Arsitektur & Interior

4 Desain Interior Japandi untuk Inspirasi Gaya Hunian

Kalau lagi mencari inspirasi buat desain interior, ada banyak loh yang bisa kamu pakai. Kebetulan, buat kamu yang lebih suka interior simpel, estetik, dan fungsional, serta nggak perlu banyak tempat, pilih aja desain interior Japandi. Selain minimalis sekaligus modern, desain interior ini juga pas banget buat hunian dengan ukuran kecil. Yuk, simak ulasannya lebih lanjut.

Filosofi Japandi

Sumber Gambar : dekoruma.com

Desain Japandi mengadopsi dua konsep berbeda, yaitu wabi-sabi dan lagom. Wabi-sabi adalah filosofi budaya asal Jepang dengan arti keindahan dalam ketidaksempurnaan. Sedangkan, lagom adalah filosofi Skandinavia yang berupa gaya hidup seimbang di semua aspek, artinya nggak kekurangan sekaligus nggak berlebihan.

Nah, dua filosofi tersebut digabungkan sehingga jadilah Japandi. Konsepnya berupa gaya hidup esensial yang fokus buat memenuhi kebutuhan hidup dengan efisien. Jadi, konsepnya menampilkan gaya sederhana, estetik, sekaligus multifungsi. Makanya, Japandi cocok buat hunian dengan ukuran apapun karena space-saving atau bisa mengoptimalkan fungsi ruangan biar tempatnya hemat.

Ciri Khas Japandi

 

Desain Japandi

Sumber Gambar : investor.id

Buat diterapkan, Japandi punya karakternya sendiri yang bikin gaya interiornya berbeda dari yang lain. Desain Japandi menggunakan material alami, yang didominasi kayu atau tanah liat. Terus, juga ada pemakaian bahan yang teksturnya halus, termasuk katun dan linen.

Biasanya, material ini pakai warna soft semisal krem dan putih, jadi tampilannya light dan juga clean. Sementara, buat perabotan, konsep gaya Japandi juga pakai furniture yang serbaguna dan sifatnya hemat tempat. Maka dari itu, konsep interior ini cocok banget buat hunian dengan luas minimalis.

4 Desain Bergaya Japandi

Mengenal Desain Japandi Yang Lagi Hits, Simak Ciri Khasnya!

Sumber Gambar : homeplan.id

Desain interior Japandi nggak cuma memiliki konsep hemat tempat dan multifungsi, tapi bisa juga kamu jadikan kombinasi dengan gaya interior yang lain. Nah, ada empat gaya Japandi atau bisa kamu sebut sub-style buat diadaptasi di hunian kamu, yaitu:

  1. Japandi Natural

Sumber Gambar : Dekoruma.com

Seperti namanya, gaya Japandi Natural memberikan tampilan yang alami dengan menggunakan furniture kayu dengan warna muda sampai medium. Material ini juga didukung aplikasi warna muda serta netral untuk dinding dan kain, contohnya krem, beige, sampai abu-abu muda. Di samping itu, biasanya ada pot tanaman yang ditempatkan indoor biar semakin asri.

2. Japandi Modern

desain interior Japandi

Sumber Gambar : dekoruma.com

Berikut yaitu gaya Japandi modern yang nggak cuma estetik aja, tapi juga elegan. Interior kamu berasa mewah dengan dominasi warna yang gelap, baik untuk dinding maupun furniture, misalnya abu-abu tua, biru tua, atau hitam. Terus, ada pemakaian motif marmer serta aksen warna emas dengan penempatan strategis, jadi tetap nggak berlebihan.

3. Japandi Klasik

desain interior Japandi

Sumber Gambar : dekoruma.com

Kalau gaya Japandi klasik menerapkan desain yang dinamis, contohnya lekukan, profile di dinding, serta pemakaian motif dan bentuk dekoratif. Lalu, ada pemakaian warna pastel dengan kesan lembut sekaligus memesona. Biasanya warna netral juga diterapkan untuk furniture, contohnya warna putih dipadukan kayu dengan warna light atau medium.

4. Japandi Industrial

desain interior Japandi

Sumber Gambar : dekoruma.com

Gaya Japandi industrial adalah yang terakhir, konsepnya menciptakan ruangan yang terkesan berani, maskulin, tegas, sekaligus tetap simpel. Gaya industrial bisa terlihat dari material raw yang digunakan, misalnya besi tebal berwarna hitam, kayu, sampai bata ekspos. Ada pula furniture berbahan kayu berwarna medium sampai dark, yang multifungsi dengan desain compact buat hemat tempat.

Nah, demikian desain interior Japandi beserta keempat gayanya yang bisa kamu adaptasi di hunian kamu. Gaya interior ini cocok banget buat penyuka desain minimalis serta hunian yang berukuran minim tapi tetap nyaman sekaligus elegan.

About author

Related posts
Arsitektur & Interior

DIY Cara Cetak Foto di Kayu untuk Ide Bisnis, Coba Yuk!

Arsitektur & Interior

Tips Mendesain Lobi Konsep Industrial Modern yang Stylish!

Arsitektur & Interior

Inspirasi Hunian Lansia karya Van Aken Architect

Arsitektur & Interior

Ini Dia Tips&Tricks dalam Mendesain Interior Kantor untuk Menjadikanmu Lebih Produktif!