Arsitektur & Interior

DIY Cara Cetak Foto di Kayu untuk Ide Bisnis, Coba Yuk!

cetak foto di kayu

Ingin memulai bisnis cetak foto, tapi cari sesuatu yang anti-mainstream, GenKs? Kenapa nggak coba membuka usaha cetak foto di kayu aja? Mencetak foto di permukaan kayu, belakangan ini jadi tren yang digemari oleh berbagai kalangan, terutama orang-orang penyuka hal-hal unik. Dan ternyata cara cetak foto di kayu anti ribet-ribet club dan juga nggak butuh biaya mahal , lho. Yuk, cek trik dan langkh-langkahnya berikut!

Step #1: Siapkan Semua Bahan yang Dibutuhan

Sumber Gambar : socialprintstudio.net

Selain kayu polos dengan permukaan rata dan foto yang ingin dicetak, kamu harus menyiapkan beberapa benda lagi, seperti lem, sponge dan air. Akan lebih baik jika menggunakan lem mod podge atau juga bisa memakai magic gloss gel.

Jika semuanya sudah siap, kamu bisa langsung mengaplikasikan lem di seluruh permukaan kayu secara merata menggunakan kuas atau alat apa saja.

Step #2: Mulai Proses Mencetak Foto di Permukaan Kayu

Sumber Gambar : ids-digital.com

Nah, setelah itu, rekatkanlah foto yang sebelumnya udah kamu cetak pada kertas sesuai ukuran yang diinginkan pada kayu. Ada satu hal penting, nih, yang harus diperhatikan saat melakukan poin ini, yakni pastikan bagian depan foto menghadap ke kayu, ya.

Step #3: Diamkan Dulu Sehari Semalam untuk Hasil yang Optimal

cetak foto di kayu

Sumber Gambar : squarespace.com

Langkah selanjutnya yang merupakan poin penting dari seluruh rangkaian proses cara cetak foto di kayu, yakni biarkan selama 24 jam sebelum kamu lanjut ke step berikutnya. Setelah didiamkan sehari semalam, basahi semua permukaan foto dengan menggunakan sponge sampai basah.

Lakukan langkah ini dengan baik, agar nggak ada gelembung di dalamnya, ya, GenKs. Jika sudah, perlahan-lahan kelupaslah bagian kertas hingga fotomu terlihat.

Kalau ada sisa-sisa kertas yang tertinggal, jangan khawatir, kamu bisa menggosoknya menggunakan sponge dengan lembut sampai nggak ada kertas yang tersisa sedikit pun.

Step #4: Mengaplikasikan Lem di Semua Permukaan

cetak foto di kayu

Sumber Gambar : medium.com

Agar foto yang dicetak di kayu bisa awet dan tahan lama, kamu harus mengusapkan lem pada seluruh permukaan kayu yang telah tertempelkan foto. Lalu diamkan hingga kering dengan sempurna.

Dan jadi, deh, cetak foto di permukaan kayu yang cantik dan beda dari lainnya. Wah, ternyata emang benar cara cetak foto di kayu itu anti ribet-ribet club dan murmer abis karena kamu nggak butuh banyak alat dan bahan.

Eits, tapi ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan supaya bisa mencetak foto di kayu dengan hasil akhir yang super kece, lho, GenKs. Apa aja?

Trik Terbaik dan Termudah Cetak Foto di Kayu

cetak foto di kayu

Sumber Gambar : jooinn.com

  • Di sini kamu bisa pakai semua jenis kayu, tapi pastikan kayu yang kamu gunakan permukaannya udah diampelas dengan baik, ya
  • Yang nggak kalah penting adalah memilih jenis kertas untuk mencetak foto yang ingin di-transfer ke atas kayu. Jika inginkan hasil terbaik, sebaiknya gunakan kertas freezer, karena nggak semua jenis kertas cocok untuk mencetak foto di kayu. Tapi nggak ada salahnya, kok, kamu bereksperimen dengan jenis-jenis kertas, seperti kertas lilin, wood transfer paper atau t-shirt transfer paper. Dan lihat seperti apa bedanya
  • Cetak foto di kertas dengan ukuran yang sesuai, ya, guys. Kamu bisa mengedit ukurannya kalau belum sesuai
  • And, let’s get started!

Wah, nggak sabar untuk mempraktekkan tutorial cara cetak foto di kayu, deh, ya? Yuk, langsung cari klien pertamamu sekarang, GenKs!

About author

Related posts
Arsitektur & Interior

Tips Mendesain Lobi Konsep Industrial Modern yang Stylish!

Arsitektur & Interior

Inspirasi Hunian Lansia karya Van Aken Architect

Arsitektur & Interior

Ini Dia Tips&Tricks dalam Mendesain Interior Kantor untuk Menjadikanmu Lebih Produktif!

Arsitektur & Interior

Ciptakan Kesan Natural dalam Rumah dengan Produk Rotan