Arsitektur & Interior

Desain Hunian Menyenangkan Dengan Konsep Hamptons dan Parisian Chic

Mendesain hunian sangatlah menyenangkan dan memiliki tantangan tersendiri. Berbagai macam konsep dapat dibuat dan menyesuaikan keinginan kita. Seiring berjalannya waktu, desain terus berkembang dan memiliki tren desain setiap tahunnya. Pendekatan kepada alam dan warna natural menjadi pilihan kaum milenial untuk tren desain saat ini. Seperti konsep Hamptons dan Parisian Chic yang kontemporer, sehingga konsep desain ini sangat cocok untuk para kaum milenial. Kedua konsep ini memiliki warna yang natural dan modern menyesuaikan kebutuhan era saat ini.

Mengenal Konsep Hamptons dan Parisian Chic

Hamptons

Sumber Gambar :  williams-sonoma.com

Hamptons merupakan konsep desain yang bertema alam (laut dan pantai) dengan nuansa liburan yang menyenangkan. Nuansa yang ingin disampaikan kepada pengguna seakan-akan kita sedang berada di daerah pantai seperti sedang menikmati pemandangan laut biru dan menciptakan suasana yang menenangkan. Pada konsep Hamptons ini memiliki karakter yang kuat dari segi warna, bentukan perabot dan juga material. Konsep ini banyak digunakan pada rumah, villa dan hotel yang dekat dengan area pantai.

Hamptons dan Parisan Chic

Sumber Gambar : havenly.com

Warna biru tua dan putih merupakan warna ciri khas dari konsep Hamptons. Memiliki karakter yang kuat dengan warna gelap dipadu dengan warna putih yang ciri khas. Penggunaan material menggunakan kayu dengan warna putih dan coklat sebagai warna aksen tambahan (2018, Laura). Dengan motif kaku dan tersusun rapi seperti garis lurus merupakan motif ciri khas dari hamptons. Untuk lebih menonjolkan karakteristik dari hamptons dapat didukung dengan hiasan dengan aksen pantai seperti vas dengan motif baroque dan berwarna biru, desain lampu gantung, dan juga hiasan kerang. Penggunaan material harus memastikan terang dan gelap, kasar dan halus, keras dan lembut (2016, Chris).

Baca Juga :   Unik dan Estetik, Lampu Hias Akrilik Bisa Membuat Kamarmu Lebih Menarik Lho!

Apa itu Coastal? Dan apa sih perbedaanya dengan Hamptons?

Hamptons dan Parisan Chic

Sumber Gambar : bramblefurniture.com

Bertema pantai, kedua konsep ini terlihat serupa tapi tak sama. Sama-sama menggunakan warna biru, tetapi pada Hamptons mengusung biru tua, sedangkan pada Coastal lebih ke arah biru laut atau mendekati dengan warna alam (natural). Motif pada hamptons lebih tegas dan statis, sedangkan pada coastal lebih modern dan abstrak. Coastal memiliki karakter yang lebih lembut dan menenangkan, berbeda dengan hamptons dengan karakter tegas dan kuat.

Parisian Chic     

Hamptons dan Parisan Chic

Sumber Gambar : Tempo.co

Sekilas konsep ini terlihat seperti konsep Amerika Klasik ya? Ya, konsep ini merupakan gabungan dari gaya desain Amerika Klasik dan kontemporer. Gaya desain ini sekilas terlihat mirip Amerika Klasik, tetapi memiliki perbedaan mengikuti zaman dan gaya desain yang terus berkembang. Meskipun gaya desain ini terus berkembang bukan berarti ciri khas dari gaya desain ini hilang. Memiliki warna dengan tone sekunder (warna condong ke abu-abu) seperti warna khaki, beige, chalky white, dll. Memiliki ciri khas yaitu terdapat vokal point dengan warna kontras tetapi warna tetap menyatu dengan lainnya.

Tidak hanya itu, ciri khas lainnya yaitu penggunaan warna emas, seperti pada frame pigura, cermin, hingga kerangka furniture. Pada panel dan dinding memiliki ukiran yang tidak serumit ukiran pada Amerika Klasik, didukung dengan menggunakan lantai kayu herringbone atau lantai mozaik. (2020, Leonce)   Kedua konsep ini sangatlah menarik dan memiliki keunikan masing-masing.

Walau konsep ini banyak digunakan pada hunian bukan berarti bagi kalian yang ingin mendesain bangunan lainnya tidak dapat menggunakan konsep ini. Kedua konsep ini dapat diaplikasikan dengan berbagai jenis bangunan, tidak hanya tempat tinggal saja. Sekarang mendesain menjadi lebih menyenangkan dan mudah bukan. Semoga bermanfaat.

About author

Related posts
Arsitektur & Interior

Sistem Penghawaan,Pencahayaan Dan Teknologi Smart Home Dalam Mengantisipasi Penyebaran Covid-19

Arsitektur & Interior

Wabi-sabi dalam sebuah Desain Furniture

Arsitektur & Interior

Rumah Kecil: Trend Hunian Millenial

Arsitektur & Interior

Ciptakan Suasana Rumah Anti Stress dengan Konsep Zen Living

Leave a Reply

Your email address will not be published.