Creativepreneur and Career

Strategi Viral Marketing, Kunci Usaha Maju di Era Modern

viral-marketing

Viral marketing adalah hal yang umum banget kita temukan dalam dunia pemasaran, terutama di tengah perkembangan teknologi yang begitu gencar, di mana kamu bisa nge-viralin sebuah konten berupa tulisan, audio hingga video melalui media sosial.

Cara ini memungkinkan kamu pemilik usaha untuk bisa mempromosikan produk atau jasa melalui pesan berantai atau pesan ‘dari mulut ke mulut’.

Eits, tapi praktiknya nggak segampang itu, loh, GenK! Biar kamu nggak salah arah, yuk, intip informasi tentang strateginya selengkapnya di bawah ini.

Viral Marketing, Apa sih, Itu?

mengenal-viral-marketing

Mengenal teknik pemasaran yang bikin viral (Sumber: dreambigcreative.net)

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, viral marketing adalah sebuah strategi untuk mempromosikan produk atau jasa melalui iklan. Bedanya pemasaran viral dengan strategi marketing lainnya terletak pada audiens yang jadi promotor untuk menyebarkan iklan lebih cepat nggak pakai waktu lama.

Lalu, kenapa mereka bisa dengan sukarela dan tanpa paksaan ikut berperan dalam bagian dari strategi pemasaran viral dan nyebarin iklan atau konten ke orang lain? Alasannya adalah pengalaman pribadi yang dirasakan setelah pakai produk atau jasa suatu brand atau lantaran mereka terpengaruh oleh pesan yang muncul dari suatu konten.

Nah, untuk itulah seorang marketer dituntut harus kreatif, sehingga mereka bisa menciptakan iklan atau konten yang bisa ‘menggoda’ audiens untuk mem-viral-kannya.

Apa Tujuan Strateginya?

tujuan-pemasaran-viral

Membuat marketing yang bisa dijangkau banyak audiens dalam waktu cepat (Sumber: michellembuthihome.files.wordpress.com)

Teknik pemasaran viral paling umum menggunakan media sosial, seperti Instagram, Twitter atau Facebook, karena audiens bisa dengan mudah dan cepat nyebarin. Tapi jangan salah, GenK, karena banyak juga media offline yang dapat kamu manfaatin untuk menjalankan strategi ini, lho. Seperti televisi, papan billboard, majalah dan yang lainnya.

Dibandingkan dengan marketing strategy lain, pemasaran viral ini punya hasil yang lebih efektif untuk menunjang brand awareness, loh. Hebatnya, dengan viral marketing kamu bisa ‘nyales’ nggak pakai repot.

Baca Juga :   Teknik Guerilla Marketing, Kiat Sukses Gaet Banyak Viewer
About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Ketahui Yuk, 4 Cara Mempertahankan Pelanggan dengan Meningkatkan Kualitas Pelayanan

Creativepreneur and Career

Manajemen Aset From A to Z, Ini Hal yang Perlu Kamu Tahu

Creativepreneur and Career

Mindset Pengusaha Sukses yang Bisa Kamu Terapkan dalam Kehidupan

Creativepreneur and Career

Memahami Manajemen Risiko Agar Bisnismu Berjalan Lebih Lancar