Creativepreneur and Career

Yuk, Kembangkan dan Populerkan Merek-mu dengan Strategi Jitu Testimonial Marketing

Ada banyak banget jenis pemasaran yang bisa kita gunakan untuk mengenalkan brand kepada calon pembeli. Dan dari semuanya, testimonial marketing adalah salah satu strategi yang nggak kalah ampuh untuk mengembangkan bisnis yang kamu jalani, lho. Pernah dengar strategi testimonial marketing?

Well, memang kalau dibandingkan content marketing, strategi ini nggak terlalu terkenal, sih. Tapi jangan salah, guys, karena nggak sedikit pebisnis yang mengandalkannya. Yuk, simak lebih dalam tentang apa itu strategi testimonial marketing yang disebut-sebut rahasia dalam pemasaran dengan biaya rendah.

Strategi Testimonial Marketing, Apa Itu?

Sumber Gambar : glints.com

Nah, sebelum terjun langsung dan mempraktekkan seperti apa strategi marketing ini, kamu harus paham dulu tentang apa yang dimaksud dengan strategi testimonial marketing, guys.

Kalau menurut Text Broker, testimoni dalam strategi marketing merupakan komentar positif yang berkaitan dengan suatu produk, jasa atau merek dan biasanya diberikan oleh mereka-mereka yang sudah pernah menggunakan produk atau jasa tersebut.

So, dari pengertian itu yang dimaksud testimonial marketing itu adalah cara yang digunakan oleh pemilik bisnis dengan bantuan orang biasa, selebriti terkenal atau influencer dengan jutaan follower untuk membuat audiens yakin dengan produk, jasa atau merek yang kamu tawarkan. Dalam ilmu pemasaran, testimonial marketing berguna untuk mendorong orang membeli, menguatkan kredibilitas brand, produk atau jasa, dan menciptakan kepercayaan konsumen.

4 Jenis Testimonial Marketing yang Bisa Kamu Gunakan dalam Bisnis

  1. Quote Testimonial

Sumber Gambar : slideteam.net

Yang pertama ada quote testimonial, nih, guys. Jenis testimoni ini biasanya diberikan oleh konsumen. Dalam testimoninya, mereka akan mencantumkan beberapa informasi mengenai pengalaman mereka ketika menggunakan produk, jasa atau brand tertentu. Misalnya bagaimana pengalaman mereka dan opini mereka usai menggunakan suatu produk.

Keunikan yang jadi kelebihan testimonial marketing tipe quote adalah gaya bahasa yang berbeda dari setiap konsumen.

  1. Influencer Testimonial

testimoni marketing

Sumber Gambar : business2community.com

Yang kedua adalah testimoni dari influencer. Dalam strategi testimonial, influencer adalah sosok yang memegang peran sangat besar, lho. Opini dan komentar mereka bisa membawa pengaruh terhadap persepsi banyak orang untuk membeli dan menggunakan produk, jasa atau merekmu, guys.

Baca Juga :   Pengertian Mark Up dan Mark Down Dalam Bisnis yang Perlu Kamu Tahu

Masalahnya, untuk bisa mendapatkan testimoni dari influencer kamu harus mengeluarkan usaha atau biaya yang mungkin sedikit nggak terduga. Misalnya, dengan memberikan endorsement atau bayaran yang berupa uang tunai.

Selain itu, kamu juga nggak bisa asal-asalan mencari influencer, lho. Agar strategi marketingmu bisa efektif dan memberikan hasil maksimal, kamu harus menggandeng influencer yang tepat dan sesuai dengan target pasarmu.

  1. Peer Testimonial

testimoni marketing

Sumber Gambar : thumbor.forbes.com

Yang ketiga adalah peer testimonial. Jenis ini efeknya lebih tinggi dibanding tipe testimonial yang lainnya dalam strategi pemasaran, lho. Kok bisa? Alasannya adalah, karena peer testimonial ini merupakan komentar atau review dari teman atau orang-orang yang dikenal. Jadi, calon konsumen bisa lebih percaya, deh.

Trik untuk mengoptimalkan tipe testimonial ini adalah melancarkan kekuatan pemasaran dari mulut ke mulut alias word of mouth, guys. Ajaklah konsumen yang sudah lama dan puas dengan produk, jasa atau brand-mu untuk mempromosikannya kepada keluarga, teman sekolah atau rekan kerja mereka.

Cara ini membuat peer testimonial terasa lebih natural dan nggak dipaksakan.

  1. Social Testimonial

testimoni marketing

Sumber Gambar : janeatkin.com

Yang terakhir adalah social testimonial. Kalau jenis testimonial marketing satu ini adalah tanggapan yang bisa ditemukan oleh siapa pun lewat akun-akun di berbagai platform media sosial.

Di jaman seperti sekarang ini sudah bukan hal aneh lagi beropini dan berkomentar di medsos. Dan kenapa kamu nggak memanfaatkannya untuk memasarkan produk, jasa atau brand-mu selama memiliki sifat positif?

 

Nah, gimana, guys? Sudah siap membangun brand awareness dan juga meningkatkan kepercayaan pelanggan melalui strategi testimonial marketing yang minim biaya pengeluaran?

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

5 Cara Super Simple untuk Bikin Konten LinkedIn Banjir Likes dan Comments

Creativepreneur and Career

6 Tips Memulai Bisnis Online Untuk Pelajar, Pegawai dan Ibu Rumah Tangga!

Creativepreneur and Career

Tips Mengelola Banyak Akun Media Sosial Biar Kamu Makin Cuan

Creativepreneur and Career

Pengertian Model Bisnis B2C dan Jenis B2C yang Paling Populer