Seni Rupa & Desain

Cara Desain Poster di Canva untuk Bikin Konten Keren dan Menarik

Kepo nggak, sih, gimana caranya orang-orang kreatif bikin poster keren dan menarik, GenKs? Ternyata rahasianya cuma pakai Canva doang, lho. Aplikasi atau tool ini udah sering banget dipilih mereka yang berkecimpung di dunia desain untuk mendesain berbagai konten visual, seperti poster, materi presentasi, dokumen atau grafis medsos, secara online.

Asalkan perangkatmu terkoneksi dengan internet, kamu bisa mendesain konten apa pun di mana aja dan kapan aja nggak pake ribet. Hadir dengan ribuan template, Canva sangat recommended untuk para pemula yang pengen bikin logo, banner, newsletter, thumbnail YouTube, desain kemasan produk, indografik dan lain sebagainya.

Tapi gimana, sih, cara desain poster di Canva? Yuk, cekidot!

Langkah #1: Tentukan Ukuran Poster

Sumber Gambar : Google

Pertama-tama tentukan dulu ukuran poster yang kamu butuhkan. Kalau bingung, kamu tinggal pilih rekomendasi ukuran poster yang tersedia di Canva. Mulai dari poster standar hingga poster dengan ukuran yang bisa kamu edit-edit sendiri, semuanya ada. Wah, terbukti kalau bikin poster pakai Canva itu anti ribet-ribet club, ya, guys?

Langkah #2:  Pilih Template yang Diinginkan

Sumber Gambar : canva.com

Setelah itu, kamu bisa langsung memilih template yang diinginkan. Salah satu alasan kenapa Canva banyak dipakai pemula, karena di sini tersedia beragam pilihan template. Seenggaknya ada ribuan template menarik yang cocok untuk segala kebutuhanmu. Ingat, jangan terburu-buru memilih, ya. Pempertimbangkan benar-benar mana template yang sesuai konsep dan tema postermu.

Langkah #3: Sisipkan Gambar Menarik

Sumber Gambar : canva.com

Berikutnya, cara desain poster di Canva agar terlihat keren dan menarik adalah dengan menambahkan gambar. Kamu bisa menyisipkan gambar dari stok yang terdapat di Canva. Ada sekitar jutaan gambar di Canva yang bisa ditambahkan untuk mempercantik tampilan desain postermu. Atau kamu juga bisa ambil gambar dari internet maupun koleksi gambar dari galeri komputermu, lho.

Langkah #4: Edit Font dan Warna Huruf

desain poster di Canva

Sumber Gambar : canva.com

Kalau udah, sekarang kamu tinggal mengedit jenis huruf atau pun mengubah warna font pada poster sesuai tema. Canva menyediakan banyak banget pilihan font dalam beragam ukuran. Jadi, kamu nggak perlu repot-repot lagi menyesuaikan jenis dan warna huruf sesuai dengan konsep poster yang sudah disiapkan sebelumnya. Enak, kan?

Langkah #5: Beri Pesan

desain poster di Canva

Sumber Gambar : canva.com

Jika semua langkah di atas udah rampung, artinya kamu tinggal beberapa langkah lagi sampai postermu siap di-publish, GenKs. Tapi sebelum itu, kamu perlu menambahkan pesan terlebih dahulu agar tampilan postermu terlihat menarik dan keren. Pada tahapan ini, kamu bisa nentuin sendiri apa pesan yang ingin kamu tambahkan di dalam poster.

Langkah #6: Proses Mencetak

desain poster di Canva

Sumber Gambar : vpsvc.com

Dan di langkah terakhir, kamu hanya perlu mencetak poster hasil desainmu sendiri. Eits, tapi sebelum itu, pastikan kamu cek dan ricek kembali, ya, agar nggak ada kesalahan saat poster udah di-print. Jadi, kamu nggak perlu kerja dua kali. Periksa juga ukuran poster, apakah udah sesuai dengan keinginan. Dan jangan lupa untuk menyimpannya dalam format JPEG untuk dibagikan via media sosial.

Gimana, guys, ternyata cara desain poster di Canva itu super simple, ya? Jadi, meski kamu adalah newbie di dunia desain grafis, kamu nggak perlu takut bikin poster atau konten lainnya pakai Canva. Apalagi Canva juga ada versi gratisannya buat kamu yang ogah ngeluarin duit untuk langganan. So, udah siap bikin poster pertamamu pakai Canva, GenKs?

About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Daftar Aplikasi Ilustrasi Gratis Di Laptop, Cocok Buat Belajar!

Seni Rupa & Desain

Problematika Interpretasi Seni Rupa para Apresiator Muda

Seni Rupa & Desain

Tips Mendesain Karakter, Yuk Dicoba!

Seni Rupa & Desain

Cara Membuat Motion Graphic Menarik dengan Mengikutsertakan 4 Poin Penting di Dalamnya