Fotografi

Abadikan Momen Pembalap Favoritmu dengan Tips Cycling Photography

cycling photography

Melihat pembalap sepeda fokus mengayuh dan menempuh lintasan di jalanan memang begitu menyenangkan. Daripada hanya melihat, ada baiknya kamu mengabadikan momen dengan memotret pembalap termasuk pembalap favoritmu! Sayangnya, memotret di lintasan balap tidak semudah kelihatannya. pembalap melaju dengan cepat dan jika tanpa teknik yang memadai maka hasil yang didapat bisa jadi tidak seperti yang diharapkan. Foto pembalap yang kamu dapatkan bisa jadi blur dan tidak menarik sama sekali. Kalau kamu ingin hasilnya lebih baik, ada lima tips cycling photography berikut ini yang bisa kamu terapkan.

1. Ambil Lokasi yang Tepat

pemilihan lokasi pemotretan

sumber: pxhere.com

Sebuah arena balap sepeda pasti memiliki lintasan yang panjang hingga berkilo-kilometer. Penontonnya juga sering kali penuh di beberapa titik seperti di start, finish, dan beberapa tempat penting dan nyaman lainnya. Kamu pun harus menonton di area yang paling tepat. Kalau kamu tidak ingin repot maka ambillah foto di start dan finish. Sayangnya, kamu harus berebut posisi dengan banyaknya penonton atau fotografer lainnya. Kalau kamu ingin hasil yang tidak biasa ambillah spot-spot estetik dalam lintasan dan jika memungkinkah adalah kawasan yang tidak terlalu padat penonton sehingga bisa mengambil gambar dengan mudah.

2. Manfaatkan Momen Penting

momen pembalap bersepeda

sumber: pxhere.com

Pembalap adalah manusia biasa. Suatu saat pasti mereka bisa merasakan senang, sedih, lelah, dan lain-lain. Sebisa mungkin momen-momen ini harus kamu dapatkan. Sebagai contoh kamu bisa mendapatkan objek fotografi kamu pada saat momen senang saat pembalap mencapai garis finish, disapa penggemar, dan mendapat penghargaan. Momen-momen di tengah lintasan juga tidak kalah menarik untuk mendapatkan mimik ekspresi pembalap yang tengah berusaha sekuat tenaga.

Baca Juga :   Merekam Kisah Manusia lewat Fotografi Human Interest

3. Perhatikan Segitiga Eksposure

segitiga exposure pada cycling photography

sumber: piqsels.com

Saat memotret para pembalap sepeda, jangan lupakan segitiga eksposure atau exposure triangle yang jadi aturan dasar fotografi. Pahami fungsi shutter speed pada kamera. Unsur ini sangat penting dalam mengeksekusi cycling photography. Agar hasil foto pembalap tidak blur maka kamu perlu menggunakan shutter speed 1/500 sekon atau di atasnya. Kemudian atur aperture di f/16 dan di atasnya untuk hasil gambar latar belakang yang fokus.

About author

Related posts
Fotografi

Cara Ampuh Menghindari Review Negatif Dari Pelanggan, Dengan Foto Produk Yang Sesuai!

Fotografi

Komposisi dan Pencahayaan Dibalik Foto Interior yang Menarik

Fotografi

Begini Caranya Fotografi Melatih Memori Kamu

Fotografi

Tips Membuat Video Pernikahan Sendiri Biar Lebih Hemat Bujet