Creativepreneur and Career

Cantumkan Hal Ini Dalam Deskripsi Diri di CV Biar Dilirik HRD

deskripsi diri

CV adalah salah satu aspek penting dalam satu bendel berkas untuk melamar kerja atau acara tertentu. Di dalam CV terdapat beberapa bagian seperti data diri dan perjalanan hidup secara singkat. Kemudian masih ada satu bagian lagi yang kadang sering diabaikan para pembuat CV yaitu deskripsi diri. Pada bagian ini bisa dibilang lebih panjang dan seperti uraian yang paling menggambarkan kamu. Namun pemahaman deskripsi diri bukan berarti bagian yang menceritakan orang yang seperti apakah kamu tapi apa kemampuan yang kamu miliki untuk melamar posisi tersebut. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah isi deskripsi diri di CV yang bisa kamu cantumkan.

Cantumkan Pencapaian Terbaik

Cantumkan Pencapaian Terbaik

sumber: employeetestingcenter.com

Dari sekian banyak pencapaian yang sudah kamu peroleh, pasti ada satu atau beberapa pencapaian yang merupakan pencapaian terbaik. Pilih pencapaian terbaik tersebut untuk dicantumkan di deskripsi diri. Sesuaikan juga pencapaian yang relevan dengan posisi yang kamu lamar atau kegiatan yang kamu ikuti. Kalau tidak ada pencapaian yang sesuai, tidak mengapa untuk dicantumkan karena HRD pasti memiliki penilaian tersendiri asal kamu bisa mengungkapkan keterkaitannya.

Tuliskan Kemampuan yang Relevan dengan Posisi yang Dilamar

Tuliskan Kemampuan yang Relevan di cv

sumber: shadyoakprimary.com

Untuk melamar satu posisi tertentu, kamu butuh bekal kemampuan yang cukup untuk menangani hal tersebut nantinya. Kamu bisa mencantumkan kemampuan-kemampuan yang telah kamu dapatkan dari pengalaman atau pekerjaan sebelumnya untuk ditawarkan. Cukup cantumkan kemampuan yang sesuai agar tidak terlalu banyak informasi yang diterima. Misalkan kamu ingin melamar posisi videografer, kamu bisa menjabarkan kemampuan untuk mengoperasikan kamera, software edit video, dan lain sebagainya.

Baca Juga :   Cara Membuat Portofolio Kreatif

Manfaatkan Data Angka untuk Penekanan

Manfaatkan Data Angka untuk Penekanan

sumber: leansimulations.org

Sekadar kata-kata kadang terasa hambar dan membuat bosan orang yang membaca. Oleh karena itu, ada baiknya jika kamu memanfaatkan data angka sebagai penekanan deskripsi diri. Misalkan pada bagian kemampuan atau pencapaian bisa kamu deskripsikan dalam angka jika memungkinkan. Misal kamu mampu menaikkan omset penjualan hingga x persen dalam jangka waktu y bulan.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Apa Itu Predictive Marketing, Manfaat dan Penerapannya dalam Bisnis Online?

Creativepreneur and Career

Nggak Asal Nulis, Ini 6 Skill yang Harus Dimiliki Copywriter

Creativepreneur and Career

Mau Keuntungan Meningkat? Ini Dia Cara Memaksimalkan Manajemen Bisnis Roti!

Creativepreneur and Career

Pengertian dan Tips Brand Refresh, Strategi Segarkan Merk Anti Ribet