Creativepreneur and Career

Digital Marketer, Definisi dan Skill yang Harus Kamu Punya

digital-marketer

Buat kamu yang memutuskan buat berbisnis di bidang digital, selamat! Kamu mengambil pilihan yang tepat! Soalnya, bisnis digital adalah bisnis yang bakal terus berkembang dengan pesat. Kamu juga bisa pakai teknologi digital untuk mempromosikan usaha yang sedang kamu tekuni. Metode pemasaran dengan memanfaatkan platform digital, seperti media sosial disebut dengan digital marketing. Otomatis, pihak yang melakukan usaha pemasaran secara online disebut dengan digital marketer. Nah, supaya trik pemasaranmu sukses, inilah skill yang harus kamu miliki.

  • Memaksimalkan Penggunaan Video

penggunaan-video

Sebagai digital marketer kamu harus bisa memaksimalkan video untuk promosi (Sumber: Pixabay.com)

Video bisa jadi salah satu platform yang bisa kamu maksimalkan dalam mempromosikan produk-produkmu. Dengan memanfaatkan video produk, kamu bisa menanamkan “trust” atau rasa percaya dari calon konsumen buat membeli produkmu. Kenyataannya, lebih dari 80% calon konsumen yang menonton videomu bakal lebih tergoda untuk beli produk yang ditawarkan.

Kalau kamu bisa mengoptimasi video tersebut, bakal semakin besar peluang calon konsumen yang datang membeli produkmu. Video juga bisa jadi sarana promosi yang ideal. Kamu bisa mengunggahnya di berbagai platform media sosial, seperti di Facebook, Instagram, atau bahkan di story Whatsapp.

  • Pengetahuan tentang SEO dan SEM

SEO-dan-SEM

Kuasai SEO dan SEM untuk maksimalkan website (Sumber: Pixabay.com)

Namanya teknik pemasaran via platform digital, wajib banget kenal SEO dan SEM. SEO atau Search Engine Optimization adalah teknik yang bisa bantu supaya situs yang kamu kelola dapat peringkat pertama di Google. Ini penting banget. Soalnya, dengan menduduki peringkat pertama di laman pencarian Google, peluang orang-orang dalam membaca kontenmu juga akan semakin banyak.

Sebagai digital marketer kamu memang nggak harus menguasai teknik-teknik kelas tinggi, seperti back-end dan lain sebagainya. Tapi, paling nggak kamu harus menguasai teknik SEO dasar. Salah satunya adalah menemukan dan menempatkan keyword yang disukai mesin algoritma Google.

SEO lebih marak digunakan karena teknik ini memang gratis. Beda lagi dengan teknik SEM. SEM atau Search Engine Marketing adalah trik pemasaran di platform online yang memanfaatkan bayaran pay per click. Untuk memanfaatkan SEM, kamu memang harus bayar sejumlah uang. Semakin banyak uang yang kamu gelontorkan, makin besar pula peluang SEM dalam menggaet calon konsumen. Biarpun sedikit beda, sebenarnya inti dari SEO dan SEM sama saja, kok. Tujuannya untuk meningkatkan traffic ke situs yang kamu kelola.

  • Punya Kemampuan Analisa yang Bagus

digital-marketing-SEO

Analisa traffic website, engagement, dan lain-lain harus kamu kuasai pula (Sumber: Pixabay.com)

Seorang peselancar profesional bisa membaca kecepatan angin dan ombak dengan baik. Nggak jauh berbeda dari kamu yang berkecimpung di bidang marketing online. Sebagai digital marketer, kamu harus bisa menganalisis target audience dari brand tersebut. Setelah itu, kamu juga harus bisa menerapkan strategi marketing yang pas buat target pasar itu. Misal, kamu harus tahu jenis platform media sosial dan pendekatan pemasaran seperti apa yang cocok buat target pasar di usia tertentu. Kemampuanmu dalam menganalisis juga dibutuhkan banget dalam memantau hasil dari strategi marketing yang kamu terapkan.

  • Punya Technical Skill yang Kuat

technical-skill-digital-marketer

Teknikal skill sudah pasti wajib dikuasai agar lancar bekerja sama dengan divisi lain (Sumber: Pixabay.com)

Kalau kamu bekerja sebagai digital marketer, pasti bakal sering berkomunikasi dengan anggota tim dari divisi lain. Misal, kamu akan menyusun strategi bareng tim konten atau website developer. Supaya komunikasi berlangsung lancar, paling nggak kamu harus menguasai beberapa istilah yang sering mereka gunakan. Sehingga, kamu jadi gampang berdiskusi buat menemukan formula strategi yang tepat.

  • Punya Gaya Komunikasi yang Baik

kemampuan-komunikasi

Sesuaikan kemampuan komunikasimu dengan anggota team agar lancar saat berdiskusi (Sumber: Pixabay.com)

Last but not least, kamu harus punya kemampuan komunikasi yang bagus. Kamu perlu bisa mengomunikasikan strategi pemasaran, progress, dan hasil dari strategi marketing tersebut dengan baik. Dalam hal promosi ke calon konsumen, gaya komunikasimu juga menentukan banget dalam menarik calon konsumen itu untuk membeli produk-produkmu. Semakin bagus gaya persuasifmu saat berkomunikasi, maka akan semakin besar pula peluang mereka untuk beli produk yang ditawarkan.

Nah, itulah 5 skill utama yang harus dimiliki digital marketer. Apakah kamu punya semua kualifikasi di atas?

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Cara Membangun Bisnis Fashion dengan Brand Sendiri, Cari Tahu di Sini!

Creativepreneur and Career

Cara Belajar Voice Over secara Otodidak untuk jadi Pengisi Suara Profesional

Creativepreneur and Career

Simak Tips Memulai Bisnis Furniture Dijamin Ampuh

Creativepreneur and Career

5 Tips Buka Jasa Video Shooting Rumahan Agar Sukses Bersaing