4 Tips Profesional Membuat Profil LinkedIn yang Powerful

Dibaca Normal: 4 menit aja
kreativv ID

Kapan terakhir kalinya kamu memperbarui profil LinkedIn-mu? Enam bulan yang lalu? Satu tahun yang lalu? Atau belum pernah sama sekali? Sekarang saatnya untuk kamu meningkatkan fungsi LinkedIn sebagai alat personal marketing dan tak sekadar jadi perpanjangan CV atau resume saja. 

Anggaplah LinkedIn sebagai sebuah identitas profesionalmu di dunia maya. Jika media sosial seperti Instagram, Twitter, atau Facebook jadi tempat untukmu membagikan kehidupan personal, LinkedIn adalah tempat yang tepat untuk membangun professional branding. Ini beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk membuat profil LinkedIn yang profesional.

1. Lengkapi Profil LinkedIn

Profil LinkedIn 1

Bagian Profile Strength dapat menunjukkan kekuatan akun LinkedIn-mu (sumber: blog.linkedin.com)

Hal pertama yang mesti dilakukan oleh setiap pengguna yang ingin menjadikan profil LinkedIn mereka lebih powerful adalah dengan melengkapi setiap bagian informasi yang dibutuhkan. Berdasarkan data dari LinkedIn Business Solution, estimasi profil LinkedIn yang belum lengkap mencapai 50%. Padahal dengan melengkapi informasi pada bagian profil, kesempatanmu untuk menerima kesempatan kerja yang relevan akan meningkat drastis hingga 40 kali lipat loh. 

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Melengkapi setiap bagian informasi yang dibutuhkan juga akan membuat profilmu otomatis berada di bagian atas pencarian melebihi setengah pengguna lainnya. Berikut ini daftar informasi yang mesti kamu lengkapi: 

  • Profil foto, lokasi, dan industri yang kamu geluti 
  • Latar belakang pendidikan (nama instansi, jurusan, tahun belajar)
  • Posisi dan deskripsi pekerjaanmu sekarang 
  • Dua posisi yang pernah kamu tempati sebelumnya (jika tidak ada, bisa diganti dengan menjabarkan tanggung jawab pekerjaanmu secara detail)
  • Skill profesional (hard skill & soft skill), seperti public speaking, desain grafis, manajemen organisasi, kemampuan bahasa, komunikasi intrapersonal, dll
  • Minimal koneksi 50 
Baca Juga
8 Tips Memilih Foto LinkedIn yang Tepat dan Profesional

2. Berikan Sentuhan Personal 

Profil LinkedIn 2

Profil yang personal akan tampak lebih profesional (sumber: medium.com)

Sebagai identitasmu di dunia profesional, memberikan sentuhan personal di profil LinkedIn-mu jadi cara lain yang sangat efektif untuk membuat akunmu tampil lebih powerful. Perlu diingat bahwa LinkedIn bukan hanya cuma jadi perpanjangan CV atau resume semata, melainkan tempat kamu untuk berkomunikasi dan membangun jaringan dengan koneksi baru. 

Nah, ini dia beberapa tips untuk mempersonalisasi profil LinkedIn-mu: 

  • Tambahkan sentuhan pribadi 

Cobalah menambahkan sentuhan informasi yang lebih mendalam di setiap bagian profilmu. Gunakan gaya bahasa personal yang dapat mencerminkan berbagai hal unik tentangmu. Media pendukung seperti audio atau video klip saat kamu berbicara juga bisa jadi alternatif yang oke banget untuk ditambahkan ke dalam profil. 

  • Bagikan passion-mu

Bebaskan dirimu untuk berekspresi dengan membagikan cerita tentang pekerjaan yang kamu geluti. Kenapa kamu memilih untuk terjun ke bidang tersebut, hal-hal unik yang paling menarik bagimu, sampai ke pengalaman paling berkesan.  

  • Bagikan perspektifmu

Kata siapa mau jadi influencer itu cuma bisa dilakukan lewat Instagram atau YouTube saja? Sekarang zamannya untuk kamu jadi seorang influencer profesional lewat LinkedIn. Caranya pun kurang lebih serupa dengan para influencer di media sosial lainnya. Pikirkan calon audiensmu, lalu buatlah konten yang sekiranya bisa menarik perhatian mereka.  

Quizzes

Slider

Quizzes

Slider
Artikel Terkait
Kreativvpreneur

Ingin Duit Tambahan? Cobain 9 Pekerjaan Sampingan untuk Mahasiswa Ini

Kreativvpreneur

4 Profesi Kekinian yang Cocok untuk Lulusan Desain Komunikasi Visual

Kreativvpreneur

5 Cara Menghilangkan Rasa Minder di Kantor

Kreativvpreneur

Cara Meningkatkan Percaya Diri Saat Presentasi

Next >>
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link
Silahkan isi form terlebih dahulu untuk mengunduh Media Kit
Asset Media Kit
close-link