Arsitektur & Interior

Desain Display Toko ada Banyak Macamnya Lho, Sudah Tahu?

Desain Display – Toko atau dalam bahasa Inggris-nya dikenal sebagai store pastinya sudah bukan lagi tempat asing bagi kita. Sebagian besar dari kita sudah sering berkunjung-kunjung ke berbagai macam toko sejak kecil, entah bersama keluarga maupun bersama teman-teman. Apalagi jika kita pergi ke mall bersama keluarga atau teman saat weekend.

Selain itu terdapat juga fase waktu dimana rombongan orang akan mengunjungi toko yang baru dibuka, untuk melihat produk yang dijual serta desain interior toko yang terlihat berbeda dari toko lainnya.

Nah, sebelum kita memasuki topik pembahasan, mari kita coba jawab satu pertanyaan ini. Menurut teman – teman, hal apa yang pertama kali menarik perhatian pengunjung untuk memiliki keinginan masuk dalam toko?

Jawabannya adalah Desain display produk dalam toko. Display adalah suatu teknik penataan produk yang diterapkan oleh pemilik toko, dengan tujuan menarik perhatian para pengunjung hingga melakukan transaksi jika memungkinan.

Desain display toko ini terdapat 3 jenis, yaitu windows display, interior display dan exterior display. Tanpa ditunda – tunda lagi, yuk kita mulai!

Interior Display

Source: Pinterest

Dalam gambar ini, bisa kita lihat bahwa terdapat banyak penggunaan material kayu dalam interior toko ini. Terdapat pula penggunaan material exposed concrete pada bagian lantai.

Tidak hanya itu, bentuk yang diterapkan dalam toko merupakan bentuk geometris seperti persegi panjang dan lingkaran. Meja display yang berada di tengah ruangan juga berbentuk dari gabungan persegi panjang dan setengah lingkaran, begitu juga dengan meja cashier.

Produk – produk dalam toko ditata dengan rapi hingga terlihat keseimbangan (balance) dalam toko. Display dalam gambar ini adalah interior display, dimana perhatian pengunjung akan tertuju pada meja display yang berada di tengah ruangan dan rak dinding display.

Source: Pinterest Behance

Jika kita lihat gambar ini secara sekilas, mungkin kita merasa gambar ini tidak jauh berbeda dari gambar sebelumnya. Dan itu tidak salah, ada kesamaan dan perbedaan dari kedua gambar diatas. Pada interior toko ini juga menggunakan material kayu dan exposed concrete, sama seperti gambar sebelumnya.

Dalam gambar ini penggunaan material kayu diterapkan pada lantai dan dinding, serta penggunaan material exposed concrete diterapkan pada dinding dan plafon. Sedangkan dalam gambar sebelumnya, penerapan penggunaan material kayu diterapkan pada display dan penggunaan material exposed concrete diterapkan pada lantai.

Nah, yang berbeda diantara kedua gambar ini adalah rak display pada gambar ini berbentuk dinamis. Desain yang dinamis ini membuat kesan unik dan fun.

Windows Display

Desain Display

Source: Pinterest Morplan

Pada gambar ini ditampilkan windows display toko dimana kaca tidak hanya berada pada tampak depan, namun juga sisi samping. Interior toko ini menggunakan warna yang cenderung kearah putih dan abu-abu sehingga memberi kesan modern. Penggunaan kaca tinggi pada bagian entrance toko juga bisa digunakan untuk menunjukkan sisi dalam toko, sehingga pengunjung dapat tertarik untuk masuk ke dalam toko.

Desain Display

Source: Pinterest Design Milk

Desain interior display toko ini cukup unik dibandingkan toko – toko pada umumnya. Interior dalam toko ini menggunakan gambar sketsa 2D sebagai konsep desain toko. Jika kita bayangkan interior toko ini tanpa gambar – gambar sketsa, toko ini akan terlihat putih, luas namun terasa kosong.

Namun dengan adanya gambar sketsa ini, toko terlihat seperti kartun sehingga menarik perhatian pengunjung. Terutama bagi para pengunjung yang aktif mencari tempat instagramable untuk ketenaran di sosial media.

Exterior Display

Desain Display

Source: Pinterest Merci

Desain interior display dan windows display toko ini memiliki konsep display yang tidak umum. Display toko berbentuk igloo menjadi titik perhatian pengunjung tidak hanya dari bentuknya yang unik, tapi juga peletakkan display yang berada di tengah – tengah interior toko.

Display igloo ini dibuat transparan sehingga pengunjung dapat tertarik untuk melihat rak display yang berada di dalam igloo. Selain itu, igloo diberi warna pink untuk menunjukkan perasaan feminine sehingga mengundang perhatian pengunjung wanita untuk mendekat.

Nah, sekarang kita sudah mengintip 5 macam desain display toko yang ada. Pastinya tidak semua toko menggunakan 5 macam desain display ini aja. Tiap toko pasti mempunyai tipe produk yang dijual dan konsep desainnya masing-masing.

Tapi dengan melihat 5 contoh ini, kita bisa mendapat sedikit gambaran tentang macam – macam display toko itu bagaimana sih. Pengetahuan itu bisa bantu banget bagi kita-kita yang terpikir untuk membuka toko, jadi jangan pernah berhenti belajar sesuatu yang baru ya!

Penulis: Michelle Christy (Prodi Desain Interior Universitas Kristen Petra)
About author

Related posts
Arsitektur & Interior

DIY Cara Cetak Foto di Kayu untuk Ide Bisnis, Coba Yuk!

Arsitektur & Interior

Tips Mendesain Lobi Konsep Industrial Modern yang Stylish!

Arsitektur & Interior

Inspirasi Hunian Lansia karya Van Aken Architect

Arsitektur & Interior

Ini Dia Tips&Tricks dalam Mendesain Interior Kantor untuk Menjadikanmu Lebih Produktif!

Leave a Reply

Your email address will not be published.