Creativepreneur and Career

5 Rekomendasi Situs untuk Membuat CV yang Beneran Gratis

Bingung caranya membuat CV yang ciamik? Pengen pakai aplikasi desain, tapi kok ribet. Ada rekomendasi situs, eh harus bayar dulu baru bisa di-download. Waduh, jangan khawatir, kali ini kami hadir membawakan solusinya. Berikut ini adalah pilihan situs untuk membuat CV terbaik yang beneran bisa kamu akses dengan gratis. 

1. LinkedIn

Situs untuk Membuat CV 1

Sumber: careertoolbelt.com

Di zaman modern ini, media sosial tak cuma jadi ajang pamer foto liburan belaka, tapi juga bisa jadi tempat kamu membangun karir dan menjalin koneksi profesional. Media sosial unggulan untuk keperluan ini tak lain dan tak bukan adalah LinkedIn. Cara bikin akunnya yang mudah dan praktis bisa kamu lakukan hanya dalam hitungan menit. 

Setelah akun sudah di tangan, waktunya untuk belajar cara membuat profil LinkedIn lebih powerful. Isilah kolom informasi yang dibutuhkan agar profilmu lengkap dan bisa masuk ke hasil pencarian para pengguna lainnya. Eits, tapi tahukah kamu jika LinkedIn juga menjadi salah satu situs untuk membuat CV paling praktis saat ini? Setelah kamu melengkapi seluruh bagian informasi, tinggal klik pilihan ‘More’ di profil, lalu ‘Save to PDF’ dan CV kamu pun langsung terunduh secara otomatis. 

2. Kickresume 

Situs untuk Membuat CV 2

Sumber: careertoolbelt.com

Beragam manfaat yang bisa kamu dapatkan setelah membuat LinkedIn bukan cuma bisa dipakai di situs atau aplikasinya sendiri loh, tapi juga di platform lain. Kickresume adalah contoh situs untuk membuat CV yang bisa kamu akses gratis, cukup login pakai akun LinkedIn saja loh. Setelah login, tinggal isi survei singkat dan kamu bisa mulai merancang CV idamanmu. 

Pada halaman template, Kickresume menyediakan beragam pilihan ragam desain CV kece yang bisa digunakan oleh pengguna, ada yang berbayar dan ada juga yang gratis. Untuk versi yang gratisnya sendiri biasanya akan memiliki tampilan yang berbeda dengan versi pro yang berbayar. Meskipun terlihat lebih sederhana, namun hasil desain CV-nya juga gak kalah keren loh. 

Baca Juga :   9 Cara Membuat CV Yang Menarik Perhatian Rekruiter

3. Resume.com 

Situs untuk Membuat CV 3

Sumber: careertoolbelt.com

Apa sih yang biasanya bikin kamu malas bikin CV lewat situs? Selain berbayar, kamu juga mesti login dulu kan? Wah, hal itu tidak berlaku di situs untuk membuat CV ini. Resume.com menawarkan pengalaman terbaik untuk merancang sendiri CV tanpa harus melakukan login atau sign-up sama sekali. Cukup buka situsnya, kamu bisa langsung mulai mendesain langsung dari homepage Resume.com. 

Kelebihan lain yang ditawarkan oleh situs ini adalah kemampuannya yang hanya memproduksi resume sepanjang satu halaman. Tergantung dari seberapa banyak pengalaman kerjamu, fitur ini bisa saja kurang cocok. Namun pada umumnya, perusahaan banyak yang menyukai resume satu halaman dibanding CV karena lebih praktis untuk dibaca. 

4. CVMaker

Sumber: careertoolbelt.com

Situs pembuat CV berikutnya adalah CVMaker. Platform ini paling cocok digunakan oleh kamu yang sudah punya konten siap pakai yang bisa langsung dimasukkan ke berbagai kolom yang tersedia di halamannya. Mulai dari informasi dasar, pengalaman pekerjaan, hobi dan minat, latar belakang pendidikan, hingga referensi semua lengkap tersedia. 

Kamu dapat menggunakan CVMaker secara gratis tanpa perlu mengeluarkan duit sepeser pun untuk menjadi anggota premium. Tapi ada satu kelemahan yang mesti kamu perhatikan saat membuat CV di situs ini. Setelah kamu mulai mengerjakan CV, kamu mesti menyelesaikannya dalam satu waktu karena tidak tersedianya fitur penyimpan progress. Jadi kamu harus benar-benar meluangkan waktu hingga CV selesai dan bisa langsung diunduh. 

Baca Juga :   8 Tips Memilih Foto LinkedIn yang Tepat dan Profesional

5. CakeResume

Situs untuk Membuat CV 5

Sumber: careertoolbelt.com

Sekilas, tampilan CakeResume memiliki banyak kemiripan dengan LinkedIn dari bagian layout dan UI-nya yang cukup minimalis. Cara menggunakan situs pembuat CV ini adalah dengan membuat profil terlebih dahulu, barulah kamu bisa mulai meng-upload file resume yang siap diedit. Salah satunya bisa kamu ambil dari PDF profil LinkedIn-mu sebelumnya. 

Setelah selesai meng-upload profil pribadimu, waktunya untuk menjawab beberapa pertanyaan sederhana terkait pilihan karirmu. Kalau sudah beres dengan informasi yang dibutuhkan, kamu bisa langsung men-download resume-mu. CakResume bahkan dapat membantu proses pencarian pekerjaanmu jika kamu berlangganan anggota premium loh. 

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Tips Strategi Inbound Marketing Agar Brand Kamu Makin Terkenal

Creativepreneur and Career

Catat Tips Pemasaran Lewat IGTV Biar Bisnismu Cepat Dikenal

Creativepreneur and Career

Kursus Digital Marketing Paling Recommended Buat Pemula

Creativepreneur and Career

Tips Memulai Bisnis Digital Agency, Bisnis Dengan Peluang Besar 2021