Fotografi

7 Trik Dark Photography, Ciptakan Kesan Dramatis pada Foto Makanan

dark-photography

Pernah denger dark photography dalam food photography? Teknik satu ini cukup populer di kalangan fotografer, lho. Meski, sebagian besar tetap memilih foto terang serta lapang karena dinilai lebih efektif dalam menampilkan seluruh elemen yang ada.

Kepo, deh, apa sih, kelebihan dark photography, kok, jadi favorit banget? Mengacu pada foto-foto dengan warna dan corak gelap, fotografi ini sering disebut seni fotografi sederhana. Percayalah, teknik menangkap foto gelap yang luar biasa ternyata nggak sesulit itu, kok. Berikut 7 langkah penting yang harus kamu perhatikan kalau mau sukses styling dan shooting dark food photography agar hasilnya menakjubkan!

1. Untuk Hasil Misterius, Kuncinya Terletak pada Pencahayaan Minimal

pencahayaan-minimal-dark-photography

Ilustrasi foto makanan dengan nuansa gelap (Sumber: rackcdn.com)

So, gimana caranya membuat dark food photography dengan cahaya alami? Kuncinya adalah menjauh dari jendela. Trik ini akan mengurangi cahaya yang mengenai subjek secara signifikan. Memotret di ruangan gelap juga bisa membantu. Bisa juga menggunakan backlighting untuk menerangi subjek dari belakang. Nggak cuma menciptakan pencahayaan yang moody, cara ini juga bisa menonjolkan tekstur makanan.

2. Ciptakan Bayangan dengan Mengukir dan Membentuk Cahaya

menciptakan-bayangan

Menciptakan efek bayangan dalam foto (Sumber: miro.medium.com)

Penting banget untuk menciptakan bayangan dengan mengukir dan membentuk cahaya kalau ingin mendalami teknik dark photography. Tapi gimana? Nggak susah, kok. Cukup gunakan small black fill cards yang bisa kamu buat sendiri dari karton hitam atau papan poster yang dipotong menjadi kotak. Lalu letakkan di tempat yang kamu inginkan untuk menambah bayangan. Selain mengurangi illumination, fill cards juga memotong cahaya agar nggak memantul ke makanan yang kamu potret.

3. Pilih Background dengan Warna Halus dan Lembut

background-warna-halus-lembut

Pemilihan background untuk foto (Sumber: phoode.com)

Kamu bisa bereksperimen dengan background apa aja, mulai dari batu hingga lembaran kue berbintik untuk latar belakang dark photo-mu. Tapi hindari background cerah dan berkilau dalam dark photography, termasuk dalam food photography.

Warna ideal untuk background dark food photography adalah biru tua, abu-abu tua dan hitam. Tapi nggak ada salahnya, lho, mencoba warna-warna lain, seperti warna dengan tone espresso yang dalam. Jangan ragu bermain dengan background bertekstur untuk menyempurnakan tampilan.

Baca Juga :   Belajar Teknik Astrophotography Buat Kamu Para Pemula
About author

Related posts
Fotografi

Cara Ampuh Menghindari Review Negatif Dari Pelanggan, Dengan Foto Produk Yang Sesuai!

Fotografi

Komposisi dan Pencahayaan Dibalik Foto Interior yang Menarik

Fotografi

Begini Caranya Fotografi Melatih Memori Kamu

Fotografi

Tips Membuat Video Pernikahan Sendiri Biar Lebih Hemat Bujet