerjamu, GenK.

YouTuber

pekerjaan sampingan mahasiswa 4

Menjadi YouTuber (sumber: unsplash.com)

YouTube merupakan aplikasi penyedia platform untuk mengunggah karya video yang sedang naik daun. Hampir semua orang pasti menggunakan aplikasi YouTube, sampai anak kecil sekalipun. Berbeda dengan televisi, di YouTube kamu bisa memilih sendiri konten apa yang ingin kamu tonton. Tinggal tulis di kolom pencarian, maka semua rekomendasi video akan muncul di layar ponselmu.

Perkembangan YouTube yang semakin pesat membuat banyak orang berbondong-bondong untuk mengunggah karyanya. Sebenarnya istilah YouTuber ditujukan untuk pengguna YouTube. Namun seiring berjalannya waktu, YouTuber dianggap sebagai istilah untuk orang yang mengunggah karya alias pembuat konten. Dari video yang kamu unggah di sana, kamu bisa mendapat pemasukan dari iklan yang dipasang atau lebih sering disebut dengan AdSense. Semakin banyak yang menonton video kamu, maka semakin banyak pula pemasukan yang kamu dapat.

Jika kamu tertarik menjadi YouTuber, pastikan kamu membawa konten-konten segar dan unik. Mengapa demikian? Sebab persaingan antar-YouTuber semakin ketat. Sehingga kamu butuh pembeda agar masyarakat tertarik untuk menonton videomu. Dalam proses kreatif diperlukan pengembangan ide dan imajinasi. Kerahkan seluruh kreativitasmu untuk menciptakan video yang bisa memincut hati penonton.

Baca Juga
Jangan Sampai Kelewatan 3 YouTuber Indonesia Ini, GenK!

Agen Pulsa dan Kuota

pekerjaan sampingan mahasiswa 5

Menjadi agen pulsa dan kuota (sumber: unsplash.com)

Di zaman sekarang, seseorang sulit sekali untuk hidup tanpa internet. Karena dengan internet, semua informasi bisa diakses dengan mudah tanpa mengenal jarak dan waktu. Untuk mengakses internet, kamu memerlukan pulsa, kuota, atau WiFi. Namun, masalahnya, tidak semua tempat menyediakan fasilitas WiFi. Bisa mati gaya kan kalau tidak ada jaringan internet. Makanya, banyak orang yang membutuhkan agen pulsa dan kuota.

Menjadi agen pulsa dan kuota bisa menjadi pilihan pekerjaan sampingan untuk mahasiswa loh. Kamu bisa mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan. Seperti kata pepatah sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit, walaupun keuntungan menjual pulsa dan kuota tidak langsung terasa, tetapi semakin banyak pelanggan, maka semakin banyak pula pemasukan yang kamu dapat.

Guru Les Pribadi

pekerjaan sampingan mahasiswa 6

Menjadi guru les pribadi (sumber: unsplash.com)

Saat ini banyak orangtua yang mencari guru les pribadi untuk anaknya. Ada beragam mata pelajaran anak sekolah, seperti bidang sains, sosial, dan bahasa. Pilih bidang yang kamu kuasai, lalu tawarkan diri kamu untuk menjadi guru les privatnya. Misal di bidang sains, ada pembagian lebih jauh untuk mata pelajaran, seperti biologi, fisika, dan kimia. Bidang sosial juga dibagi lagi jadi mata pelajaran seperti sejarah, geografi, dan ekonomi. Bidang bahasa pun sama. Ada mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan bahasa asing lainnya.

Untuk soal harga, bisa kamu sesuaikan dengan tipe mata pelajaran, lama durasi belajar, dan jadwal pertemuan di dalam satu minggu. Yang penting tinggal memanajemen waktu antara kuliah dengan bekerja menjadi guru les pribadi. Jika kamu ingin mendapat penghasilan yang lebih lagi, perbanyak anak ajar kamu, GenK.

Model Katalog dan Endorsement

pekerjaan sampingan mahasiswa

Menjadi model katalog dan endorsement (sumber: unsplash.com)

Buat kamu yang merasa fotogenik, tidak ada salahnya menjadi model katalog dan endorsement sebagai pekerjaan sampingan untuk mahasiswa. Jika kamu tertarik, ada beberapa agensi yang memang khusus menaungi para model katalog dan endorsement. Menjadi model bukan hanya soal foto dan bergaya di depan kamera, tetapi bagaimana cara kamu berpose untuk menjual barang yang sedang dipromosikan.

Selain itu kamu harus pintar memilih lokasi pemotretan, karena tidak semua model memiliki fotografer atau tim khusus. Pastikan semua komponen foto memiliki hasil akhir yang sempurna, seperti busana, make-up, ekspresi, pencahayaan, dan latar foto. Tujuannya supaya klien merasa puas dan tak ragu untuk mempekerjakan kamu lagi sebagai modelnya, GenK.

Baca Juga
5 Inspirasi OOTD ke Kampus

Master of Ceremonies (MC) di Kampus

pekerjaan sampingan mahasiswa 8

Menjadi MC di Kampus (sumber: unsplash.com)

Pekerjaan sampingan untuk mahasiswa yang berikutnya adalah menjadi Master of Ceremonies (MC) atau pemandu acara. Tak jarang pihak Kampus atau organisasi mahasiswa mengadakan acara-acara, seperti seminar dan talk show. Kalau kamu merasa memiliki bakat public speaking yang bagus, tidak ada salahnya menawarkan diri untuk jadi MC, GenK. Siapa tahu berawal dari MC acara Kampus, kamu tertarik untuk serius mendalami bidang tersebut. Gaji yang kamu dapat juga lumayan loh. Cukup banget untuk anak kuliahan yang kerap kali mengalami kantong kering.

Bisnis Kuliner

pekerjaan sampingan mahasiswa 9

Membuka bisnis kuliner (sumber: unsplash.com)

Membuka bisnis kuliner bisa menjadi pilihan pekerjaan sampingan untuk mahasiswa selanjutnya. Terutama buat kamu yang punya bakat dan hobi memasak. Sebagai anak kos, acap kali mencari makanan yang tidak ribet, murah, tapi enak. Kamu bisa menjadi salah satu penyedia hidangan masakan yang diinginkan oleh anak kos. Buatlah makanan yang sedang digandrungi oleh anak muda. Lalu pilih menu makanan yang alat, bahan, dan cara pembuatannya tidak rumit, sehingga tidak akan memakan banyak waktu. Lalu pilih sistem penjualan makanan, misalnya menerapkan sistem delivery.


Itu dia 9 pekerjaan sampingan untuk mahasiswa yang bisa kamu coba. Selain mendapat penghasilan, kamu juga mendapat pengalaman berharga yang bisa berguna untuk mengembangkan kemampuanmu di bidang pekerjaan yang nantinya akan kamu geluti. Dari kesembilan pekerjaan sampingan di atas, manakah yang menjadi pilihanmu? Pastikan apapun pilihannya kelak, kamu tetap nyaman saat mengerjakannya. Untuk menjalankan sebuah pekerjaan, dibutuhkan kegigihan dan ketulusan hati, GenK.

Polling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Creativepreneur & Career

4 Kota yang Menjadi Favorit Para Digital Nomad Indonesia

Creativepreneur & Career

Ingin Jadi Digital Nomad? Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Creativepreneur & Career

Tips dan Trik Cara Menjadi Digital Nomad Abad ke-21

Creativepreneur & Career

Mengenal Apa Itu Digital Nomad, Si Pengembara Abad ke-21

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link