Arsitektur & Interior

Membangun Suasana Meja Kerja dan Belajar yang Baru Dengan Deskterior

“WFH (Work from home)” merupakan kata yang sering kita dengar bahkan kita gunakan saat ini. Pandemi Covid membuat kita harus bekerja dan belajar di rumah saja. Suasana kerja dan belajar yang dulu lebih beragam dan asik, saat ini hanya monoton itu-itu saja, sehingga rasa bosan dan tidak mood sering kita alami. Jika kamu butuh suasana baru, tapi bingung harus apa,Deskterior bisa menjadi salah satu jawaban dari masalah tersebut.

Apa itu Deskterior?

Deskterior, gabungan dari kata ‘desk’ (meja) dan ‘interior’, adalah tindakan mendekorasi meja kerja dengan barang-barang yang disukai. Mendesain area kerja kita dapat memberikan suasana kerja dan belajar yang baru, membantu kita untuk lebih produktif, dan memberikan kesan nyaman pada area kerja selama waktu kerja. Deskterior dapat dilakukan sesuai dengan selera dan kebutuhan kita. Mau simple, klasik, hingga unik bisa kalian pilih untuk desain deskterior kalian.

Deskterior

Sumber Gambar : Dokumentasi Penulis

Tips untuk melakukan Deskterior di Rumah

Untuk mendesain meja kerja, kamu bisa melakukannya dengan mudah dan cepat. Berikut ini adalah beberapa tips buat kalian yang ingin melakukan deskterior di rumah.

Membeli atau Membuat Sendiri Barang-Barang Yang Dibutuhkan

Deskterior

Sumber Gambar : Dokumentasi Penulis

Barang-barang yang tentu saja kalian butuhan di meja kerja adalah tempat untuk menyimpan alat tulis, tempat untuk buku, dll. Saat ini semua itu dapat dengan mudah kalian beli baik secara langsung di toko ataupun secara online. Tapi jangan salah kalian juga bisa membuatnya sendiri dengan mudah dari kertas karton ataupun kardus yang kemudian kalian desain sesuai dengan keinginan kalian.

Menggunakan tanaman

Tanamanan asli memiliki banyak manfaat bagi kalian. Selain untuk mendekorasi ruang, tanaman juga dapat membersihkan udara hingga racun di dalam ruangan kalian. Jadi memilih tanaman menjadi salah satu barang untuk mendesain meja kerja, merupakan pilihan yang tepat

Pemilihan warna yang sesuai

Taukan kalian warna memiliki pengaruhi psikologis pada manusia? Oleh karena itu pemilihan warna sangat penting dalam mendesain meja kerja kalian. Beberapa warna yang bisa kalian pilih untuk desain meja kerja kalian, warna biru akan memberikan kesan nyaman, rileks, dan optimis. Warna coklat dapat meningkatkan mood kalian. Warna kuning membuat kita lebih percaya diri dan mempertajam ingatan. Tapi kalian juga bisa memilih warna sesuai dengan selera kalian.

Baca Juga :   8 Rekomendasi Aplikasi Desain Rumah Terbaik Tahun 2019

Jadwal kerja atau belajar

Jadwal membantu kita untuk tetap ingat tugas yang harus kita kerjakan, dengan meletakan jadwal pada meja kerja yang mudah dilihat akan mengingatkan kapan deadline kalian.

Memanfaatkan lampu hias

Sumber Gambar : Dokumentasi Penulis

Lampu hias sangat mempengaruhi suasana dari meja belajar kalian. Memberikan lampu hias dapat memberikan kesan estetik dan nyaman. Tapi tetap harus memperhatikan warna dari lampunya ya, karena warna lampu juga akan mempengaruhi suasana meja kerja. Lampu warna warm bisa menjadi pilihan yang tepat untuk digunakan. Foto-foto dan hiasan

Deskterior

Sumber Gambar : BBC

Menggunakan foto-foto yang menyimpan kenangan, seperti keluarga, teman, bahkan orang yang diidolakan bisa memotivasi kalian untuk bekerja dan belajar lebih semangat. Menempelkan quotes juga bisa salah satu penyemangat, atau meletakkan koleksi yang kalian punya seperti mainan, lego, puzzle.

Gunakan kursi dan meja yang nyaman

Sumber Gambar : Dokumentasi Penulis

Kenyamanan dalam bekerja dan belajar tentu saja sangat penting. Kursi dan meja kerja harus nyaman untuk digunakan dalam waktu yang lama. Kalian juga bisa menambahkan bantal atau kain, jika itu dapat meningkatkan kenyamanan kalian saat bekerja atau belajar

8 tips di atas bisa kalian terapkan saat akan mendesain meja kerja kalian. Dalam melakukan aktivitas deskterior yang terpenting adalah fokus pada diri kalian, kebutuhan, dan kenyamanan kalian. Karena tujuan utama dalam melakukan deksterior adalah membuat diri kalian merasa nyaman dan senang saat bekerja atau belajar. Oleh karena itu, desain yang berbeda dengan orang lain atau dengan foto yang sering kalian lihat di internet bukan jadi masalah yang perlu dipikirkan. Jadi, tertarik untuk mendesain meja kerja kalian?

Lydia Nathania Febe – Desain Interior – Universitas Kristen Petra

Instagram : @lydia_febe

About author

Related posts
Arsitektur & Interior

Sistem Penghawaan,Pencahayaan Dan Teknologi Smart Home Dalam Mengantisipasi Penyebaran Covid-19

Arsitektur & Interior

Wabi-sabi dalam sebuah Desain Furniture

Arsitektur & Interior

Rumah Kecil: Trend Hunian Millenial

Arsitektur & Interior

Ciptakan Suasana Rumah Anti Stress dengan Konsep Zen Living