Arsitektur & Interior

Ini Dia Tips Untuk Menghidupkan Kembali Desain Retro Di Rumah!

Salah satu desain yang sudah mulai diminati kembali di dunia interior adalah desain retro. Meski terkesan jadul dan ketinggalan zaman, ternyata desain retro memiliki kelebihannya tersendiri. Karena dengan menerapkan desain retro, rumah kalian akan terkesan lebih unik, bernilai, dan juga tak lekang oleh zaman. Lalu bagaimana cara untuk menerapkan desain retro di rumah? Berikut ini adalah beberapa tips untuk menghidupkan desain retro pada hunianmu!

  1. Menggabungkan Berbagai Pola

Tips pertama yang bisa kalian coba untuk menghidupkan kembali design retro adalah dengan menggabungkan berbagai macam pola di rumah. Pada umumnya, desain retro didominasi oleh bentuk dasar yang geometris, misalnya kotak, lingkaran, segitiga, dan bentuk lainnya. Selain itu, Desain retro juga memiliki irama yang repetitif dan teratur.

Apabila kalian tertarik menggunakan elemen garis pada desain hunianmu, kalian perlu memastikan jika garis yang akan digunakan pada lantai, dinding maupun furniture merupakan garis yang tegak lurus khas retro style. Pola titik alias dotted juga bisa menjadi alternatif lainnya di dalam mendesain retro style pada hunianmu.

  1. Memainkan Kombinasi Warna Cerah

Jika melihat pada pewarnaan, ada sedikit kemiripan antara desain vintage dan retro. Kedua desain ini sama-sama memiliki ciri khas yang didominasi oleh beberapa kombinasi warna. Misalnya, desain retro yang memiliki ciri warna cerah dan hangat, sedangkan desain vintage memiliki kombinasi warna yang lebih lembut.

Dengan mengusung warna yang lebih cerah dan hangat, retro style dapat menunjukan kepribadian dari pemilik hunian yang lebih ceria serta mandiri. Kalian juga bisa menggunakan kombinasi warna yang cerah bersamaan dengan warna achromatic white dan hitam sebagai background.

  1. Menambah Penerangan

Salah satu aspek yang perlu diperhatikan jika ingin mengusung tema retro adalah dengan memberikan nuansa hangat di rumah. Kalian bisa menambahkan beberapa penerangan seperti lampu lantai atau lampu dengan desain jadul untuk mempertegas kesan retro pada hunianmu.

  1. Menggunakan Wallpaper Retro

Meski terkenal sebagai desain yang Old School, tetapi Retro Style tidak akan membuat hunianmu terlihat lebih kuno. Tentu saja akan ada nilai lebih dalam penerapan desain ini. Salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan memakai wallpaper retro di salah satu area ruangan untuk menjadi focal point interior. 

  1. Tambahkan Beberapa Barang Antik

Desain Retro

Tujuan dari penerapan retro style adalah untuk menciptakan suasana yang lebih nyaman, hangat, dan menenangkan. Karena hal ini, pemilik hunian cenderung menggunakan beberapa perabotan antik di rumah. Misalnya vinyl recorder, radio jadul, dll. Barang antik tersebut dapat dipadukan dengan aksesoris pigura, bantal, dan lampu model vintage. Selain itu, Kalian juga bisa menambahkan karpet warna-warni, tempat duduk dengan warna cerah, atau bantal bermotif dengan warna yang kontras. 

Selain perabot-perabot unik, perlengkapan rumah tangga lainnya juga perlu dipilih sesuai dengan tema retro yang kalian usung. Misalnya seperti pemilihan warna pada tangki air yang memiliki kesan cerah, lembut, dan estetik. Namun, biasanya tangki air hanya memiliki beberapa varian warna saja, seperti oranye, biru, dan hitam. Tapi kalian tidak perlu khawatir, karena Penguin menyediakan tangki air dengan berbagai ukuran dan pilihan warna menarik yang mudah disesuaikan dengan kebutuhan rumahmu.

Desain Retro

Tangki air Penguin dilengkapi teknologi Light-Proof yang menghasilkan dinding kedap cahaya, sehingga sinar matahari tidak tembus dan tangki bebas dari pertumbuhan lumut. 

Tangki Penguin juga dilapisi perlindungan Ultrashield yang mampu menjaga warna tangki agar tidak cepat pudar, serta teknologi Activeguard+ yang efektif mengurangi pertumbuhan kuman dan jamur agar air tetap higienis.

Desain Retro

Sumber Gambar : Penguin.id

Selain itu, Penguin juga memiliki tiga warna baru dengan tema Retro Collections, yang terdiri dari Peach, Tosca, dan Mocca. Ketiga warna ini sangat cocok dipadukan dengan desain ala retro, membuat tampilan rumah terlihat unik dan estetik. 

Itulah sedikit tips untuk menghidupkan kembali retro style di rumah kalian. Jika kalian membutuhkan tangki air yang berkualitas untuk rumah atau usaha kalian, jangan ragu untuk memilih tangki air yang satu ini. Kalian bisa membelinya lewat Tokopedia dan Shopee, atau mengunjungi langsung Website Penguin Indonesia.

About author

Related posts
Arsitektur & Interior

Tips Merawat Tangki Air Agar Bebas Lumut dan Tahan Lama

Arsitektur & Interior

Tips Mendesain Cafe Unik, Bikin Penasaran!

Arsitektur & Interior

Kesalahan Yang Sering Terjadi Dalam Menata Multifunctional Space Pada Hunian

Arsitektur & Interior

Seni Membangun Ruang: Ruang Tidak Hanya Punya Fungsi tapi Juga Ada Citranya!