Creativepreneur and Career

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Dia Perbedaan Resume dan CV

perbedaan-cv-resume

Dalam dunia pekerjaan, CV dan resume merupakan dua dokumen sakti yang menjadi kunci pertama untukmu melalui tahapan rekrutmen. Apapun bidang industri dan posisi yang dilamar, CV dan resume tak pernah absen untuk masuk ke daftar persyaratan yang wajib dikumpulkan setiap calon kandidat. Meskipun serupa, kamu mesti mengetahui perbedaan resume dan CV dalam penggunaannya masing-masing. Yuk mari simak langsung penjelasannya di bawah! 

Apa Itu CV? 

Perbedaan resume dan CV 1

Sumber: kuis.online

Sebelum berbicara mengenai perbedaan resume dan CV, ada baiknya kamu mengenal istilah dan detail tiap-tiap dokumen terlebih dahulu sebelumnya membandingkan keduanya. Curriculum Vitae atau sering disingkat CV adalah sebuah dokumen yang berisi daftar riwayat hidup dan pengalaman pekerjaan seseorang secara sangat mendetail. CV biasanya berisi informasi mengenai: 

  • Latar belakang pendidikan. Mulai dari bangku sekolah hingga perguruan tinggi. Lengkap dengan tahun dan nilai terakhir yang didapatkan lengkap dengan kegiatan akademik dan ekstrakurikuler yang pernah dilakukan. 
  • Perjalanan karir. Detail informasi pengalaman profesional meliputi nama perusahaan dan jabatan yang pernah diduduki beserta tanggung jawab pekerjaan. 
  • Publikasi. Khusus untuk bidang akademik, termasuk penelitian dan hasil riset yang pernah dipublikasikan. Detail tentang judul riset, topik penelitian, serta platform dan tahun publikasi. Bisa juga berupa buku atau karya tertulis lain yang pernah dibuat. 
  • Penghargaan dan pencapaian. Prestasi individual maupun kelompok yang pernah diraih baik dalam bidang pekerjaan profesional, sosial, hingga akademik. Bisa dari memenangkan lomba tertentu, penerimaan penghargaan khusus bidang pekerjaan, sampai ke nominasi dalam ajang tertentu. 
  • Tambahan informasi lainnya. Bisa meliputi kerja sosial atau pengalaman sukarelawan yang pernah diikuti. Ada juga yang turut memasukkan daftar keikutsertaan pada kegiatan seperti konferensi atau workshop, sampai detail skill yang dimiliki beserta kursus dan pelatihan yang pernah diambil. 

Sumber: novoresume.com

Sesuai dengan jenis informasi yang dimuat, CV dapat dibuat hingga beberapa halaman panjangnya agar detail yang diinginkan bisa dicantumkan. Pada umumnya, semakin banyak pengalaman seseorang dalam bidang yang digeluti, CV-nya juga akan ikut bertambah panjang. Di Amerika dan Kanada, CV hanya digunakan untuk keperluan aplikasi akademis saja, seperti beasiswa, lamaran pekerjaan sebagai akademisi, sampai dana hibah. 

Baca Juga :   5 Rekomendasi Situs untuk Membuat CV yang Beneran Gratis
About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Yuk, Belajar Content Marketing Sebagai Strategi Efektif untuk Menarik Customer

Creativepreneur and Career

Kenali Perbedaan Marketing dan Advertising Biar Nggak Rancu

Creativepreneur and Career

4 Manfaat Dari Penggunaan Brand Avatars Yang Harus Kamu Tahu

Creativepreneur and Career

Strategi Marketing Visual untuk Promosi yang Efektif di Era Digital