GenK LIFE

Dijamin Anti Miskin! Ini Dia Trik Menabung Dana Darurat!

Dana darurat merupakan sesuatu yang harus diperhatikan dan dikelola dengan baik. Selain sebagai simpanan, dana darurat dapat membantu kamu agar kamu tidak kecolongan selama membuat rencana keuangan untuk pribadi maupun keluarga. Akan tetapi, tidak semua orang tau bagaimana trik menabung dana darurat yang tepat. Berikut ini adalah beberapa trik yang bisa kamu gunakan untuk menabung dana darurat.

1. Membuat Rincian Anggaran Biaya Hidup

Sumber Gambar : finansialku.com

Trik yang pertama untuk menabung dana darurat yang pertama kali bisa kamu lakukan adalah dengan membuat rencana anggaran biaya hidup. Bisa dengan cara mencatat, atau merancang pengeluaran dan pemasukan rutin tiap bulan.

Dengan cara ini, kamu bisa tau berapa banyak uang yang bisa kamu masukan sebagai dana darurat keluarga. 

Berdasarkan berbagai sumber, dana darurat yang ideal untuk dialokasikan adalah sebesar 20% dari total pendapatanmu setiap bulan. Akan tetapi, ini tidak bisa dijadikan sebagai patokan.

Dengan begitu, kamu lebih mudah mengetahui berapa jumlah uang yang bisa dialokasikan sebagai tabungan dana darurat keluarga.

Alangkah lebih baik, kamu memasukan dana darat sesuai dengan alokasi tabungan keluarga dan juga kebutuhan biayamu.

2. Langsung Potong Setelah Gajian

Sumber Gambar : glints.com

Trik berikutnya adalah langsung memotong atau mengalokasikan dana setelah kamu gajian atau mendapatkan pemasukan yang cukup besar. Terkadang, jika kamu menggunakan uang sisa dari gajimu, kamu akan lebih sulit menabung.

Dengan mengalokasikan sejumlah dana tabungan darurat di awal setelah menabung, kamu tidak perlu khawatir dengan kehabisan uang di akhir bulan. Selain itu, kamu juga dapat lebih mudah mengalokasikan sejumlah besar uang ke dalam tabunganmu dibandingkan dengan mengalokasikan dana pada akhir bulan.

3. Simpan Di Rekening Terpisah

Menabung Dana Darurat

Sumber Gambar : bigalpha.id

Berikutnya adalah dengan menyimpan uang tabunganmu pada rekening terpisah dari rekening yang biasanya kamu gunakan untuk pengeluaran atau biaya hidup sehari-hari.

Dengan melakukan trik ini, kamu bisa lebih mudah untuk memantau jumlah dana tabungan darurat yang telah kamu kumpulkan.

4. Tentukan Target Yang Wajar

Menabung Dana Darurat

Sumber Gambar : helloneu.com

Berapa sih, dana darurat yang ideal? Tentunya tidak semua orang memiliki jumlah dana darurat ideal yang berbeda-beda. Semua tergantung dengan jumlah pemasukan yang didapat serta kebutuhan hidup dari masing-masing orang.

Akan tetapi, sebagian besar pakar keuangan mengatakan bahwa jumlah dana darurat keluarga yang direkomendasikan harus mencakup pengeluaran rumah tangga selama tiga hingga enam bulan. 

5. Lakukan Secara Bertahap dan Konsisten

Menabung Dana Darurat

Sumber Gambar : rhody.com

Dan yang terakhir dari trik menabung dana darurat adalah konsistensi yang stabil, sehingga bisa segera tercapai sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan. Tentu saja. kamu bisa menabung secara bertahap. Dimulai dengan sedikit demi sedikit hingga terkumpul dana darurat yang ideal sesuai kebutuhanmu. 

Jangan lupa untuk menghindari perilaku konsumtif yang bisa membuat kamu sulit menerapkan cara menabung dana darurat ini.

Jika diperlukan, kamu bisa memperkecil pengeluaran dan menambah pemasukan dengan mencari side job yang bisa dikerjakan secara fleksibel di sela-sela pekerjaanmu. Hindari penggunaan kartu kredit maupun pinjaman online untuk kebutuhan konsumtif.

Nah, mulai sekarang kamu bisa menerapkan cara menabung dana darurat keluarga dengan lebih baik. Semoga panduan keuangan tadi bisa memudahkan kamu untuk segera mendapatkan tabungan dana darurat keluarga sesuai dengan kebutuhan. 

Jangan lupa, hanya gunakan tabungan darurat keluarga untuk kebutuhan mendesak yang tidak terduga. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!

About author

Related posts
GenK LIFE

Menjaga Hidrasi Kulit dengan Glow Better Coconut Series. Yuk Ketahui Urutan Pakainya!

GenK LIFE

10+ Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2022 untuk Keluarga, Teman hingga Pacar

GenK LIFE

Kenali 5 Jenis Jerawat dan Tips Mengatasinya Agar Tidak Membekas

GenK LIFE

Olahraga Saat Puasa? Why Not! Ini Jenis Olahraga yang Dapat Kamu Lakukan di Bulan Ramadan

Leave a Reply

Your email address will not be published.