Creativepreneur and Career

4 Profesi Kekinian yang Cocok untuk Lulusan Desain Komunikasi Visual

desain komunikasi visual

Profesi Menarik Lulusan DKV

Dengan berkembangnya zaman, lulusan DKV dapat bekerja di berbagai bidang pekerjaan dan industri. Jadi stereotip kalau anak DKV cuma bisa di industri kreatif sudah gak berlaku. Banyak beberapa profesi oke lainnya yang membutuhkan lulusan DKV. Langsung lanjut dibaca!.

1. Photojournalist

desain komunikasi visual 1

Profesi Photojournalist (sumber: adorama.com)

Photojournalist merupakan jenis pekerjaan spesialisasi dari profesi jurnalis pada umumnya. Mengingat era sekarang semakin tervisualisasi, profesi ini penting banget! Sebagai seorang photojournalist, kamu bertugas untuk mengumpulkan gambar. Kamu juga diminta untuk mengedit dan menampilkan bahan-bahan visual lainnya. Hasil yang kamu kumpulkan adalah material yang nantinya akan digunakan untuk keperluan publikasi atau broadcasting.

Fungsi dari seorang photojournalist sangat penting loh. Dalam penyampaian suatu berita, foto dan gambar merupakan salah satu elemen wajib. Gambar dan foto memiliki kekuatan untuk menyampaikan informasi yang tidak dapat disampaikan oleh kata-kata. Untuk itulah hampir di setiap berita, foto atau gambar menjadi salah satu hal yang selalu ada.

Para pembaca biasanya akan terlebih dahulu memperhatikan judul dan foto dari sebuah artikel sebelum membaca isi dari artikel tersebut. Ibarat kata pepatah nih, picture is worth a thousand words. Hanya dari sebuah gambar, pembaca sudah bisa menyimpulkan isi dari sebuah artikel. Nah, untuk itulah, profesi photojournalist membutuhkan beberapa keterampilan khusus nih. Keterampilan khusus tersebut berkaitan dengan komunikasi visual.

Seorang photojournalist harus mampu menghasilkan foto maupun gambar dengan kualitas yang baik. Kualitas foto yang baik bukan hanya tentang resolusi yah. Namun bagaimana foto tersebut dapat menyampaikan pesan yang merepresentasikan suatu kejadian. Jadi, photojournalism bukan hanya tentang menguasai ilmu fotografi yah. Kamu juga wajib menguasai kemampuan editing visual dan komunikasi visual. Dua kemampuan tersebut merupakan makanan sehari-hari anak DKV nih. Jadi gak salah, kalau photojournalist bisa menjadi pilihan profesi kamu yang belajar Desain Komunikasi Visual nih.

2. Desainer Produk

desain komunikasi visual 2

Profesi Desainer Produk (sumber: freundevonfreunden.com)

Pernahkah kamu memperhatikan detail sebuah produk? Mengapa desain gantungan baju berbentuk demikian? Atau kenapa botol kondisioner terkadang memiliki tutup di bawah? Semua hal tersebut merupakan hasil karya dari seorang Desainer Produk loh.

Desain produk yang juga sering disebut desain industri adalah proses menciptakan produk baru untuk bisnis. Dunia bisnis terus berkembang dan inovasi tentu terus bermunculan. Hal tersebut mendasari adanya bidang pekerjaan yang satu ini. Nah, sebab itulah desainer produk menjadi profesi yang banyak dicari nih. Tugas utama seorang desainer produk adalah merancang produk baru dengan memperhitungkan aspek-aspek tertentu.

Aspek dalam desain produk tak hanya mengenai tampilan saja loh. Fungsi dan cara pelanggan dalam menggunakan sebuah produk juga patut diperkirakan. Dalam prosesnya, ada 3 jenis desain yang digunakan dalam desain produk, yaitu:

  • Desain sistem. Bagian krusial dalam sebuah produk terletak pada sistemnya. Contohnya toserba. Letak lokasi produk-produk tertentu dalam sebuah toko diatur sedemikian rupa. Hal ini berguna untuk mempengaruhi proses pemasaran dari produk yang dijual. Misalnya pada saat tahun baru, terompet dan hiasan rumah akan dipajang di rak paling depan. Hal ini akan memudahkan calon pembeli, untuk mendapatkan produk-produk berpotensi laku saat menjelang tahun baru.
  • Desain proses. Di dalam sebuah sistem tentunya akan berjalan sebuah proses. Desain proses berfokus untuk menciptakan pengalaman yang lebih efisien dan efektif dalam sistem yang telah diciptakan sebelumnya. Pada kasus toserba misalnya, scanner otomatis bisa didesain untuk mempermudah proses pembayaran. Jadi para pelanggan tidak perlu repot untuk antri di kasir.
  • Desain interface. Sistem dan proses yang baik tentu harus didukung tampilan yang menarik. Interface tidak hanya mesti menarik, namun juga harus memperhatikan fungsi dari desain tersebut nih. Tampilannya tentulah harus mudah dipahami dan digunakan oleh para pengguna. Jadi sebuah produk dapat meningkatkan pengalaman para pengguna secara menyeluruh.

Hal inilah yang menjadikan desainer produk menjadi profesi yang cukup menjanjikan. Hampir setiap perusahaan yang memproduksi barang, membutuhkan jasa seorang desainer produk. Mulai dari industri makanan, furnitur, otomotif, elektronik, hingga ke industri kecantikan, semua membutuhkan posisi Desainer Produk loh. Jadi profesi ini bisa banget untuk menjadi salah satu pekerjaan potensial bagi kamu, anak DKV. Dasar-dasar ilmu desain yang dipelajari semasa kuliah akan sangat berguna nih.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Tips Membuat Portofolio Desain Interior yang Menarik

Creativepreneur and Career

Sebelum Memulai Bisnis, Pahami Dulu Perbedaan Paten, Merek dan Hak Cipta

Creativepreneur and Career

6 Point Penentu Keberhasilan Bisnis Kuliner Yang Wajib Dioptimalkan!

Creativepreneur and Career

Manfaat Optimasi E-Commerce Buat Jangka Panjang Bisnis Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *