Creativepreneur and Career

Cara Desain Kartu Nama Agar Bisnismu Menarik Perhatian Customer

desain-kartu-nama

Salah satu cara untuk memperkenalkan bisnis kepada customer adalah dengan memiliki kartu nama. Dengan punya kartu nama, kamu bisa mengenalkan diri sekaligus bisnis kepada masyarakat luas. Makanya, kalau kamu punya bisnis, kamu bisa coba desain kartu nama yang memudahkanmu terutama tim marketing untuk memperkenalkan brand sekaligus produk dan layanan kamu. Yuk, simak cara selengkapnya!

Cara Tepat Membuat Desain Terbaik untuk Kartu Nama

Kartu nama yang efektif bisa menyampaikan pesan dari brand kamu sekaligus menciptakan kesan yang menarik klien dan customer-mu. Jadi, kamu perlu memahami cara untuk membuat kartu nama yang baik. Berikut caranya.

1. Menyesuaikan dengan Bidang Industrinya

kartu-nama-sesuai-bidang-industri

Ilustrasi desain kartu nama (Sumber: tutsplus.com)

Salah satu hal terpenting dalam membuat kartu nama adalah mempelajari setiap bidang industri bisnis, termasuk bisnismu. Dari sini, kamu bisa tahu mana desain kartu nama yang sekiranya paling cocok buat kamu.

2. Pilih Material yang Sesuai dengan Identitas Brand

pemilihan-material-kartu-nama

Ilustrasi pemilihan material kartu (Sumber: tutsplus.com)

Sebelum mulai mendesain kartu nama, kamu harus menentukan logo brand, tipografi dan skema warnanya. Ini adalah pondasi penting dalam identitas brand kamu. Harus konsisten juga untuk website dan semua materi promosimu.

3. Menggunakan Prinsip Desain Dasar

pakai-prinsip-desain-dasar

Ilustrasi prinsip desain dasar (Sumber: tutsplus.com)

Menerapkan prinsip desain dasar akan sangat berguna untuk membuat kartu nama. Mulai dari menentukan material sampai membuat layout untuk tampilan kartunya.

4. Pilih Bentuk dan Ukuran Kartu Terbaik Sesuai Kebutuhan

bentuk-dan-ukuran-kartu-nama

Ilustrasi kartu nama (Sumber: tutsplus.com)

Kartu nama biasanya berbentuk persegi panjang, tapi bukan berarti kartumu harus begini. Kamu bebas, kok, memilih bentuknya sesuai dengan bidang industri bisnis kamu. Biar tampilannya beda.

5. Gunakan Desain yang Sederhana

Banyak yang bilang kalau desain simpel itu boring. Sebaliknya, desain kartu nama yang simpel justru elegan dan memberi banyak ruang pada kartu namamu, untuk menampilkan informasi penting dengan jelas.

6. Pastikan Memberi Detail Kontak 

desain-kartu-nama-dengan-kontak

Ilustrasi kartu nama dengan kontak (Sumber: tutsplus.com)

Agar klien dan customer bisa menghubungimu dengan mudah, kamu wajib mencantumkan nama perusahaan, namamu, pekerjaanmu dan detail kontak seperti nomor telepon, email, alamat dan socmed.

7. Memberi Slogan Brand pada Kartu

slogan-brand

Ilustrasi slogan brand pada kartu (Sumber: tutsplus.com)

Slogan akan menonjolkan ciri khas dan value brand kamu, membuatnya beda dari kompetitor. Contohnya, seperti slogan Nike yang berbunyi “Just do it”.

8. Pastikan Nggak Ada Typo

Lakukan proofread dengan sangat hati-hati. Pastikan kamu membaca dengan teliti setiap kata dan tulisan di kartu nama biar nggak ada typo sama sekali. Jadi, kartu namamu benar-benar profesional.

9. Pakai Material dan Cetakan Profesional

desain-kartu-profesional

Ilustrasi material dan cetakan profesional (Sumber: tutsplus.com)

Kartu nama yang didesain dan dicetak secara profesional bisa membuatnya terlihat kredibel dan terpercaya. Jadi, pilih material kartu terbaik serta cetak kartunya secara profesional.

10. Gunakan Template Kartu Nama Profesional

template-kartu

Ilustrasi template kartu nama (Sumber: tutsplus.com)

Kamu bisa menggunakan template kartu nama yang bagus desainnya. Ini akan membuat kartu namamu terlihat lebih profesional. Kamu pun lebih hemat waktu karena nggak perlu terlalu ribet membuat desain dari nol.

Demikian cara bikin desain kartu nama yang baik. Kamu bisa membuat kartu nama dengan desain yang menarik sekaligus cocok untuk brand kamu. Sesuaikan kartu namamu dengan bidang industri bisnis yang kamu jalankan. Kartu nama adalah elemen penting dalam marketing tool, yang juga menunjukkan profesionalisme bisnis kamu. Kamu jadi lebih berpeluang untuk mendapatkan klien dan customer baru dengan memberikan kartu namamu.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

3 Jenis False Belief dalam Bisnis yang Wajib Diketahui dan Cara Penanggulangannya

Creativepreneur and Career

Ini Dia Rekomendasi Bisnis Franchise 2022!

Creativepreneur and Career

5 Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik untuk Bantu Kamu Kelola Finansial Setiap Bulannya

Creativepreneur and Career

Ide Bisnis dan Peluang Usaha untuk Datangkan Cuan yang Dapat Kamu Coba di Bulan Ramadhan