Creativepreneur and Career

Tips Bisnis F&B untuk Pemula Yang Wajib Diketahui Jika Ingin Sukses Usaha Kuliner

Menjadi seorang pengusaha yang sukses adalah impian terbesar dari banyak anak muda di jaman sekarang? Tapi yang jadi masalah utama adalah, kamu perlu tips mengenai bisnis apa yang harus dijalankan dan yang pasti dicari pembeli dan nggak cuma ramai musiman doang. Salag satu jawabnya adalah usaha kuliner atau F&B.

Lalu dibandingkan dengan jenis bisnis yang lain, bisnis food and beverage dijamin nggak bakal pernah sepi pelanggan. Karena sebagai manusia, setiap hari kita pasti butuh makan, iya nggak? Nah, ide olahan makanan itu ada banyak banget.

Nggak perlu bingung mau jualan yang mana. karena salah satu yang bisa kamu coba adalah dengan usaha bisnis F&B. Eits, tapi tunggu dulu, Genk, karena meski terlihat sederhana, ternyata ada banyak banget hal yang harus kamu rencanakan dan dipersiapkan untuk merintis usaha F&B, lho.

Nah, di bawah ini adalah 5 tips bisnis F&B bagi pemula yang wajib kamu terapkan:

  1. Menentukan Target Pasar

Sumber Gambar : wisdom-trek.com

Poin utama yang penting banget untuk kamu pertimbangkan saat pertama kali mulai bisnis kuliner adalah menentukan target pasar dulu. Karena yang namanya target pasar adalah acuan dasar bagaimana nantinya kamu menggunakan strategi marketing, GenK.

Contohnya, jika kamu menargetkan anak-anak sekolah atau kalangan mahasiswa, pastikan produk yang kamu jual sesuai dengan selera dan kantong mereka. Jangan terlalu mahal, ya!

  1. Menemukan Supplier Bisnis F&B yang Tepat

Sumber Gambar : william-reed.com

Jika ingin unggul dari penjual makanan lainnya, pastikan kamu mengutamakan cita rasa dari olahan yang kamu tawarkan, GenK. Dan untuk menjaga kualitas produk yang kamu jual, pastikan beli bahan-bahan dasar yang benar-benar memenuhi standar kualitas produkmu.

Sebelum menentukan supplier mana yang nantinya akan memasok seluruh kebutuhan tokomu, jangan ragu untuk melakukan riset terlebih dahulu. Langkah ini penting untuk mengetahui kualitas bahan dasar yang mereka tawarkan dan juga harga belinya.

Karena jika harga beli bahan-bahan dasar saja sudah terlalu mahal, kamu jadi kesulitan menentukan harga jualnya, lho.

  1. Menentukan Lokasi Usahamu

Tips bisnis F&B

Sumber Gambar : moneycrashers.com

Tips bisnis F&B selanjutnya yang nggak kalah penting dan harus kamu perhatikan adalah lokasi jualanmu. Jangan main-main dalam menentukan lokasi, lho. Karena pemilihan lokasi yang tepat akan membantumu meraih sukses sebagai pemilik bisnis kuliner anyaran.

Baca Juga :   Pecha Kucha : Metode Presentasi yang Unik dan Efektif

Gampangnya, kamu bisa menyesuaikan lokasi usahamu dengan target pasarmu, kok. Misalnya, jika target pasarmu adalah anak sekolahan atau mahasiswa, lokasi terbaik untuk berjualan adalah di sekitar sekolah atau kampus. Demikian juga jika target pasarmu adalah pekerja kantoran atau pun emak-emak.

Nggak perlu mencari tempat yang mewah dan serba sempurna. Yang paling penting adalah kebersihan, kemudahan akses dan ketersediaan lahan parkir.

  1. Berkala Melakukan Inovasi Produk

Tips bisnis F&B

Sumber Gambar : greekcitytimes.com

Sebagai pengusaha F&B pemula, kamu harus tahu, GenK, kalau tren di dunia kuliner terus berubah. Alasannya, kita gampang banget bosan. So, kalau menu-menu yang kamu jual cuma itu-itu aja, pelanggan bisa-bisa pergi ke tempat lain yang berani berinovasi dengan resep-resep unik yang nggak kalah menggugah selera. Jadi, jika kamu ingin bisnismu terus maju dan berkembang, jangan takut untuk mencoba resep-resep viral yang lagi tren di pasaran saat ini.

  1. Mengatur Aliran Dana

Tips bisnis F&B

Sumber Gambar : completecontroller.com

Finally yet importantly, adalah mengatur keuangan, baik itu aliran dana masuk atau pun keluar. Peraturan ini nggak cuma berlaku untuk kamu-kamu yang ingin memulai bisnis di bidang F&B saja, GenK, tapi juga setiap industri bisnis. Pastikan kamu mencatat seluruh pengeluaran dan juga pemasukan. Dan memang sih, mengolah data-data yang berkaitan dengan angka-angka ini hingga menjadi laporan keuangan dibutuhkan skill khusus.

So, untuk kamu yang merasa belum mampu melakukannya, nggak ada salahnya merekrut orang yang ahli di bidang keuangan. Karena mengatur keuangan sebuah bisnis jauh lebih rumit daripada mengatur keuangan pribadi kamu. Dan kalau ada kesalahan, sekecil apa pun, hal tersebut bisa mendatangkan kerugian besar bagi bisnismu.

Itulah 5 tips bisnis F&B yang perlu kamu terapkan jika ingin menjemput sukses sebagai pemula.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Yuk, Belajar Content Marketing Sebagai Strategi Efektif untuk Menarik Customer

Creativepreneur and Career

Kenali Perbedaan Marketing dan Advertising Biar Nggak Rancu

Creativepreneur and Career

4 Manfaat Dari Penggunaan Brand Avatars Yang Harus Kamu Tahu

Creativepreneur and Career

Strategi Marketing Visual untuk Promosi yang Efektif di Era Digital