Creativepreneur and Career

Pekerjaan Sampingan dengan Gaji Ter-‘Wow’ untuk Software Developer

pekerjaan-sampingan-software-developer

Wah, pastinya menyenangkan banget ya, kalau bisa mendapatkan bayaran karena kita ngelakuin hal yang kita sukai? Bakalan lebih baik lagi, jika pekerjaan sampingan itu bisa menjadi sumber penghasilan pasif sehingga hidup kita dapat banyak berubah secara signifikan.

Untuk kamu-kamu yang merupakan seorang dengan bakat di bidang programming, ada kabar baik, nih. Soalnya ada banyak banget cara bagi software developer untuk dapetin uang tambahan yang jumlahnya nggak sedikit, loh!

Berikut ini adalah 5 pekerjaan freelance paling recommended untuk kamu.

1. Starting A Development Blog

developer-blog

Developer blog (Sumber: assets.keap.com)

Emang sih, hingga akhirnya sebuah blog bisa menjelma menjadi pohon uang butuh waktu yang nggak sedikit. Kamu juga nggak bisa terus bersantai. Kamu harus berjuang dari titik 0 untuk mendapatkan follower.

Tapi jangan berkecil hati dulu, GenK. Percayalah, itu pasti bisa dilakukan. Caranya dengan mengandalkan 3 faktor penting yang membangun sebuah blog, yakni advertising, affiliates dan 3rd party sites.

2. Jadi Perantara untuk Klien

perantara-klien

Sebagai perantara klien ke software developer lainnya (Sumber: ounews.co)

Pekerjaan sampingan ini dijamin cocok banget nih, buat kamu yang baru kali pertama memulai sebagai developer otodidak, di mana satu-satunya kerjaanmu adalah sebagai freelancer.

Begitu sulitnya menemukan klien pertama yang bisa membayar dengan pantas. Tapi jangan putus asa, karena setelah itu segalanya bakal lebih mudah untuk menemukan klien-klien baru berikutnya. Di saat itulah kamu malah harus menolak banyak klien lain karena nggak sanggup mengerjakan semua job.

Lalu, solusinya?

Kamu bisa mencoba ‘melempar’ job dari klien lepas ke developer lain yang bersedia menyelesaikan dengan bayaran lebih rendah. Don’t worry, it’s a win win solution.

Baca Juga :   Jangan Malu dengan Profesimu, Ini Berbagai Keuntungan Jadi Freelancer
About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Tips Memulai Bisnis Digital Agency, Bisnis Dengan Peluang Besar 2021

Creativepreneur and Career

Langkah dan Alasan Kenapa Kamu Perlu Membuat Business Plan

Creativepreneur and Career

Giveaway, Strategi Marketing Jitu Yang Wajib Dipelajari!

Creativepreneur and Career

Kamu Punya Toko Online? Perhatikan Risiko Keamanan Ini