Creativepreneur and Career

Trik Sukses Strategi Marketing di Era Modern Lewat Iklan Gratis

strategi-marketing

Menjalankan bisnis tentunya nggak bakal lepas dari yang namanya strategi marketing alias pemasaran. Penting banget, lho, kita menentukan gimana caranya agar produk atau layanan yang kita miliki diketahui oleh banyak orang.

Dan untungnya kita hidup di era modern, di mana ada banyak banget kesempatan untuk memaksimalkan strategi pemasaran. Salah satunya dengan iklan gratis.

Tren Marketing Terus Berkembang

Strategi Marketing

Ilustrasi Trend Marketing (Sumber : dealsinsight.com)

Bandingkan teknik pemasaran di jaman sekarang dengan puluhan tahun yang lalu. Dulu bisnis lebih efektif jika dipasarkan lewat iklan-iklan di koran, papan reklame. Dengan teknologi yang semakin maju, dan tren marketing pun ikut berubah. Promosi mulai dilakukan lewat radio dan televisi. Lalu sekarang, di mana media sosial lebih populer, maka strategi marketing juga bergeser.

Dengan kemudahan mengases sesuatu melalui media sosial lewat smartphone, kini pemasaran jauh lebih efektif apabila dilakukan melalui berbagai platform media sosial ketimbang koran atau bahkan televisi.

Promosi Sangat Mempengaruhi Bisnis

Strategi Marketing

Ilustrasi Promosi (Sumber : katarsa.id)

Promosi yang merupakan bagian dari strategi pemasaran, membawa pengaruh besar dalam meningkatkan brand awareness konsumen. Ada tiga sifat yang dimiliki oleh promosi penjualan, yakni komunikatif yang tujuannya untuk mengedukasi dan menarik perhatian target, insentif yang bertujuan mempengaruhi pelanggan melalui nilai dan keunikan tertentu, serta mengundang yang dimaksudkan agar pembelian terjadi ketika atau pun setelah promosi.

Sementara itu, tentang strategi marketing, jenisnya dibagi menjadi 4 berdasarkan tujuan, yakni periklanan, penjualan langsung, publikasi dan promosi penjualan.

Baca Juga :   Teknik Guerilla Marketing, Kiat Sukses Gaet Banyak Viewer

Promosi Online dengan Iklan Gratis

Strategi Marketing

Ilustrasi Promosi Online (Sumber : amazonaws.com)

Promosi online adalah strategi marketing paling disukai di era modern dan serba canggih seperti sekarang ini. Ada dua jenis strategi promo online yang bisa kamu pilih, yakni gratisan dan berbayar.

Untuk strategi promosi online gratis yang juga disebut dengan istilah strategi organik, adalah teknik promosi yang bisa dilakukan tanpa biaya sepeser pun. Sementara jenis berbayar adalah promosi yang memanfaatkan fitur-fitur iklan berbayar, guys.

Dari dua pilihan tersebut, sebagai pelaku bisnis, tentunya ingin menekan pengeluaran seminimal mungkin, kan? So, nggak heran kalau strategi pemasaran online gratis jadi pilihan banyak orang, terutama mereka yang baru terjun ke dunia bisnis.

Gimana Cara Memanfaatkan Iklan Gratis?

Promosi Online

Ilustrasi Promosi Online (Sumber : promote.agency)

Nggak perlu memusingkan pengeluaran jika kamu tahu trik memanfaatkan iklan gratis secara online untuk strategi marketing. Jadi, meski anggaran pemasaranmu terbatas, dengan teknik ini kamu tetap bisa meningkatkan penjualan secara efektif.

        1. Manfaatkan Media Sosial

Promosi Online

Promosi di Media Sosial (Sumber : Pinterest)

Seperti kita tahu, di era milenial seperti sekarang, media sosial memegang pengaruh yang sangat besar, termasuk dalam dunia bisnis. So, nggak ada salahnya kamu memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan bisnismu.

Lewat Facebook, Twitter, Instagram, bahkan TikTok, kamu bisa lebih cepat dan efektif mengiklankan produk kamu.

         2. Bikin Website Brand

promosi online

Website Brand (Sumber : images.complex.com)

Tingkatkan kepercayaan calon pembeli dan followers-mu di media sosial dengan membuat website brand. Berikan informasi lengkap tentang brand-mu, sertakan produk dengan foto atau video dan berbagai keterangan detail, termasuk harga.

Dengan website, kamu nggak perlu keluar modal untuk membuka toko offline yang tentunya bakal mahal.

         3. Optimalkan SEO di Website-mu

Optimasi SEO

Optimasi SEO Website (Sumber : Watsonmarketing.co.uk)

Ini nggak kalah penting untuk mengundang pengunjung datang ke website-mu. Buatlah konten menarik yang dilengkapi dengan keyword-keyword populer yang berhubungan dengan bisnismu. Kamu juga bisa mengoptimalkan SEO di website dengan link building serta social sharing.

Nah, itulah tips strategi marketing online untuk meningkatkan penjualan lewat iklan gratis. Siap mencoba?

Baca Juga :   Cara Membuat Video Iklan Produk untuk Pemula
About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Mindset Pengusaha Sukses yang Bisa Kamu Terapkan dalam Kehidupan

Creativepreneur and Career

Memahami Manajemen Risiko Agar Bisnismu Berjalan Lebih Lancar

Creativepreneur and Career

Mengenal Hak Merek dan Efek Pentingnya untuk Bisnis

Creativepreneur and Career

Cara Meningkatkan Skill Storytelling Marketing yang Harus Kamu Ketahui