Creativepreneur and Career

Tahapan-Tahapan Penting Social Media Campaign yang Nggak Boleh Kamu Lewatkan

Pernah nggak kamu ngerasa, kok, sepertinya campaign yang dilakukan selama ini untuk media sosial cuma sia-sia dan tanpa hasil sama sekali? Wah, jangan-jangan kamu keliru menerapkan strategi kampanye media sosial, nih, guys! Karena ternyata, disadari atau enggak, setiap strategi dalam social media campaign itu nggak bisa kamu pakai di semua kampanye.

Masing-masing strategi punya ciri khusus, entah itu dari aspek karakteristik audiens, tujuan maupun cara menjalankan. Nah, kalau asal-asalan, ya, sudah pasti apa yang kamu lakukan adalah hal sia-sia.

Eits, tapi jangan berputus asa dulu, guys. Kami akan menjelaskan 3 tahapan penting yang harus kamu terapkan dalam sosial media campaign, yakni ToFu, MoFu dan BoFu, yang akan sangat berpengaruh pada keefektifitasan kampanye yang kamu lakukan.

ToFu (Top of the Funnel)

Sumber Gambar : reviewed.com

Well, emang namanya mirip dengan makanan kaya nutrisi dengan tekstur lembut. Tapi jangan salah, guys, ada peran penting yang dimiliki si ToFu ini dalam setiap strategi kampanye di media sosial, lho.

Sebelum lanjut, perlu kamu ketahui bahwa strategi sosial media campaign itu memiliki bentuk mirip corong (funnel). Ada 3 bagian dari corong tersebut, yakni bagian atas, tengah dan bagian paling bawah. Tahapan-tahapan ini adalah gambaran bahwa ada urutan yang harus kamu lalui jika ingin berhasil dalam penerapan kampanye di media sosial.

ToFu atau top of the funnel merupakan bagian atas yang memiliki mulut corong. Dan memang selayaknya sebuah corong, jumlah audiens ToFu ini banyak banget, guys. Mereka biasanya adalah audiens yang berpotensi atau memiliki masalah tertentu, hanya mereka bingung gimana cara menyelesaikannya.

Inilah tugas tahapan ToFu. Melalui tahapan ini kamu bisa membangun brand awareness agar audiens menjadi sadar pada keberadaan merekmu. Kamu bisa mulai dengan memberikan edukasi atau sekedar informasi mengenai bisnismu.

Baca Juga :   Sangat Diidamkan, Ini Dia 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Kerja di Startup

Yang perlu diingat adalah, jangan pernah menaruh harapan besar produk atau jasamu langsung dibeli oleh mereka di tahapan awal ini.

MoFu (Middle of the Funnel)

 

Sumber Gambar : depositphotos

Tahapan selanjutnya setelah mulut corong adalah bagian tengah corong, yang dalam strategi social media campaign berarti adanya penurunan angka pada jumlah audiens yang jadi target pemasaranmu. Ini adalah hal yang normal terjadi, jadi kamu nggak perlu takut. Karena di tahapan ini audiens sudah memiliki keyakinan besar terkait permasalahan yang mereka hadapi.

Inilah saatnya mereka mencari solusi apa yang harus dilakukan. Yang jadi tantangan besar dalam tahapan ini adalah sanggupkah kamu meyakinkan audiens bahwa merekmu lebih unggul dibandingkan dengan brand-brand yang lain. Hal yang harus kamu lakukan pada tahapan MoFu adalah terus menghujani targetmu dengan berbagai edukasi dan informasi mengenai brand-mu. Dan jangan lupa menyampaikan alasan mengapa mereka harus memilih produk atau jasamu sebagai solusi dari masalah mereka.

BoFu (Bottom of the Funnel)

Social Media Campaign

Sumber Gambar : choice.com

Dan tibalah kamu di tahapan terakhir dari social media campaign yang paling menentukan, nih, guys, yakni BoFu atau bottom of the funnel. Di tahap ini kamu sudah bisa melihat bahwa tujuan audiens makin spesifik. Targetmu sudah mengetahui brand-mu tentang apa, produk dan jasa apa yang ditawarkan brand-mu, fitur-fitur apa saja yang dimiliki produk dan jasamu serta apa keunggulan produk dan jasamu dibandingkan dengan produk dan jasa dari brand kompetitor.

Untuk mendorong mereka melakukan pembelian, kamu bisa memberikan harga promo, free gift atau free trial, demo penggunaan produk atau pun apa pun yang bikin mereka tertarik membeli sekarang juga.

 

Itulah ketiga tahapan terpenting dalam kampanye media sosial yang harus kamu terapkan untuk mengoptimalkan strategi marketing online-mu di era serba modern ini.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Pengertian Model Bisnis B2C dan Jenis B2C yang Paling Populer

Creativepreneur and Career

Wajib Catat, 5 Aplikasi Untuk Memperkuat Bisnis Kamu!

Creativepreneur and Career

Tips Bekerja dengan Influencer agar Efektif Menjangkau Audiens dan Meningkatkan Penjualan

Creativepreneur and Career

5 Tips Mudah untuk Menjadi Social Media Manager Profesional