Creativepreneur and Career

4 Profesi Kekinian yang Cocok untuk Lulusan Desain Komunikasi Visual

desain komunikasi visual

3. Creative Consultant

desain komunikasi visual 3

Profesi Creative Consultant (sumber: pexels.com)

Kamu suka bertemu dengan banyak orang? Kamu memiliki kemampuan interpersonal yang baik? Wah, jika jawabanmu untuk semua pertanyaan di atas adalah iya, maka kamu cocok untuk menjadi seorang konsultan kreatif, nih. Pekerjaan yang satu ini merupakan pilihan yang sempurna untuk anak DKV. Kamu akan berkesempatan untuk ikut dalam proyek-proyek menarik, menjalin relasi, dan belajar hal baru loh.

Untuk menjadi seorang konsultan kreatif yang mumpuni, kamu memerlukan kemampuan personal dan profesional yang baik. Kualifikasi yang dibutuhkan dapat berbeda untuk beberapa pekerjaan yang spesifik, seperti animasi, menulis, product development, dan lainnya. Selain ide-ide unik dan portofolio yang menarik, beberapa skills berikut juga gak boleh ketinggalan nih:

  • Campaign dan content development. Seorang creative consultant harus mampu mengembangkan ide-ide campaign, konten, serta produk yang unik. Pengetahuan yang mendalam akan konten yang dapat menarik perhatian juga krusial nih.
  • Kreasi digital. Pada banyak kasus, konsultan kreatif juga mesti akrab dan mahir menguasai aplikasi-aplikasi kreasi digital, seperti software animasi, marketing tools, software editing, dan juga email campaign generation tools.
  • Time management. Banyak konsultan kreatif yang bekerja sebagai kontraktor independen. Kemampuan manajemen waktu yang baik sangat esensial untuk jenis pekerjaan freelance ini.
  • Kreativitas dan inovasi. Wah, kalau soft skill ini tanpa perlu dipertanyakan lagi dong. Setiap creative consultant secara rutin harus terus berinovasi dengan ide-ide baru dan unik.
  • Komunikasi. Skill komunikasi yang baik pasti harus dimiliki oleh seorang konsultan kreatif. Profesi ini memang menuntut kamu untuk sering bertemu dengan klien. Untuk itulah, kemampuan komunikasi yang efisien dan efektif tentu menjadi kunci utama yang wajib dipegang nih. Gimana, tertarik mencoba pekerjaan ini?

4. Data Visualization Specialist

Profesi Data Visualization Specialist (sumber: pexels.com)

Di era digital saat ini, data merupakan komoditas penting di seluruh bidang industri. Penggunaan data dalam berbagai bidang pun terus meningkat. Hal ini tak lepas oleh pesatnya perkembangan teknologi di era Industri 4.0 ini. Kamu tentu sudah pernah mendengar istilah ‘Industri 4.0’ atau ‘Revolusi Industri 4.0’. Era industri tersebut menandai perubahan dalam aspek integrasi teknologi.

Di hampir semua bidang, teknologi akan berperan penting untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi pekerjaan yang dilakukan. Datangnya era baru ini juga mendatangkan momok bagi banyak orang nih. Diperkirakan dalam 15 tahun mendatang, banyak pekerjaan yang akan digantikan oleh robot loh. Tapi gak perlu khawatir. Bagi kamu anak DKV, ada kabar baik nih buat kamu. Ada banyak  pekerjaan yang melibatkan kemampuan berpikir kreatif, serta kemampuan lainnya yang dimiliki oleh lulusan DKV nih.

Salah satunya adalah Data Visualization Specialist. Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, data merupakan komoditas penting di era sekarang. Ada banyak pekerjaan menarik terkait dengan data loh. Salah satunya adalah pekerjaan sebagai Data Visualization Specialist. Tugas seorang Data Visualization Specialist adalah menerjemahkan data menjadi bentuk visual. Produk data berbentuk visual tersebut kemudian dapat digunakan oleh para pembuat kebijakan.

Visualisasi data akan mempermudah proses penyajian informasi dari data yang telah dikumpulkan nih. Jadi data tersebut dapat digunakan bahkan oleh orang awam sekalipun. Hasil karya para Visual Data Specialist yang paling sering kamu lihat contohnya adalah infografis. Nah, ilmu-ilmu yang diajarkan di jurusan Desain Komunikasi Visual sudah pasti akan sangat berguna di posisi ini. Penguasaan teknik-teknik visualisasi tentu mutlak diperlukan.

Ilmu-ilmu berupa Tipografi dan Semiotika yang kamu pelajari semasa kuliah bakal sering digunakan nih di bidang visualisasi data. Pekerjaan di industri kreatif tak menjadi batasan untuk kamu lulusan Desain Komunikasi Visual. Profesi unik di atas bisa menjadi referensi kamu yang tertarik mencoba industri baru.

Polling

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Tips Membuat Portofolio Desain Interior yang Menarik

Creativepreneur and Career

Sebelum Memulai Bisnis, Pahami Dulu Perbedaan Paten, Merek dan Hak Cipta

Creativepreneur and Career

6 Point Penentu Keberhasilan Bisnis Kuliner Yang Wajib Dioptimalkan!

Creativepreneur and Career

Manfaat Optimasi E-Commerce Buat Jangka Panjang Bisnis Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *