Creativepreneur and Career

Yuk, Belajar Content Marketing Sebagai Strategi Efektif untuk Menarik Customer

Jaman sekarang, ada banyak sekali pelanggan yang suka banget menilai produk yang dibeli, di mana mereka akan share pengalaman mereka secara online. Makanya kamu harus selalu siap memberikan produk dan pelayanan yang terbaik biar customer kamu nggak kecewa. Tapi, justru inilah yang memudahkanmu untuk bikin content marketing. Karena kamu bisa membuat user generated content, yaitu konten original yang bertujuan mempromosikan brand kamu ke customer. Jadi, kamu bikin content buat promosi ke customer. Biar lebih paham, kita simak aja ulasannya disini.

Macam-Macam User Generated Content

  1. Konten Media Sosial

user generated content

Sumber Gambar : unsplash.com

Orang-orang terbiasa sharing tentang aktivitas mereka di media sosial. Mulai dari kegiatan liburan dan hotel tempat menginap, kulineran ke tempat makan unik, belanja baju baru, apapun di-share. Menurut BusinessInsider, masyarakat memposting dan sharing 1,8 miliar foto di sosmed setiap hari.

Selain foto, media sosial juga dipenuhi konten video, baik durasinya panjang maupun pendek. Di setiap postingan, biasanya pasti ada brand kesukaan customer yang mereka share.

  1. Review dan Testimoni

user generated content

Sumber Gambar : unsplash.com

Di setiap website e-commerce atau situs jual-beli online, pasti ada kolom untuk menuliskan review produk. Nah, Review positif ini nantinya bakal menambah nilai suatu produk. Begitu juga penjualannya bakal meningkat. Terus, selain e-commerce atau toko online, website lainnya juga pasti menyediakan kolom komentar, di mana orang-orang bebas menyampaikan opini mereka.

Testimoni ini penting banget buat website bisnis. Baik itu B2B (business to business) atau B2C (business to customer). Karena manusia punya insting alami untuk mempercayai apa yang diyakini oleh orang lain, yang sudah lebih dulu memberi testimoni. Menurut penelitian dari AdWeek, user generated content bisa meningkatkan penjualan lewat website, sampai 29%.

  1. Live Stream

Sumber Gambar : unsplash.com

Kamu sekarang bisa streaming Instagram live, video call dan masih banyak lagi. Bahkan, gampang banget karena sudah ada koneksi internet dengan kecepatan tinggi. Nah, salah satu produk yang bagus untuk content marketing adalah video dengan durasi panjang, tentang diskusi, review produk dan lain sebagainya.

Baca Juga :   Asah Jiwa Kepemimpinan dengan 5 Hal Ini dan Raih Kesuksesanmu

Sekarang yang makin populer adalah video live stream. Penontonnya meningkat drastis. Menurut StreamingMedia, video streaming meningkat sampai 72% di antara tahun 2018 dan 2019.

Keuntungan User Generated Content untuk Brand

  1. Untuk Social Proof

Sumber Gambar : unsplash.com

 

Kalau orang-orang sering memberikan review positif tentang brand kamu, maka ini bisa jadi social proof yang sangat bermanfaat buat bisnismu. Menurut HubSpot, 50% orang bakal mengunjungi suatu website setelah mereka membaca social proof ini. Optimalkan dengan landing page yang dilengkapi dengan CTA (call to action) seperti contohnya ajakan mendaftar atau berlangganan.

  1. Sumber Insight dan Informasi

user generated content

Sumber Gambar : unsplash.com

Dengan memanfaatkan analisis UGC, kamu bisa jadi lebih kompetitif. Kamu tahu apa pemikiran customer tentang brand kamu. Kamu paham apa yang mereka suka dan nggak suka. Dari sini, kamu jadi lebih mudah mendapatkan traffic organik. Menurut laporan dari Stackla, 20% konsumen unfollow brand karena kontennya nggak original. Makanya, bikin konten yang bener-bener original dilengkapi insight dari analisis data tadi. Ini bakal mengoptimalkannya.

  1. Meningkatkan Performa SEO

Content Marketing

Sumber Gambar : unsplash.com

Search Engine Optimization membantu website kamu biar lebih kelihatan. Artinya, bisa bikin peringkat website kamu naik di hasil pencarian Google. Jadi, website-mu muncul di halaman pertama. Nah, dengan user generated content, kamu akan sangat terbantu. Menurut analisis dari SearchEngineJournal, jumlah kunjungan web bisa meningkat sampai hampir dua kali lipat, saat ada customer review-nya.

Sepenting itulah user generated content. Strategi ini termasuk dalam content marketing, dan bakal efektif kalau kamu terapkan buat website kamu. Good luck!

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Tips Memulai Bisnis Digital Agency, Bisnis Dengan Peluang Besar 2021

Creativepreneur and Career

Langkah dan Alasan Kenapa Kamu Perlu Membuat Business Plan

Creativepreneur and Career

Giveaway, Strategi Marketing Jitu Yang Wajib Dipelajari!

Creativepreneur and Career

Kamu Punya Toko Online? Perhatikan Risiko Keamanan Ini