GenK LIFE

Eskapisme atau Lari dari Kenyataan, Ternyata Bisa Berdampak Negatif!

eskapisme-atau-lari-dari-kenyataan

So, Gimana Caranya Mengalahkan Eskapisme dan Kembali ke Dunia Nyata?

Caranya Mengalahkan Eskapisme

Sumber: funzone.am

Pertama-tama kamu perlu mencari tahu apa atau siapa yang sedang kamu coba hindari, dalam situasi apa kamu biasanya merasa ingin mencoba melarikan diri, emosi seperti apa yang memicunya, dan bagaimana perasaanmu ketika ‘kembali’ dari dunia fantasi.

Sering kali kita melarikan diri karena merasa malu, takut atau gagal. Nah, kalau kamu memang ingin berubah, penerimaan diri serta rasa syukur bisa sangat membantu untuk penyembuhan eskapisme dalam jangka panjang. Menjauhlah sejenak dari media sosial atau kembalikan dirimu ke waktu saat ini. Latihan meditasi, menulis, melukis bisa membantu.

Apakah “pelarian” selalu berdampak buruk?

Well, nggak semua eskapisme membawa dampak buruk bagi kita. Kuncinya adalah gimana kamu mengidentifikasi alasanmu lari. Kalau kamu melarikan diri dari kenyataan, maka bisa dipastikan ada konsekuensi negatif. Tapi apabila kamu mengakses dunia lain untuk mendapatkan wawasan baru, itu adalah hal baik.

Kalau kamu merasa atau curiga orang-orang dekat di sekitarmu mengalami ini, sebaiknya segera ambil tindakan. Karena pada akhirnya, tetap dirimu dan diri mereka sendirilah yang bertanggung jawab atas segala keputusan yang ingin diambil. Entah cepat atau lambat, kamu tetap harus kembali ke kenyataan. Cobalah menerapkan gaya hidup minimalis sebagai satu cara meminimalisir stres.

About author

Related posts
GenK LIFE

Kenalan Dengan Claudia Emmanuela Santoso, Penyanyi Yang Membawakan Hymne Special Olympic 2022

GenK LIFE

Sering Dikira Sama, Kenali Perbedaan Asam Lambung dan GERD

GenK LIFE

Penting, Kenali Macam-Macam Istilah dalam Aplikasi Beasiswa

GenK LIFE

Cara Merespon Kritik dalam Kehidupan Bisnis dan Pribadi dengan Positif