Arsitektur & Interior

Desain Rumah Minimalis tapi Juga Mewah, Memang Bisa? Yuk Cari Tahu!

Sudah menjadi sebuah rahasia umum jika dalam membangun rumah, diperlukan seorang arsitek dan seorang desainer interior untuk mendesain ruang dalam rumah. Salah satu primadona desain interior hunian adalah dengan desain rumah minimalis biasa yang identik dengan penggunaan warna yang monokromatik. Walaupun memiliki image yang kuat terhadap kesederhanaan namun tidak menutup kemungkinan bahwa gaya desain minimalis bisa menimbulkan nuansa Luxury.

Seringkali orang menganggap Luxury sebagai gaya desain. Pada nyatanya Luxury yang memiliki arti kemewahan merupakan kata sifat yang bukan termasuk kedalam kategori gaya desain. Luxury bisa masuk kedalam berbagai gaya desain tergantung bagaimana pengolahan gaya desain tersebut. Selain ada gaya yang dipancarkan pada ruang penting juga untuk menimbulkan nuansa pada ruang.

Berikut beberapa tips membuat gaya desain minimalis dapat terlihat tetap mewah :

  1. Memaksimalkan penggunaan ruang

Gaya desain minimalis dapat terlihat lebih mewah dengan memaksimalkan penggunaan ruang. Memaksimalkan penggunaan ruang dapat dilakukan dengan meminimalisir adanya sekat antar ruang.

Sebisa mungkin tidak menggunakan full block sekat (tidak meruang), gunakan sekat yang memiliki transparansi ataupun lubang sehingga tidak sepenuhnya memisahkan ruang. Selain itu sekat yang tidak terlalu tertutup dapat membuat ruangan tidak menjadi sempit sekaligus indah sebagai dekorasi. Penataan furniture yang fungsional juga dapat memaksimalkan penggunaan ruang kebutuhan sirkulasi ruang akan tetap terpenuhi dengan baik.

  1. Memberi Sentuhan Warna Emas

Sumber : pbteen.com

Warna emas melambangkan kesuksesan, kemewahan, kemenangan, kemakmuran, dan prestasi. Warna emas mampu memberikan kesan ruang yang elegan sehingga menimbulkan nuansa Luxury.

Pengapllikasian warna emas tidak melulu secara penuh dengan memberikan sentuhan kecil dapat memberi pengaruh yang besar, seperti menambahkan aksesoris berwarna emas, memberi handle handle warna emas pada perabot solid, memajang pigura dengan bingkai berwarna emas, dan sebagainya.

  1. Menggunakan Material “Mahal”

Desain rumah Minimalis

Sumber : pinterst.com

Pada ruang dengan gaya desain Minimalis yang menanamkan kesederhanaan bisa menggunakan material-material “mahal”. Mahal yang dimaksud bukan berarti harus selalu memiliki harga yang mahal, tetapi material yang digunakan dapat menunjukan kemewahan dikarenakan texture dan warnanya yang kebanyakan berasal dari bahan mentah ataupun material dengan tekstur tertentu seperti batu marmer, granit, batu alam, kayu dengan natural wax, kain velvet dan sebagainya. Pengaplikasian materialnya bisa pada dinding, lantai, plafon, perabot, dan aksesori tambahan lainnya.

  1. Menggunakan Warna Monokrom

Sumber : roveconcepts.com

Warna yang digunakan dalam gaya desain minimalis biasanya terbatas antara putih, beige atau abu-abu dan sejenisnya. Menggunakan warna atau material yang sederhana (tidak lebih dari 3 macam) dan netral juga bisa memberikan nuansa yang mewah karena adanya keselarasan ruang dan kemampuan memberi kesan luas dan bersih, namun tidak menutup kemungkinan juga untuk menggunakan atau menambahkan warna lain sebagai focal point. Selain menampilkan kesan yang lebih luas dan bersih, warna – warna yang sederhana ini dapat lebih mudah menyesuaikan dengan dekorasi yang akan digunakan tanpa khawatir jika dekorasi tersebut nantinya akan bentrok atau tidak cocok di dalam ruangan tersebut.

  1. Pemaksimalan Fungsi Perabot

Desain rumah Minimalis

Sumber Gambar : The Home Depot

Masyarakat pada saat ini lebih banyak yang menyukai perabot fungsional dibanding dengan perabot yang hanya berfungsi sebagai dekorasi ataupun pemanis ruangan. Perabot multifungsi sangat menarik minat masyarakat terutama bagi masyarakat yang memiliki tempat tinggal dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Memberikan kesan yang luas pada rumah dapat diperoleh dengan pemanfaatan ruang secara maksimal pada perabot yang digunakan.

  1. Penataan cahaya

Desain rumah Minimalis

Sumber : behance.com

Salah satu trik untuk dapat membuat ruang yang sempit dan sepi terlihat luas dan megah dengan permainan lampu yang tepat. Penataan cahaya pada ruang dapat berpengaruh terhadap nuansa apa yang ingin dihadirkan ke dalam ruang. Menghadirkan jendela yang besar dapat memberikan masuknya pencahayaan alami secara maksimal sehingga membuat ruang tampak luas dan bersih.

Baca Juga :   Sayangi Bumi, Intip Kreasi Produk Interior Dari Sampah Tekstil Yang Estetik!

Selain itu cahaya alami dapat masuk secara maksimal dengan memanfaatkan sistem skylight pada atap rumah. Tidak hanya pencahayaan alami tetapi penataan pencahayaan buatan yang tepat pun dapat menghadirkan nuansa yang berbeda.

 

Itulah beberapa tips yang bisa diaplikasikan jika ingin menggunakan gaya desain minimalis namun tetap dapat terlihat Luxury.

 

Ditulis Oleh

Maureen Alisea

Universitas Kristen Petra jurusan Desain Interior

Social media : @maureenalisea

About author

Related posts
Arsitektur & Interior

Sistem Penghawaan,Pencahayaan Dan Teknologi Smart Home Dalam Mengantisipasi Penyebaran Covid-19

Arsitektur & Interior

Wabi-sabi dalam sebuah Desain Furniture

Arsitektur & Interior

Rumah Kecil: Trend Hunian Millenial

Arsitektur & Interior

Ciptakan Suasana Rumah Anti Stress dengan Konsep Zen Living

Leave a Reply

Your email address will not be published.