Creativepreneur and Career

Memahami Word of Mouth Marketing. Solusi Promosi Gratis

word-of-mouth-marketing

Salah satu strategi pemasaran yang paling efektif adalah word of mouth marketing. Strategi ini menggunakan cara yang cukup unik, tapi memberikan hasil yang luar biasa. Caranya sederhana tapi bisa mendatangkan hasil jangka panjang untuk bisnismu. Biar lebih paham tentang strategi ini, yuk, simak ulasan selengkapnya.

Pengertian Word of Mouth

ilustrasi-word-of-mouth

Pengertian strategi marketing word of mouth (Sumber: unsplash.com)

Menurut laman Kayako, Word of mouth marketing adalah kegiatan sederhana dengan memberikan informasi kepada orang yang sudah dikenal. Sering kali aktivitas ini menjadi cara pemasaran dengan merekomendasikan produk kepada orang-orang di dalam kelompoknya sendiri.

Sederhananya, word of mouth merupakan salah satu strategi pemasaran brand dengan cara gratis dan dilakukan oleh pelanggan setianya baik secara sadar maupun tidak. Sebab, pelanggan setiamu bakal senang bercerita tentang pengalaman mereka, saat menggunakan produk dan layananmu. Para pelanggan inilah yang melakukan marketing untuk brand kamu.

Kelebihan Word of Mouth

kelebihan-marketing-dari-mulut-ke-mulut

Kelebihan strategi dari orang ke orang (Sumber: unsplash.com)

Berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan di website resmi Nielsen, 92% orang lebih percaya rekomendasi produk dari orang-orang terdekatnya. Maka dari itu, word of mouth marketing  bisa memberimu keuntungan berikut.

Baca Juga :   3 Cara Gampang Membuat Branding? Pelajari Manusia Dulu

1. Bagus untuk Branding

Kamu perlu melakukan branding, tujuannya untuk membangun brand supaya semakin dikenal banyak orang. Nggak cuma melalui media sosial dan platform lainnya, kamu juga bisa mengandalkan word of mouth. Strategi ini bakal membuat brand kamu semakin terpercaya dan juga terkenal.

2. Membangun Kepercayaan

Pelanggan yang puas terhadap produk serta layanan kamu pasti senang menceritakannya ke orang lain. Terjadilan word of mouth karena kepuasan pelanggan tersebut. Dari sini, pelanggan bakal semakin percaya kepada brand kamu. Mereka bahkan merekomendasikannya ke orang-orang terdekat.

3. Biaya yang Dibutuhkan Minim

Ini salah satu kelebihan utama word of mouth. Biaya yang digunakan minim sehingga perusahaanmu nggak perlu mengeluarkan banyak bujet untuk marketing. Akan tetapi, biar word of mouth bisa tetap berjalan lancar, lakukan strategi untuk memberikan apresiasi kepada pelanggan. Salah satunya seperti memberikan reward barang atau layanan gratis untuk pelanggan yang loyal.

Baca Juga :   Teknik Guerilla Marketing, Kiat Sukses Gaet Banyak Viewer
About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Tips Strategi Inbound Marketing Agar Brand Kamu Makin Terkenal

Creativepreneur and Career

Catat Tips Pemasaran Lewat IGTV Biar Bisnismu Cepat Dikenal

Creativepreneur and Career

Kursus Digital Marketing Paling Recommended Buat Pemula

Creativepreneur and Career

Tips Memulai Bisnis Digital Agency, Bisnis Dengan Peluang Besar 2021