Arsitektur & Interior

Inspirasi Desain Tiny House, Rumah Ukuran Mungil yang Mencukupi Kebutuhan

desain tiny house

Dulu kamu mungkin berpikir bahwa rumah yang bagus itu adalah rumah yang berukuran besar dan luas. Namun seiring berjalannya waktu harga properti semakin merangkak naik sehingga cukup menyulitkan beberapa orang untuk memilikinya. Oleh karena itu, harus ada jalan lain agar tetap bisa memiliki rumah seperti beralih ke tiny house.

Tiny house adalah rumah berukuran kecil tapi bisa memuat segala bagian interior rumah seperti pada umumnya. Di Indonesia, desain rumah seperti ini masih terdengar asing tapi kamu bisa mulai memikirkannya untuk tempat tinggal awal sembari menabung membeli atau membangun rumah. Berikut ini ada lima desain inspirasi tiny house yang bisa kamu coba wujudkan dalam membangun rumah baru.

1. Desain Nyentrik dari Kendaraan yang Dimodifikasi

desain rumah tiny house

sumber: tinyhousedesign.com

Bosan dengan desain rumah yang itu-itu aja? Kini saatnya kamu bisa mewujudkan rumah yang agak nyentrik dengan konsep tiny house. Misalkan pada desain tiny house berikut ini yang memiliki keunikan pada bagian bawah rumah. Ada roda-roda yang membuat rumah ini seperti karavan berjalan. Kamu bisa memiliki rumah ini dengan menggunakan bekas kendaraan yang sudah dimodifikasi bagian dalamnya. Dalam desain ini digunakan dinding beraksen kayu dan bukaan jendela dan pintu yang lebar.

2. Ukuran Kecil Tidak Masalah dengan Konsep Minimalis

ukuran rumah tiny house

sumber: tinyhousedesign.com

Tiny house tetap bisa menjadi hunian yang sama layaknya rumah biasa walaupun berukuran jauh lebih kecil dan sempit. Kamu bisa memadukan konsep rumah seperti ini dengan konsep minimalis. Pada konsep minimalis terdapat aturan untuk membuat suatu barang menjadi cukup multifungsi. Misalkan ukuran rumahmu tidak mencukupi untuk memiliki meja yang dipakai untuk bekerja atau hal lain yang sementara. Kamu bisa memilih alternatif memiliki meja dengan hanya alas permukaan meja yang disambungkan pada dinding kabinet.

3. Hunian Sederhana dalam Satu Petak Kecil Bukan Halangan

Hunian petak tiny House

sumber: dhoumm.co

Rumah berbentuk kubus mungkin sudah pernah terlintas dalam pikiranmu tapi belum berani untuk mewujudkannya. Padahal bentuk rumah yang seperti ini tetap bisa kamu wujudkan, loh. Kamu tetap bisa memiliki ruang tamu, berkumpul, kamar tidur, dapur, dan kamar mandi. Hanya saja tata letaknya harus menyesuaikan ukuran. Pilihan untuk menata ruangan-ruangan secara vertikal adalah lebih baik. Sebagai contoh desain, kamu bisa meletakkan kamar tidur di bagian atas dan bersinggungan dengan area lain di bawahnya.

Baca Juga :   Bikin Hunian Jadi Super Nyaman dengan Gaya Interior Hygge
About author

Related posts
Arsitektur & Interior

Ide Patung Dekorasi di Rumah Yang Menambah Kesan Artistik!

Arsitektur & Interior

Yuk, Kenalan Sama Rumah Adat Mbaru Niang Khas NTT!

Arsitektur & Interior

Ide Kreasi Botol Bekas Yang Memiliki Nilai Seni Tinggi!

Arsitektur & Interior

Mau Punya Kamar Aesthetic? Wajib Beli 5 Item Ini!