Creativepreneur and Career

Digital Storytelling, Cara Berbisnis Efektif di Era Digital

digital storytelling

Elemen Dasar Digital Storytelling

digital storytelling

Ilustrasi digital storytelling (sumber: designboxindia.com)

Buat kamu yang tertarik memasarkan bisnis lewat media digital, ada beberapa hal yang mesti kamu ketahui terlebih dahulu nih. Seperti yang dikutip dari artikel StoryTeller, 8 Fresh Digital Storytelling Ideas for Business (18/6/2017), ternyata digital storytelling memiliki beberapa elemen penting yang mendasar dalam proses perancangannya. Yuk disimak!

  1. Point of view, merupakan perspektif cerita yang kamu ambil untuk membangun cerita.
  2. Pertanyaan yang dramatis, sangat berguna untuk menahan atensi pengguna untuk melihat kontenmu.
  3. Konten yang emosional, konten digital storytelling yang baik adalah konten yang dapat mengikat emosi pengguna lewat cerita yang kamu buat. Sehingga kamu dapat menghubungkan pengguna dengan ceritamu.
  4. Menambahkan soundtrack, elemen audio ini berguna untuk mendukung dan memperindah cerita.
  5. Ekonomis, memilih cara paling efektif untuk menayangkan konten terbaik yang memiliki value tinggi tanpa membebani pengguna.
  6. Ritme, buatlah ritme yang baik untuk memengaruhi cara pengguna menanggapi kontenmu.
Baca Juga :   5 Tips Kreatif Main Instagram agar Kontenmu Lebih Menarik

Pentingnya Copywriting dan Visual Storytelling

visual storytelling

Contoh karya visual storytelling (sumber: migart.bard.berlin)

Sebagian besar hidup manusia menerima informasi dalam bentuk visual loh. Seperti halnya penelitian yang dilakukan oleh wishpond.com. Hasil penelitiannya pernah ditulis di dalam blognya loh.

Bahwa 90% otak manusia lebih banyak menerima informasi dalam bentuk visual. Inilah yang menjadi alasan kenapa seseorang lebih cepat mencerna informasi dalam bentuk visual ketimbang tekstual. 

Bentuk visualnya pun gak perlu yang ribet, GenK, karena foto, video, atau ilustrasi sederhana pun dapat membangkitkan ketertarikan pengguna terhadap bisnismu. Contoh yang paling mudah adalah desain packaging pada bisnis kuliner online. Seorang konsumen bisa memutuskan untuk membeli sebuah produk makanan hanya dari foto yang tertera di aplikasi layanan food delivery.

digital storytelling

Ilustrasi promosi digital dengan copywriting (sumber: alona.co.id)

Meskipun visual storytelling penting untuk mengembangkan bisnismu, tapi copywriting juga tidak bisa ditinggalkan begitu saja. Copywriting juga ikut mengambil andil untuk dapat menarik minat calon pengguna melirik bisnismu lewat kata-kata kreatif sesuai target audiens.

Tujuannya agar calon pengguna jadi tergugah untuk bertindak. Misalnya mereka jadi ingin membeli barang yang kamu jual, ingin mencoba, atau ingin membaca, GenK.

Nah, kalau visual dan teksnya sudah kece, dijamin siapa pun yang melihat kontenmu lewat digital bakal tertarik. Silakan dicoba, GenK! Tak lupa tetap lakukan A/B test untuk menemukan pola digital storytelling yang tepat untuk brand yang kamu bangun.


Simpulan

Itu dia penjelasan singkat seputar apa itu digital storytelling. Tidak hanya sampai di sini saja, GenK, karena kami masih akan membahas tentang tips dan trik digital storytelling yang efektif di artikel berikutnya. 

Jadi, jangan sampai ketinggalan update artikel terbaru di blog kami yah, karena kreativv ID adalah creative content platform yang selalu berusaha menginspirasi dan mendorong anak muda Indonesia untuk terus belajar dan berkarya di industri kreatif. Sampai jumpa di artikel berikutnya! 😉

Polling

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Pengertian dan Tips Brand Refresh, Strategi Segarkan Merk Anti Ribet

Creativepreneur and Career

Cara Membuat Brand Storytelling Super Mudah dengan 5 Panduan Ini

Creativepreneur and Career

5 Tips Membuat Portofolio Kreatif yang Sempurna dan Menarik Perhatian

Creativepreneur and Career

Kamu Hobi Bertani? Ini Dia Rekomendasi Channel Youtube Untuk Bertani