Film, Animasi & Video

The Divergent dan Cerita Dunia Masa Depan yang Berbahaya

Apa jadinya jika kamu harus memilih antara menyelamatkan keluarga dan tempatmu bernaung? Tentukan pilihanmu di salah satu faksi yang ada lewat trilogi film super seru berjudul The Divergent yang pastinya siap menyingkirkan rasa bosanmu. 

1. Divergent 

Trilogi Divergent menawarkan kisah fantasi sci-fi di mana manusia terbagi menjadi lima faksi atau golongan. Setiap remaja saat usia 16 tahun harus memilih untuk masuk salah satu dari lima faksi yaitu Candor yang memiliki sifat jujur, Erudite yang memiliki sifat genius, Amity memiliki sifat cinta damai, Dauntless memiliki sifat pemberani dan Abnegation yang memiliki sifat penolong tanpa pamrih. Mereka yang memiliki lebih dari satu faksi, disebut Divergent, dianggap berbahaya dan menjadi target Jeanine Matthews (Kate Winslet) dari faksi Erudite untuk dibunuh. Beatrice harus terus menyembunyikan identitas aslinya bahwa dia seorang Divergent. Hal ini akhirnya diketahui oleh Four, sehingga dia terus melatih Beatrice agar bisa berfikir sebagai Dauntless. Hubungan mereka semakin dekat dan Beatrice pun mengetahui bahwa Four adalah seorang Divergent. 

Sampai akhirnya mereka mengetahui ada rencana jahat dari Erudite untuk menggulingkan Abnegation. Erudite menggunakan alat untuk mengendalikan pikiran kepada tentara Dauntless. Alat tersebut tidak berpengaruh untuk seorang Divergent, sehingga Tris dan Four berusaha untuk menyelamatkan semuanya. Perlawanan yang kurang seimbang dari Abnegation menyebabkan banyak korban jiwa, salah satunya adalah kedua orang tua Beatrice. Kedua sangat berjasa untuk membantu keberhasilan Beatrice menggagalkan rencana jahat Erudite. Di tengah kekacauan ini, Beatrice, Caleb, Four dan lainnya pergi menuju zona pengasingan untuk membuat rencana berikut.

2. Insurgent 

Berlanjut ke sekuel Divergent berjudul Insurgent nih. Dikisahkan, dunia baru yang diatur berdasarkan faksi, kini mulai mengejar kaum Divergent. Kelompok itu dianggap sebagai pemberontak dan berpotensi memecah belah keberagaman faksi. Salah satu yang masuk kelompok divergent adalah Beatrice ‘Tris’ Prior dan tengah dihadapkan dengan dilema dalam melawan kejaran faksi lain. Tak sendiri, Tris berjuang bersama Tobias ‘Four’ Eaton , kekasih hati yang membuatnya terus bertahan dari kejaran. Tris dan Four berada dalam kejaran Jeanine Matthews, pemimpin faksi Erudite. Dalam pelarian yang diliputi banyak pembelotan itu, mereka sedang mencari sekutu untuk membantunya. Di tengah perlawanan itu, Tris harus menghadapi pikirannya akan masa lalu yang buruk. Rasa sedih hingga putus asa pun hinggap dan membuat kekuatan Tris dalam memberontak menjadi goyah. Berhasilkah Tris tetap mempertahankan cintanya untuk Four? Mampukah keduanya terus berlari dari kejaran para musuh?

3. Allegiant 

Di film ketiga, penonton akan kehilangan akting Winslet yang baru pertama kali berperan sebagai tokoh antagonis. Ini karena Evelyn (Naomi Watts) yang berambisi menjadi penguasa baru melenyapkan semua orang yang dianggap berpotensi merintangi keinginannya. Terkuaknya kotak rahasia menyadarkan warga Chicago bahwa kota yang mereka tempati selama ini tak lain hanyalah sebuah tempat percobaan. Ternyata ada dunia lain di luar dinding pemisah kota yang mengatur eksperimen ini yang disebut bertujuan mengembalikan perikemanusiaan. Selama ini warga Chicago dibuat percaya bahwa mereka adalah satu-satunya komunitas manusia yang diselamatkan dari dunia luar yang dilanda kehancuran. 

Para divergent seperti Tris disebut sebagai hasil sukses percobaan sehingga membawa harapan bagi kelangsungan hidup manusia. Ini membuat Tris dan kawan-kawan tertantang untuk datang ke dunia baru, seperti digambarkan pada pembuka film ketiga. Harus memilih Four harus memilih apakah ia akan mendampingi Tris atau mengikuti Evelyn, ibunya yang baru saja ia temukan lagi setelah berpisah selama belasan tahun. Perjuangan Tris menembus tembok juga tidak mudah karena Evelyn menghalangi warganya yang berusaha menyeberang ke dunia baru. Pelarian menuju dunia di balik dinding membawa pada kenyataan baru yang mengejutkan. Tris bertemu David (Jeff Daniels), tokoh kunci di balik eksperimen.

David adalah kepala Biro Kesejahteraan Genetik yang selama ini bertanggung jawab terhadap percobaan yang dilakukan di Chicago. Untuk meyakinkan Tris, David mengungkap rahasia masa kecil Natalie Prior, ibunda Tris. Kenyataan bahwa Tris merupakan gen murni 100 persen yang dicari-cari menjadi sumber konflik antara dirinya dan Four. Pasalnya, meski termasuk divergent, Four tetap dianggap sebagai gen yang rusak karena kadar divergent-nya hanya 40 persen. Tris mendapat perlakuan paling istimewa dari David. Perbedaan perlakuan ini menuntun Four mencurigai ada ketidakberesan pada dunia baru yang semula memberikan harapan. Tris harus memilih, apakah ia mempercayai David atau Four.

 

About author

Related posts
Film, Animasi & Video

Setelah Pulang Kerja, Nonton 5 Serial Korea Ini Bisa Menghilangkan Stress Dan Lelah Kamu!

Film, Animasi & Video

Tips Membuat Video Unboxing Super Mudah

Film, Animasi & Video

Tips Membuat Konten dengan Green Screen Biar Hasilnya Makin Menarik

Film, Animasi & Video

7 Film Indonesia Terbaru tentang Keluarga yang Bikin Emosi Terkuras