Creativepreneur and Career

Biar Makin Solid, Lakukan Tips Ini Untuk Menjadi Team Leader

tips menjadi tema leader

Menjadi seorang leader atau pemimpin bukanlah hal yang mudah. Ada tanggung jawab dan risiko yang harus diambil. Kamu yang berada pada posisi ini bukanlah orang sembarangan karena kamu sudah dipercaya untuk mengembannya. Hal yang perlu kamu lakukan setelahnya tidak lain adalah memperjuangkan tugas dalam posisi tersebut. Tidak masalah jika kamu masih pertama mengemban posisi ini karena semua bisa dipelajari. Berikut ini adalah lima tips untuk kamu yang ingin menjadi team leader yang baik.

1. Percaya Diri

tingkat rasa percaya diri

sumber: unsplash.com

Jika pun kamu masih pertama menduduki posisi ini, tidak perlu takut untuk mengambil keputusan selanjutnya. Jadilah percaya diri dan ibaratkan kamu memahami betul posisimu meski secara sadar kamu masih butuh banyak belajar. Percaya diri akan membuatmu lebih mudah diterima dan dihormati oleh anggota tim, aura pemimpin kamu pun akan semakin bertambah. Hal ini akan memudahkan kamu untuk mengarahkan dan membawa timmu pada tujuan yang pasti. Selain itu, rasa percaya diri juga bisa menular sehingga suasana tim yang lebih optimis meraih tujuan akan tercipta.

2. Punya Visi yang Jelas

membuat visi misi

sumber: unsplash.com

Ketika menjadi seorang pemimpin, kamu harus memiliki tujuan atau visi yang jelas. Tujuan ini bisa dibagi menjadi satu tujuan utama yang besar dan tujuan-tujuan kecil yang menyertainya. Utarakan visi ini kepada semua anggota tim dan pastikan mereka paham. Jika kamu dan tim memiliki satu visi yang sama maka akan lebih mudah untuk mencapai target-target yang ditentukan. Tidak lupa, atur pula misi-misi kecil yang jelas untuk mencapai visi tersebut.

Baca Juga :   Apa Kamu Punya Jiwa Pemimpin yang Baik? Ikut Tes Ini Yuk!

3. Buat Sistem yang Rapi dan Terorganisir

kelola sistem

sumber: unsplash.com

Bekerja secara tim akan membuat pekerjaan semakin kompleks. Pekerjaan setiap orang bisa jadi berbeda tergantung kompetensi masing-masing. Meskipun begitu, semua tim harus tetap dalam koordinasi yang sama. Hal ini akan lebih mudah dilakukan jika kamu memiliki sistem yang rapi dan terorganisir. Semua tugas dan dokumen yang dikerjakan tim sebaiknya tersistem secara rapi dalam satu tempat. Jika kamu melakukannya secara digital maka akan lebih mudah mengatur semuanya dalam satu tempat yang bisa diakses semua secara lebih rapi.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

5 Cara Super Simple untuk Bikin Konten LinkedIn Banjir Likes dan Comments

Creativepreneur and Career

6 Tips Memulai Bisnis Online Untuk Pelajar, Pegawai dan Ibu Rumah Tangga!

Creativepreneur and Career

Tips Mengelola Banyak Akun Media Sosial Biar Kamu Makin Cuan

Creativepreneur and Career

Pengertian Model Bisnis B2C dan Jenis B2C yang Paling Populer