Arsitektur & Interior

Desainer Interior Wajib Tahu Cara Menciptakan Lingkungan Rumah Sakit yang ‘Menyembuhkan’

Rumah sakit adalah fasilitas kesehatan yang tak jarang banyak membuat orang takut saat mengunjunginya. Suasana rumah sakit yang identik dengan perawatan medis dan dokter membuat banyak orang merasa cemas untuk mendatanginya.

Apakah Anda akan pergi ke rumah sakit atau periksa ke dokter saat ada keluhan serius saja? Bisa jadi orang-orang tertentu tetap menolak ke rumah sakit meski sudah mengalami berbagai macam penyakit. Namun, pemeriksaan kesehatan bisa berakibat fatal jika terus ditunda-tunda.

Salah satu hal yang bisa membantu untuk mengurangi rasa ketakutan dan kecemasan tersebut ialah melalui faktor lingkungan yang ada pada rumah sakit.

Perancangan desain rumah sakit perlu ditingkatkan agar pelayanan bagi masyarakat juga bisa berkembang dan dapat bersaing dengan rumah sakit luar negeri yang menciptakan rumah sakit sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Secara tidak langsung, lingkungan rumah sakit yang menyenangkan dapat berpengaruh pada keadaan psikologis pasien dan proses penyembuhannya.

Sumber Gambar : archdaily.com

Apa itu lingkungan rumah sakit yang menyembuhkan? Lingkungan penyembuhan atau yang biasa disebut healing environment didefiniskan sebagai lingkungan yang memiliki efek memelihara dan terapeutik, yaitu dapat menolong dalam proses pemulihan pasiennya.

Lingkungan rumah sakit yang dirancang dengan baik dapat mengurangi kecemasan dan stress pasien, mempercepat pemulihan, mempersingkat rawat inap, mengurangi penggunaan obat, dan mengurangi rasa sakit. Di sinilah desain fisik rumah sakit menjadi elemen penting yang harus diperhatikan untuk kesehatan, kesejahteraan, dan kenyamanan pasiennya.

Elemen Desain Untuk Konsep Healing Environment

Berikut adalah elemen desain yang harus diperhatikan bagi para desainer interior yang akan mengerjakan projek mendesain rumah sakit agar membuat pasien tidak takut sekaligus membantu pemulihannya.

Elemen tata ruang dalam untuk konsep healing environment, meliputi:

Lingkungan Rumah Sakit

Sumber Gambar : inpd.co.uk

  • Paparan alam seperti adanya ruang yang memiliki akses pemandangan ke luar, taman buatan pada interior atau eksterior, akuarium, dan seni dengan tema alam
  • Warna yang menenangkan, cahaya alami, suara yang menyenangkan, kebersihan, rangsangan visual seperti karya seni
  • Mengurangi tekanan lingkungan seperti kebisingan, silau dari lampu, dan kualitas udara yang buruk
  • Kamar nyaman dengan tempat duduk yang bisa diatur untuk kunjungan keluarga dan teman
  • Mendorong pasien untuk mempersonalisasi kamar mereka dengan barang-barang pribadi khusus yang memberikan kenyamanan bagi mereka.

Tak hanya desain ruang dalam saja yang perlu diperhatikan, namun ruang luar pada bangunan rumah sakit juga wajib di desain agar bisa mendukung dan memaksimalkan lingkungan ruamh sakit yang menyembuhkan.

Lingkungan Rumah Sakit

Sumber Gambar : spokesman.com

Elemen tata ruang luar untuk konsep healing environment yang paling menonjol ialah adanya ruang hijau yang dapat diwujudkan dengan adanya healing garden atau taman penyembuh. Keberadaan taman ini dapat dimanfaatkan bagi pasien sebagai saran terapi alam yang memungkinkan manusia berinteraksi langsung dengan alam.

Alam merupakan salah satu aspek dalam healing environment yang mudah dicapai dan memiliki kaitannya dengan indra manusia. Alam juga dapat memberikan efek yang baik untuk menurunkan tekanan darah, hormon stress, serta meningkatkan energi.

Kontribusi lingkungan pada proses penyembuhan pasien dapat mencapai 40%, sedangkan faktor medis 10%, faktor genetis 20%, dan faktor lainnya 30%. Kedua elemen inilah yang perlu diperhatikan dalam menciptakan lingkungan yang membantu menenangkan pasien dan memperkuat kemampuan mereka untuk mengatasi dan memulihkan diri.

Nah, untuk lebih memahami bagaimana penerapan desain dengan konsep healing environment, yuk simak contoh pengaplikasiannya pada rumah sakit di bawah ini !

Rumah Sakit Pondok Indah Bintaro (Jakarta, Indonesia)

Rumah sakit ini memiliki desain yang eksklusif dan nuansa konsep yang green dan homey. Lingkungan di sekitar rumah sakit di desain sedemikian rupa untuk memberikan kontribusi penting bagi psikologis pasien dalam proses pemulihannya.

Pengaplikasiannya dapat terlihat dengan adanya akses cahaya alami yang dimaksimalkan. Penggunaan cahaya lampu dengan tone yang hangat, dan jendela kaca besar yang membingkai pemandangan pasien dari kamar tidur. Selain itu, di kamar tidur pasien juga disediakan tempat duduk yang nyaman untuk keluarga atau kerabat yang berkunjung.

Lingkungan Rumah Sakit

Sumber Gambar : archdaily.com

Selain di kamar, konsep healing environment juga dapat terlihat pada area lobby utama rumah sakit ini lho ! Adanya unsur alam berupa taman buatan dengan dekorasi patung binatang jerapah, flamingo, dan burung membuat kesan yang santai dan menyenangkan seperti sedang tidak berada di rumah sakit. Warna-warna yang diaplikasikan juga dominan menggunakan warna yang hangat dan netral. Desain pada RS Pondok Indah Group ini sengaja di desain sedemikian rupa. Agar dapat mendukung proses pemulihan pasien yang sesuai dengan konsepnya yaitu “Getting better starts from feeling better”.

Sumber Gambar : worldbuildingsdirectory.com

Dapat dilihat dari contoh penerapan pada rumah sakit diatas menunjukkan bahwa desain dan konsep rumah sakit yang berbeda dari biasanya dapat menghapus paradigma yang berkembang bahwa rumah sakit hanya dikhususkan bagi orang yang sakit.

Suasana yang menyenangkan dalam arti memiliki dekorasi yang tidak membuat jenuh, seperti suasana pada hotel atau bahkan rumah sendiri dapat menjadi suatu ide baru bagi perancangan desain rumah sakit nantinya. Jadi, rumah sakit tidak lagi menjadi tempat yang ditakuti bagi masyarakat melainkan dapat menjadi rumah yang sehat, nyaman, dan menyembuhkan.

Sumber:

https://www.montefiore.org/healingarts-healing-environment

https://www.academia.edu/9640504/Peran_Healing_Environment_Terhadap_Proses_Penyembuhan

https://nakita.grid.id/read/0220329/ada-binatang-lepas-di-rumah-sakit-pondok-indah-bintaro-jaya?page=all

https://www.archdaily.com/922571/pondok-indah-bintaro-jaya-hospital-silver-thomas-hanley

Penulis:
Maura Millenia Handri | Program Studi Desain Interior Universitas Kristen Petra
About author

Related posts
Arsitektur & Interior

Tips Elemen Dekorasi Interior Pada Toko Elektronik

Arsitektur & Interior

4 Inspirasi Karakter Pada Ruang Komersial Konsep Industrial Yang Bisa Kamu Coba!

Arsitektur & Interior

Pengaruh Desain Pada Nona Manis Dimsum Club & Nyonya Manis Drinking Club Malang Pada Psikologi Pengunjung

Arsitektur & Interior

Yuk, Intip Green House Coworking Dengan Konsep Green Design!

Leave a Reply

Your email address will not be published.