Creativepreneur and Career

Marak di Kalangan Pebisnis, Apa itu Sistem Franchise?

sistem-franchise

Ada banyak jalan menuju Roma. Sama halnya untuk kamu, pebisnis pemula yang ingin sukses. Kamu bisa mencapai kesuksesan dalam berbisnis melalui ribuan cara. Mengelola bisnis sistem franchise, contohnya. Yups, bisnis franchise memang jadi salah satu pilihan banyak orang yang ingin sukses berbisnis, GenK.

Tapi sayangnya, banyak orang yang karena minim informasi justru berisiko merugi setelah memutuskan menjalankan bisnis franchise. Nah, untuk kamu yang berencana mengelola franchise, ada baiknya mengetahui gimana, sih, sistem franchise itu. Yuk, intip dulu seluk beluk dan rahasianya biar kamu bisa dapetin cuan banyak.

Bisnis Franchise, Apa Itu?

Asal kata franchise adalah dialek kuno Bahasa Prancis, yang artinya “keistimewaan” atau “kebebasan.” Sementara dalam Bahasa Indonesia, franchise diartikan sebagai waralaba yang jika diterjemahkan berarti
“lebih untung”

Bisnis sistem franchise pada dasarnya merupakan perjanjian pembelian hal untuk menjual produk dan jasa dari pemilik usaha. Nah, kamu bisa pakai nama brand produk, proses produksi, operasional, standar perlengkapan produksi, manajemen SDM hingga pengelolaan keuangan dari pemilik usaha. Nantinya kamu bakal menerima imbalan yang berupa pembayaran royalti secara rutin.

apa-itu-bisnis-franchise

Ilustrasi bisnis franchise (Sumber: entrepreneur.com)

Kelihatannya, sih, memang sederhana dan gampang banget jalanin bisnis franchise, tapi ada tantangan besar yang harus kamu hadapi jika ingin sukses dan untung besar, GenK. Selain itu, sebagai pengelola usaha, ada juga risiko kerugian yang mungkin harus kamu tanggung sendiri.

Lalu gimana caranya biar kamu bisa dapetin untung? Ada rahasianya!

Strategi Sukses Mengelola Bisnis Franchise

Baik franchisor alias pemilik bisnis atau franchisee alias pembeli lisensi franchise, sama-sama memiliki tantangan risikonya sendiri.

contoh-model-bisnis-waralaba

Ilustrasi restoran makanan dengan sistem waralaba (Sumber: qraved.co)

Bagi franchisor yang ingin sukses, pastikan kamu tentukan dulu mau fokus ke bidang usaha apa. Barulah lakukan persiapan segala keperluan pengembangan. Pastikan juga kamu menetapkan strategi yang tepat, mulai dari proses rekrutmen, pelatihan, penempatan, promosi hingga pengembangan skill karyawan.

Sementara untuk franchisee, pastikan kamu memilih waralaba yang cocok dengan potensi pasar di lingkunganmu. Jangan lupa untuk mengenali profil dari pemilik franchise. Kamu bisa mensurvei langsung kantor pusat, atau gerai-gerai franchise yang menarik minatmu. Hindari memilih franchise yang di luar kemampuan finansialmu, ya, GenK!

Baca Juga :   5 Ide Bisnis Kreatif yang Cocok Kembangkan Jiwa Mudamu!
About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Tips Strategi Inbound Marketing Agar Brand Kamu Makin Terkenal

Creativepreneur and Career

Catat Tips Pemasaran Lewat IGTV Biar Bisnismu Cepat Dikenal

Creativepreneur and Career

Kursus Digital Marketing Paling Recommended Buat Pemula

Creativepreneur and Career

Tips Memulai Bisnis Digital Agency, Bisnis Dengan Peluang Besar 2021