Creativepreneur and Career

Catat Tips Pemasaran Lewat IGTV Biar Bisnismu Cepat Dikenal

Salah satu media sosial yang pesat banget perkembangannya adalah Instagram. Nah, makanya, ada banyak cara buat promosi jualan kamu agar makin laris, melalui platform ini. Salah satunya yaitu dengan pemasaran lewat IGTV atau Instagram TV. Dengan menggunakan IGTV, kamu bisa menerapkan promosi yang interaktif, serta menjangkau lebih banyak audiens. Yuk, kita simak kelebihan selengkapnya, dan tips untuk pemasaran melalui IGTV.

Kelebihan Pemasaran Melalui IGTV

Sumber : dmagency.us

Yang membuat IGTV sangat menarik adalah tampilannya yang berupa layar penuh. Jadi, formatnya berupa layar vertikal yang pas banget buat smartphone, dengan rasio layar 18:9. Di samping itu, kamu bisa bikin video dengan durasi lebih panjang, daripada Instagram story. Jadi, kontennya lebih menarik. Terus, audiens kamu bisa memilih semua jenis video. Mulai dari video yang udah ada, yang disarankan, yang populer, yang dibuat oleh akun yang diikuti. Audiens juga bisa lanjut nonton video yang udah ditonton sebelumnya.

Tips Pemasaran Melalui IGTV

Kalau kamu aktif di Instagram buat promosi bisnismu, maka kamu bisa mulai gunakan IGTV untuk pemasaran. IGTV bisa bantu kamu promosiin jualan kamu dengan lebih maksimal. Untuk itu, simak tipsnya berikut ini:

  1. Bikin Judul dan Konten yang Menarik
Pemasaran lewat IGTV

Sumber Gambar: newsfeed.org

Judul dan konten menarik ini penting banget, karena dapat meningkatkan brand awareness. Bikin judul yang bisa menjelaskan konten video IGTV kamu, secara singkat. Pakai kata-kata yang bisa menggerakkan emosi followers. Jadi, mereka tertarik buat menonton konten video yang kamu buat. Beberapa jenis konten video yang bermanfaat dan menarik, yaitu seperti demo produk, behind the scene pembuatan produk jualanmu, teaser buat ngenalin produk, dan tayangan inspirasi dengan storytelling.

  1. Bikin Caption dan Thumbnail yang Menarik

Pemasaran lewat IGTV

Sumber Gambar : bukalapak.com

Sehabis bikin judul dan konten, waktunya membuat thumbnail, berupa gambar mini yang jadi cover video kamu. Kuncinya, bikin thumbnail yang bikin audiens penasaran. Jadi, mereka mau mengeklik, dan nonton sampai habis. Bahkan kalau mereka suka videonya, video tersebut bakal di-share di sosmed. Jangan lupa juga untuk tambahkan call to action atau CTA berupa ajakan supaya audiens melakukan sesuatu buat kamu. Misalnya, like, share atau kasih link untuk pemesanan produk.

  1. Buatlah Konten yang Unik dan Terkini

Pemasaran lewat IGTV

Sumber Gambar : easil.com

Konten yang unik dan up to date penting banget. Kalau bisa, bikinlah konten yang relate sama keadaan yang lagi booming sekarang. Pokoknya yang relatable sehingga audiens bisa tergugah emosinya. Saat bikin konten, gunakan sudut pandang kamu sebagai audiens. Jadi, kamu bisa tahu, kira-kira konten seperti apa yang disuka audiens. Biasanya, video yang bagus itu adalah yang mempengaruhi emosi dan terasa berkesan.

  1. Bikin Jadwal Update Konten Secara Berkala

Pemasaran lewat IGTV

Sumber Gambar : grid.id

Kalau update kontenmu terjadwal, ini bisa mengoptimalkan engagement di Instagram kamu. Soalnya, audiens bisa secara rutin mendapat konten terbaru. Kalau konten kamu bagus, audiensmu bahkan menunggu dengan senang hati. Mereka penasaran video apa yang bakal kamu berikan selanjutnya. Buat jadwal update minimal seminggu sekali biar audiens nggak terlalu lama nungguin kamu. Pastikan juga kontenmu unik dan menarik biar menghibur sekaligus bermanfaat.

Baca Juga :   Simak Cara Membuat Bisnis Plan untuk Kamu yang Mau Berwirausaha

Pemasaran lewat IGTV emang efektif banget, kalau kamu bisa bikin konten video yang bagus. Kalau kontenmu menarik, meskipun ada promosi produk dan layanan brand-mu di dalamnya, audiens bakal tetap menikmatinya. Bahkan, mungkin banget mereka membeli produk yang kamu promosiin di video kamu.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Pengertian Model Bisnis B2C dan Jenis B2C yang Paling Populer

Creativepreneur and Career

Wajib Catat, 5 Aplikasi Untuk Memperkuat Bisnis Kamu!

Creativepreneur and Career

Tips Bekerja dengan Influencer agar Efektif Menjangkau Audiens dan Meningkatkan Penjualan

Creativepreneur and Career

5 Tips Mudah untuk Menjadi Social Media Manager Profesional