5 Rekomendasi Jenis Usaha Tanpa Modal lewat Online

Dibaca Normal: 4 menit aja
usaha tanpa modal

Sudah bekerja setiap hari sebagai pegawai di perusahaan ternyata penghasilannya tetap tidak mencukupi kebutuhanmu. Mungkin kamu mesti mulai mencari pekerjaan sampingan. Di sini kami akan membagikan 5 jenis usaha tanpa modal. Yuk disimak!

Mengajukan pinjaman untuk dijadikan modal bisnis sebenarnya sah-sah saja, tapi kenapa tidak kalau ternyata ada banyak pilihan usaha tanpa modal?

Buat kamu yang baru mulai terjun ke dunia bisnis, kami punya rekomendasi jenis usaha sampingan tanpa modal yang dapat dilakukan secara online. Cocok buat kamu yang tidak punya waktu luang atau sekadar mager. Yuk kita simak jenis-jenisnya! 😁

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Influencer di Media Sosial

Usaha tanpa modal yang pertama akan kami bahas adalah menjadi seorang influencer di media sosial. Pekerjaan sebagai influencer santer terdengar beberapa tahun belakangan, bahkan menjadi tren baru terutama di kalangan anak muda.

usaha tanpa modal

Menjadi influencer kecantikan (sumber: liputan6.com)

Bila kamu adalah seseorang yang sangat aktif bermain di media sosial, tidak ada salahnya untuk menjajaki dunia influencer. Jadikan kegemaranmu mengunggah video di YouTube, foto-foto di Instagram, atau kalimat jenaka di Twitter menjadi modal awal untuk menjadi seorang influencer. Lumayan banget untuk mendapat penghasilan tambahan.

Sebelumnya kami pernah membahas tentang cara menjadi influencer. Hal pertama yang wajib menjadi fokusmu adalah pemilihan kategori yang cocok dengan kepribadianmu. 

Kamu tidak perlu membeli followers, tetap konsisten mengunggah konten dan pintar memilih hashtag dapat menjadi trik jitu untuk menambah organic followers. Lama kelamaan akunmu pasti akan berkembang dengan sendirinya. Sehingga tidak ada lagi yang namanya minder buat jadi influencer karena followers masih sedikit. 

Baca Juga
5 Jenis Bisnis Kuliner Kekinian Tanpa Modal Banyak

Menulis Blog

Jangan sia-siakan kemampuan menulismu, bisa jadi kemampuan inilah yang membawa pundi-pundi rupiah kepadamu suatu hari nanti, GenK. Bisnis sampingan ini benar-benar tidak memerlukan modal sama sekali, karena blogging merupakan cara termurah untuk mendapatkan pemasukan. 😱

usaha tanpa modal

Menulis blog (sumber: unsplash.com)

Andalkan platform blog gratis seperti blogspot.com, karena di sana kamu bisa menulis apa saja dan kapan saja. Hanya saja kamu harus pintar-pintar memilih topik konten supaya traffic tetap tinggi. Tips dari kami, pilihlah topik yang sedang hangat diperbincangkan atau membahas tren yang dikemas secara fresh supaya pembaca tidak merasa jenuh. 

Apabila blog-mu semakin berkembang, itulah waktu yang tepat untuk memasang iklan. Dengan memasang iklan, setiap ada pengunjung yang mengklik iklan tersebut, maka kamu bakal menerima sejumlah uang. Semakin banyak pengunjung yang melihat iklan di lamanmu, semakin banyak pula uang yang dapat kamu kumpulkan. 

Tertarik untuk menjalani bisnis yang satu ini? 😉

Baca Juga
7 Jenis Profesi Buat Kamu yang Hobi Menulis

Berbisnis di Marketplace

Marketplace adalah situs web atau aplikasi online yang menyediakan fasilitas jual-beli dari berbagai nama toko. Salah satu yang menjadi alasan mengapa marketplace terkenal adalah kemudahan dan kenyamanannya saat digunakan. Kamu jadi tidak perlu lagi repot-repot pergi berbelanja ke mall atau toko.

Terus apa hubungannya dengan usaha online tanpa modal?

marketplace

Ilustrasi marketplace (sumber: fixxgroup.in)

Menjual barang di marketplace memberikan peluang yang lebih tinggi untuk menemukan pelanggan daripada harus berjualan di media sosial lainnya yang tergantung dengan jumlah followers. Hal ini karena jumlah pengunjung di marketplace merupakan pembeli yang sudah pasti membutuhkan sesuatu. 👍

Di sini kamu juga dapat memasarkan barang hasil keterampilan buatanmu atau barang yang didapatkan sebagai dropshipper. Misalnya kamu membuat kerajinan dari batok kelapa atau mungkin kerajinan dari sabun. Tidak main-main, omzet yang didapat kemungkinan akan jauh lebih besar daripada jika kamu menjual barang di media sosial lainnya.

Baca Juga
Baru Mulai Bisnis? Yuk Baca Cara Jualan Online Lengkap!

Menjadi Mobile Photographer

Suka memotret milky way?

Atau suka memotret makanan?

Teknologi yang sudah berkembang memungkinkan kamu untuk memotret dengan kualitas yang bagus meski hanya lewat ponsel genggam. Berarti tidak ada lagi alasan untuk takut terjun ke dunia fotografi karena terhalang keterbatasan alat. Cukup gunakan kamera ponsel dan ckrek

usaha tanpa modal

Memotret dengan ponsel (sumber: pexels.com)

Menjadi mobile photographer merupakan salah satu jenis usaha tanpa modal buat kamu yang gemar dan punya skill memotret. Sebelum itu, perkuat portofolio milikmu yang diunggah di media sosial. Salah satu platform yang cocok untuk mengunggah foto-foto kece hasil jepretanmu adalah Instagram. 

Buat kamu yang ingin mendalami bidang fotografi yang satu ini, yuk baca tentang dasar-dasar mobile photography di artikel yang pernah kami tulis sebelumnya.

Baca Juga
Mengabadikan Keindahan Galaksi dengan Cara Foto Milky Way

Membuka Jasa Desain Grafis

Tidak semua orang memiliki keterampilan mendesain. Inilah saatnya menggunakan skill mendesainmu untuk dijadikan sebagai sumber penghasilan. Apalagi kalau kamu punya jam terbang yang tinggi sejak kuliah, pasti portofoliomu bakal lebih banyak, GenK.

usaha tanpa modal

Menggambar digital (sumber: unsplash.com)

Sistemnya mirip seperti freelancer. Kamu dapat mencari klien secara online melalui beberapa situs web desain di Indonesia. Namun kamu bisa saja mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi untuk pasar internasional. Di sana kamu dapat memasang tarif yang lebih tinggi.

Untuk dapat memulai bisnis sampingan tanpa modal ini, kamu hanya memerlukan alat gambar, koneksi internet, dan keterampilan dalam mendesain. Untuk masalah harga tergantung bagaimana persetujuanmu dengan klien. Biasanya harga disesuaikan dengan tingkat kesulitan desain yang diminta klien, GenK. 😏


Itu dia 5 rekomendasi jenis usaha tanpa modal yang worth it untuk dicoba. Jadi, tidak perlu bingung lagi deh untuk memilih pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan secara online. Sebelumnya kami juga pernah membahas tentang cara jualan online buat kamu yang baru mulai berbisnis. 

Polling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Creativepreneur and Career

Tips dan Trik Cara Menjadi Digital Nomad Abad ke-21

Creativepreneur and Career

Membuat SMART Goals, Cara Anti Gagal untuk Meraih Mimpimu

Creativepreneur and Career

3 Tips Cara Parafrase Ampuh Supaya Tulisanmu Bebas Plagiat

Creativepreneur and Career

Mengenal Apa Itu Copyright, Anak Kreatif Wajib Tahu

Creativepreneur and Career

Ingin Duit Tambahan? Cobain 9 Pekerjaan Sampingan untuk Mahasiswa Ini

Creativepreneur and Career

Pecha Kucha : Metode Presentasi yang Unik dan Efektif

Quizzes

Slider
      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>