Creativepreneur and Career

Rahasia Strategi Marketing Bisnis Kecil yang Perlu Diketahui Tiap Pengusaha

strategi-marketing-untuk-bisnis-kecil

Kamu baru aja meluncurkan bisnis kecil, tapi ingin sesegera mungkin menyasar banyak audiens? Well, mengingat kita bertumbuh di era modern yang serba canggih seperti sekarang ini, artinya nggak ada yang mustahil dilakukan. Siapa pun bisa saja menggaet ribuan prospek meski bisnisnya belum lama dibangun. Kuncinya terletak pada strategi marketing bisnis kecil yang tepat untuk meningkatkan kesadaran target terhadap produk atau brand-mu secara online.

Pasalnya, di zaman, di mana banyak banget dari kita yang rela menghabiskan waktunya di media sosial atau platform online lainnya, maka pilihan terbaik untuk menemui calon pelanggan, ya, cuma dengan ikut masuk ke dunia mereka.

Nah, di bawah ini adalah caranya membangun srategi marketing yang terbukti efektif untuk bisnis kecil;

  1. Search Engine Optimization (SEO)

SEO (Sumber : tnwcdn.com)

Tak dipungkiri, SEO adalah langkah yang sangat efektif dalam strategi pemasan. Semakin tinggi peringkatmu di Google, maka peluangmu untuk mengarahkan traffic dan konsumen ke situs web-mu juga bakalan terbuka lebar.

Untuk menerapkan SEO, yang harus kamu lakukan pertama-tama adalah membuat akun Google My Business, meminta ulasan dari pelanggan, mengoptimalkan situs web menggunakan local keywords, membuat konten tulisan atau video di blog yang berhubungan dengan komunitas lokal, menggunakan location page, dan terakhir, fokus mendapatkan backlink berkualitas tinggi.

  1. Pay-Per-Click Advertising

strategi marketing untuk bisnis kecil

PPC Advertising (Sumber : learningrevolution.net)

Untuk pemilik bisnis kecil bisa menampilkan iklan ketika konsumen mencari keyword tertentu di mesin pencarian dengan PPC. Terdengar simple, kan? Tapi gimana, sih, caranya?

Caranya, kamu bikin iklan seputar kata kunci tertentu, seperti misalnya ‘sepatu kets handmade’ atau ‘jual baju kasual’. Selanjutnya, platform periklanan akan menggunakan algoritme untuk menampilkan iklan buatanmu di Search Engine Result Pages (SERP) berdasarkan fakor-faktor tertentu. Mulai relevansi keyword maupun kualitas landing page. Dan setiap kali seseorang mengklik iklanmu, kamu akan dibayar.

  1. Social Media Marketing

strategi marketing untuk bisnis kecil

Social Media Marketing (Sumber : prettylinks.com)

Kalau kamu ingin banget menjangkau audiens dalam jumlah yang lebih besar, sekaligus ikut terlibat dengan pelanganmu, maka kuncinya terletak pada strategi marketing media sosial, guys. Karena faktanya memang pengguna internet, termasuk kita, rata-rata bisa menghabiskan hingga 3 jam dalam satu hari untuk berpetualang di media sosial, lho.

Baca Juga :   Pahami Pengertian Conflict of Interest dan Cara Menghadapinya

Tapi perlu kamu ketahui, kalau masing-masing platform media sosial ada strateginya sendiri. Misalnya, gambar yang menghibur, status update, dan kisah kesuksesan pelanggan untuk Facebook; sharing berita dan menjawab pertanyaan pelanggan secara real-time di Twitter; menyebarkan konten visual, seperti blog, infografis, e-book lewat Pinterest; konten video di YouTube; dan foto dengan tampilan resolusi tinggi untuk Instagram.

  1. Email Marketing

strategi marketing untuk bisnis kecil

Email Marketing (Sumber : insider.com)

Nggak cuma strategi marketing media sosial saja yang menjanjikan untuk para pelaku bisnis kecil, diprrediksi marketing email juga merupakan cara terbaik untuk kamu-kamu yang ingin menjangkau audiens target di tahun-tahun mendatang.

Email marketing adalah satu-satunya tool dalam digital marketing yang memungkinkan kamu membangun relationship dengan pelanggan dan menjaga hubungan baik dengan mereka sejak mereka melakukan pembelian pertama.

Yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengirim buletin reguler yang berisi pembaruan produk atau perusahaan. Kamu juga bisa mengirimkan mereka kampanye berdasarkan tindakan, seperti ajakan untuk mendaftar di sesi konsultasi atau permintaan agar mereka menyelesaikan pembayaran untuk pembelian mereka.

  1. Content Marketing

Content Marketing (Sumber : Tribulant.com)

Blog, whitepaper atau e-book, infografis, video hingga podcast merupakan beberapa tipe konten yang akhir-akhir ini sangat disukai. So, kenapa kamu nggak coba menyasar audiens lebih banyak dengan menerapkan strategi content marketing saja?

Pelajarilah apa yang sedang tren dan paling sering dicari oleh calon targetmu, buatlah konten yang berisi info menarik tentang hal tersebut atau konten yang menghibur, namun ingat, tetaplah mengutamakan kualitas.

Itulah 5 strategi marketing untuk bisnis kecil yang perlu kamu ketahui. Siap menggaet lebih banyak audiens dengan teknik di atas?

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Yuk, Belajar Content Marketing Sebagai Strategi Efektif untuk Menarik Customer

Creativepreneur and Career

Kenali Perbedaan Marketing dan Advertising Biar Nggak Rancu

Creativepreneur and Career

4 Manfaat Dari Penggunaan Brand Avatars Yang Harus Kamu Tahu

Creativepreneur and Career

Strategi Marketing Visual untuk Promosi yang Efektif di Era Digital